Fasilitator Meguro dari SMA N/S (Kadokawa) Jepang memberikan pengarahan sebelum kelas pertukaran budaya dimulai, Jumat (24/2/2023) (Foto : Dian Arif Fajar) Fasilitator Meguro dari SMA N/S (Kadokawa) Jepang memberikan pengarahan sebelum kelas pertukaran budaya dimulai, Jumat (24/2/2023) (Foto : Dian Arif Fajar)

Smamda Sidoarjo Rintis Kerjasama Dengan SMA N/S (Kadokawa) Jepang

Naily Z F | 07 Maret 2023

Detail Berita:

Waka Humas Smamda Sidoarjo - Siti Agustini, M.Pd. mengungkapkan akan memulai kerjasama dengan SMA Kadokawa Dowango N/S Koutou Jepang atau yang lebih dikenal dengan SMA N/S (Kadokawa) ketika memberikan sambutan kegiatan kelas pertukaran budaya via Zoom, Jumat (24/2/2023). 

Bu Tin sapaan akrab Siti Agustini, M.Pd. menyapa 16 siswa dan 6 guru SMA N/S (Kadokawa) Jepang dari studio multimedia Smamda Sidoarjo dalam bahasa Indonesia dan diterjemahkan ke bahasa Jepang dibantu oleh Naily Zahrotul F., S.Pd. pengajar bahasa Jepang Smamda Sidoarjo. 

Dalam sambutannya Bu Tin mengucapankan rasa Terimakasih telah diberikan kesempatan melakukan kelas pertukaran budaya "Kouryuukai"  Indonesia dan Jepang. "Kami mengucapkan Terimakasih atas undangan berkegiatan ini oleh SMA N/S (Kadokawa). Dengan kerjasama ini diharapkan bisa menginspirasi warga Smamda lainnya serta sekolah lainnya." Ucap Bu Tin. 
Kami berharap kegitan ini dapat berkelanjutan untuk melakukan kolaborasi dalam bidang pendidikan bersama pihak SMA N/S (Kadokawa)." Tuturnya diakhir sambutan. 

Kolaborasi antar Indonesia dan Jepang

Adanya Kegiatan kelas pertukaran budaya "Kouryuukai" ini, digagas oleh pihak SMA N/S (kadokawa) Jepang melalui perwakilan native Speakers program Nihongo Partners Takatsuka Raku yang saat ini menjadi asistan kelas bahasa Jepang di Smamda Sidoarjo. 

SMA N/S (Kadokawa) ini memiliki sistem kurikulum sekolah berbasis Network, KBM secara online dan unggul dalam bidang ICT. 
Nama N/S pada SMA ini merujuk pada 2 program yang sekolah yakni program "N" pagi siswa dengan pembelajaran online dan "S" bagi siswa yang berkegiatan tidak hanya online namun juga ke sekolah. 

Takatasuka Raku yang seorang pengajar di sekolah Jepang tersebut menjadi Fasilitator bersama dengan teman kerjanya Meguro pada kegiatan Kouryuukai dari pihak SMA N/S (Kadokawa) Jepang. 

Mereka menyusun kegiatan "Kouryuukai" selama 2 bulan sebelumnya. Melakukan meeting via Zoom bersama Naily Zahrotul F,. S.Pd - selaku guru bahasa Jepang Smamda. Setelah hampir 3 kali meeting via zoom, pada akhirnya kegiatan dapat terlaksana dengan lancar bulan Februari ini. 

Takatsuka Raku yang akan kembali ke Jepang awal Maret nantinya diharapkan dapat menjadi jembatan dalam kerjasama antar Smamda Sidoarjo dan SMA N/S (Kadokawa). " kami juga menanti kegiatan seperti ini kedepannya " terang Meguro sebagai perwakilan SMA Jepang saat menutup acara Kouryuukai.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo