TINGKATKAN SKILL BERBAHASA INGGRIS SISWA BOARDING SCHOOL LEWAT DRAMA CONTEST

Ustadzah Fajar | 30 September 2021

Detail Berita:

SMAMDA Boarding School kembali membuktikan kualitasnya dengan menyelenggarakan kegiatan “Drama Contest” sebagai sarana peningkatan kemampuan bahasa inggris siswa (santri) asramanya. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at (24/09/2021) di Auditorium Nyai Walidah SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo pukul 7 petang, tepat sesudah sholat Isya’. Para pesertanya meliputi seluruh siswa kelas 10 sampai kelas 12 asrama SMAMDA.

Perencanaan kegiatan ini mulanya hanya untuk mengukur kapasitas berbahasa para siswa asrama. Namun, ternyata para siswa mampu membuktikan kesanggupan mereka manampilkan drama dalam bahasa inggris dengan durasi minimal 7 menit selama  kurun waktu dua minggu masa persiapan. Pada masa persiapannya diwarnai dengan asam pahit perjuangan. Mulai dari perbedaan pendapat hingga kendala proses saat latihan antar siswa.

Salah satunya adalah perjuangan tim kelas 12 dalam merubah konsep dramanya di detik-detik terakhir pertujukkan hendak dimulai. Konsep awal mereka adalah menggunakan dubbing voice, akan tetapi mereka mempertimbangan dengan  sikap dewasa demi menghargai perjuangan tim lain yang sudah menghafalkan teksnya. Maka, diambillah keputusan untuk menghafalkan dialog drama mereka dalam waktu kurang dari satu hari.

Tekanan mental juga sempat dialami tim kelas 10 dan 11 dalam mempersatukan ego antar siswa juga krisis kepercayaan diri saat gladi resik mereka melihat penampilan satu sama lain. Dan pada akhrinya halangan-halangan tersebut dapat dilewati masing-masing tim berkat kerja keras latihan di masa persiapannya. Kerja keras tentu tidak akan mengkhianati hasil, yang terbukti pada saat keberlangsungan acara, mereka mampu memberikan pementasan yang   spektakuler dan melampaui ekspektasi. Mengingat banyaknya konflik pernah terjadi sebelum penampilan tersebut. Pada akhir acara, tim kelas 11 keluar sebagai juara pertama. Disusul oleh tim kelas 12 sebagai juara kedua dan kelas 10 sebagai juara ketiga.

Hal ini membuktikan bahwa tidak hanya skill berbahasa inggris yang bisa dipelajari oleh para siswa melalu kegiatan “Drama Contest” ini. Namun juga pengalaman baru dan pembelajaran tentang pengambilan sebuah keputusan bersama juga nilai-nilai perjuangan. Yang tentunya faktor tersebut akan berguna di masa depan dalam bermasyarakat.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2021 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo