Terinspirasi Dari Banjir. 5 Siswa Raih Gold Medal di Ajang Internasional World Invention Competition and Exhibition (WICE)

Mauludy | 28 Oktober 2021

Detail Berita:

Meskipun pandemi belum usai, situasi ini tidak menghalangi siswa – siswi smamda untuk terus mengukir prestasi di ajang kompetisi internasional. siswa yang beranggotakan Bayu Widihansyah 12 MIPA 2 sebagai ketua tim, Wahyu Widihansyah 12 MIPA 7, Ezzedin Umbu Ahimsa 12 MIPA 2, Shalihat Azka Sabrina 12 MIPA 2, Farhan Rahmansyah 12 MIPA 2. Berhasil meraih gold medal dan special award pada ajang World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2020 di universitas subang-jaya malaysia.
Bayu menjelaskan, pada tanggal 28-30 september lalu tim nya harus bersaing ketat dengan 360 tim dari 28 negara. proses pengerjaan projek simulator flood barrier kurang lebih 3 sampai 4 minggu untuk bisa menyelesaikannya. Projek yang terinspirasi dari banjir ini memiliki Cara kerja apabila sensor mendeteksi ketinggian air melebihi batasan yang telah ditentukan, maka sistem otomatis akan memerintah pompa elektrik untuk memompa karet agar menggelembung dan menahan luapan volume air sungai, kemudian sistem akan memberikan peringatan dini yang berguna dalam memberi peringatan ke warga sekitar dan mengirimkan informasi ke pihak terkait melalui aplikasi yang di ada di handphone. Sehingga pihak terkait seperti BNPB dapat mengambil langkah cepat untuk penanganan lebih lanjut. Penanganan ini bisa berupa penyedotan air untuk mengurangi volume sungai, sehingga air sungai tidak jadi meluap membanjiri daerah sekitarnya. kami berharap inovasi kami ini dapat bermanfaat dan berguna kedepannya bagi negara mengingat masih banyak beberapa daerah di indonesia sangat rawan banjir.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2021 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo