IKHTIAR MENGGAPAI KESUKSESAN

Alful | 23 Desember 2021

Detail Berita:

Seperti kita ketahui, Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri terdapat beberapa jalur, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Mandiri, dan Prestasi.

                Jalur SNMPTN merupakan jalur masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan nilai rapor. Jalur SBMPTN adalah jalur masuk PTN melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Seperti halnya SBMPTN, jalur mandiri juga menggunakan UTBK sebagai seleksi mahasiswa. Jalur prestasi menggunakan prestasi akademik dan non akademik sebagai persyaratan masuk ke PTN. SBMPTN merupakan salah satu jalur masuk ke PTN yang memerlukan persiapan sejak dini. Apalagi Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah (Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah) menargetkan pada UTBK 2022, sekolah-sekolah Muhammadiyah harus masuk dalam 1000 besar peraih nilai UTBK tertinggi se Indonesia.

                Beberapa program telah dilaksanakan oleh SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo untuk menyiapkan siswa kelas XII mengikuti UTBK 2022. Pertama adalah Program Intensif Belajar (PIB) yang dilaksanakan sejak Agustus 2021 baik secara online maupun offline setiap Sabtu. Program yang kedua adalah tes psikologi yang dilaksanakan pada Kamis, 16 Desember 2021, bekerjasama dengan Pusat Terapan Psikologi Pendidikan (PTPP), Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, Surabaya. Tes Psikologi ini bertujuan untuk melihat bakat dan minat siswa dalam pemilihan jurusan di Perguruan Tinggi, sehingga siswa tidak salah dalam memilih jurusan/Fakultas di Perguruan Tinggi dan pada akhirnya peluang masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang dipilih semakin besar.

                Program ketiga adalah Try out UTBK yang diadakan setiap akhir bulan. Pada Jumat, 17 Desember 2021 digelar try out II UTBK. Seperti halnya try out I UTBK, try out II UTBK ini masih bekerja sama dengan salah satu Lembaga Bimbingan Belajar online yang berpusat di Jakarta  sebagai penyedia soal. Dengan adanya try out yang diadakan secara rutin, siswa kelas XII lebih banyak berlatih dan mengenal soal-soal UTBK sehingga pada saat mengikuti UTBK mendapat skor yang tinggi.

                Program keempat adalah penguatan materi UTBK untuk guru-guru pembina PIB bekerja sama dengan salah satu Lembaga Bimbingan Belajar yang berpusat di Jakarta. Penguatan materi UTBK diselenggarakan pada Rabu dan Kamis, 22, 23 Desember 2021 diikuti oleh seluruh guru Pembina PIB, yaitu guru-guru Pembina Tes Potensi Skolastik (TPS): guru-guru mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, dan Fisika, serta guru-guru Pembina Tes Kompetensi Akademik (TKA): guru-guru mapel Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Sejarah, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi. Dengan adanya penguatan materi UTBK kepada guru-guru pembina PIB, diharapkan penguasaan materi UTBK guru-guru Pembina PIB semakin bagus sehingga dapat memberikan pendampingan yang intensif kepada siswa mengerjakan soal-soal UTBK dan pada akhirnya siswa mendapat nilai yang bagus pada UTBK dan dapat masuk ke PTN yang diinginkan.

                Mudah-mudahan segala Ikhtiar yang telah dilakukan oleh SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo dapat mengantarkan siswa-siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo masuk ke PTN yang dicita-citakan dan SMA Muhammadiyah dapat masuk dalam 1000 besar sekolah peraih nilai UTBK tertinggi se Indonesia. Aamiin.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2021 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo