Info PPDB

PIDATO KEPALA SEKOLAH PADA UPACARA 17 AGUSTUS 2022

Admin | 22 Agustus 2022

Detail Berita:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Innalhamdalillah nahmaduhu wanasta’inuhu wanastaghfiruh wana’udzubillahi min shururi anfusina waminsayyi’ati a’malina ….

Yang saya hormati pimpinan sekolah, para guru dan karyawan

Yang saya cintai dan saya banggakan para siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo

 

Marilah kita haturkan puji dan syukur kepada Allah SWT, pagi yang cerah ini kita diberi nikmat oleh Nya hadir di halaman SMAMDA mengikuti upacara pengibaran bendera pada HUT ke-77 Republik Indonesia.

Sholawat serta salam semoga tetap tersanjungkan kepada panutan kita Rasulullah Muhammad SAW, yang senantiasa mengajarkan kita untuk menjadi insan yang berakhlakul karimah.

 

Bapak/Ibu dan anak-anakku sekalian, pada 77 tahun yang lalu atas izin Allah SWT, dengan penuh keberanian para pendahulu kita mengumandangkan proklamasi, mengibarkan sang saka merah putih dan menyatakan kemerdekaan serta kedaulatan bangsa, lalu lahirlah Indonesia merdeka.

 

Perjuangan meraih kemerdekaan telah tercatat dalam sejarah. Kita tidak boleh melupakannya. Kita harus terus bergerak dan melangkah melanjutkan perjuangan negeri ini di era kemerdekaan. Khususnya di tahun ini. Tahun dimana Indonesia yang baru bangkit dari ujian Allah berupa pandemi Covid 19. Tahun ini kita bangsa Indonesia terus bergerak ke depan, menata diri dengan semangat Pulih lebih cepat bangkit lebih kuat.

 

Semua menyadari bahwa dua tahun terakhir ini adalah masa yang sangat berat bagi kita masyarakat Indonesia melangsungkan kehidupan di tengah wabah yang menakutkan. Membuat hampir semua aktivitas terhenti dan tidak dilalui sebagaimana mestinya.

 

Semangat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat itu juga kita implementasikan di sekolah kita SMAMDA Sidoarjo. Warga sekolah menyadari sepenuhnya bahwa ada banyak hal baru, kebiasaan baru  yang bisa dilakukan di masa pandemi, namun banyak juga yang hilang  dan tidak terpenuhi di waktu yang sama. Saat ini warga sekolah bergerak mengejar kekurangan yang terjadi saat pandemi sejak 2020 itu secara serentak.

 

Pimpinan sekolah, guru, karyawan, dan siswa yang saat ini kembali ke sekolah langsung, memperbaiki proses pembelajaran yang sempat tidak terlaksana dengan baik. Sejak 2021 kita mengmpliemtasikan kurikulum baru yang insyaallah lebih baik dan lebih berpihak kepada siswa dam proses pembelajaran yakni implementasi kurikurum merdeka. Ada banyak platform pembelajaran yang mudah-mudahan dalam implementasikan di sekolah bisa secara cepat mendorong siswa belajar lebih baik dan lebih sesuai dengan tumbuh kembang dan kemampuan berpikir setiap siswa.

 

Bapak Ibu dan hadirin sekalian, kemerdekaan yang sesungguhnya sekarang ini adalah, bagaimana kita bisa melaksanakan hal-hal baik dan bermanfaat, yang berimbas pada kembalinya kondisi yang aman dan nyaman ketika berada di rumah maupun di luar rumah, di sekolah dan di manapun kita beraktivitas.

 

Bapak Ibu sekalian dalam masa pemulihan ini, tidak berarti kita bisa serta merta mengubah kondisi yang lebih baik dengan cepat karena di luar sana banyak terjadi hal-hal yng tidak kita inginkan, masih ada banyak masalah yang harus diselesaikan seperti penganiayaan, terjadinya degradasi moral generasi tua dan generasi muda; maraknnya perselisihan sampai pada kekerasan fisik yang beredar di media sosial; maraknya korupsi dan sebaginya. Maka warga SMAMDA harus mengindari hal-hal tersebut dan harapan kita justru bisa menjadi problem solver atau bagian dari pemecah masalah.

 

Oleh karena itu, kita sebagai warga sekolah  marilah kita tunjukkan kepada semua bahwa warga SMAMDA juga sedang mengisi kemerdekaan. Mari kita isi kemerdekaan negara ini dengan selalu belajar,  berbuat baik, dan memberi manfaat kepada sesama, memberi manfaat kepada bangsa dan negara, melalui prestasi dan karya-karya terbaik.

 

Kita juga konsen dalam menjaga nilai-nilai Pancasila dengan berusaha mewujudkan profil pelajar Pancasila. Hal ini sangat sesuai dengan visi atau citacita SMAMDA. Sebagaimana visi sekolah kita menjadikan sekolah unggul dan berkarakter berdasarkan nilai-nilai Islam, yang semua itu sangat sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

 

Anak-anakku sekalian; bangsa ini sangat mengaharapkan keberadaan kita saat ini. Karena kelak yang memimpin negara ini adalah anak-anakku yang sedang berdiri di hadapan kami, bapak Ibu guru karyawan. Maka siapkan diri kalian dari sekarang di sekolah kita tercinta. Untuk menjadi pemimpin bangsa , menjadi bagian penting negeri ini di era Indonesia Emas 2045. Aamiin.

 

Demikian yang saya sampaikan di upacara peringatan kemerdekaan ke-77 RI. Semoga Allah senantiasa meridhoi dan melancarkan ikhtiar kita mengisi kemerdekaan negara RI. Merdeka 3 X.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2021 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo