Siswa Smamda Sidoarjo bersama Prof Dr Anas Ahmadi, Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unesa di rangkaian Puncak Bulan Bahasa 2023 di Auditorium AR Fachrudin Smamda Sidoarjo. Semarak Bulan Bahasa Smamda Sidoarjo Cetak Juara Siswa Smamda Sidoarjo bersama Prof Dr Anas Ahmadi, Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unesa di rangkaian Puncak Bulan Bahasa 2023 di Auditorium AR Fachrudin Smamda Sidoarjo. Semarak Bulan Bahasa Smamda Sidoarjo Cetak Juara

Semarak Bulan Bahasa Smamda Sidoarjo Cetak Juara

Admin | 02 November 2023

Detail Berita:

Semarak Bulan Bahasa Smamda Sidoarjo mencetak juara. Bulan Bahasa yang rutin terlaksana setiap Oktober menjadi agenda SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo, Jawa Timur.

Kegiatan ini sekaligus untuk memperingati Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober. Kali ini, Smamda Sidoarjo mengusung tema “Membentuk Karakter melalui Literasi”. 

Peringatan Bulan Bahasa berlangsung pada Rabu-Kamis (25-26/10/2023). Seluruh siswa kelas X, XI dan XII mengikutinya. Serangkaian lomba dilaksanakan pada Rabu (25/10/2023) dan dibuka langsung oleh Kepala Sekolah M. Zainul Arifin SKom MM dengan ditandai pemukulan gong. 

Lomba-lomba itu berhubungan dengan bahasa yang diajarkan di Smamda Sidoarjo. Mulai bahasa Indonesia dengan lomba orasi ilmiah, bahasa Jawa dengan lomba dagelan, bahasa Arab dengan lomba kalam Jamai, bahasa Inggris, dan bahasa Jepang dengan lomba karaoke dan lomba kreativitas video. 

Setiap kelas mengirimkan kandidat terbaiknya. Di sinilah jiwa kompetitif setiap siswa bertumbuh karena harus melawan kelas lainnya. Sehingga di sini menjadi ajang untuk membuktikan mereka ingin menjadi kelas yang terbaik. 

Ketua Panitia Mariza Hadul Aslamiyah MPd mengungkap tujuan menyelenggarakan Semarak Bulan Bahasa. “Memelihara semangat dan meningkatkan peran para siswa dalam upaya meningkatkan jiwa berkompetisi,” ujarnya. 

Sekaligus, sambung Mariza, menerapkan Tri Gatra Bahasa yakni utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah dan kuasai bahasa asing. 

“Ini sekaligus wujud dukungan sekolah dalam meningkatkan potensi para siswa sehingga bisa menumbuhkan jiwa berliterasi.  Harapannya, dengan kegiatan ini, para siswa bisa lebih meningkatkan kompetensi khususnya dalam hal literasi,” imbuhnya. 

baca berita selengkapnya : PWMU.CO

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo