Tim Coorps Mubaligh Muda Smamda saat Berkegiatan di masjid Baitul Ukhuwah Tim Coorps Mubaligh Muda Smamda saat Berkegiatan di masjid Baitul Ukhuwah

Bersih-Bersih Masjid Baitul Ukhuwah Ala COM SMAMDA

Fuad Syukri Zaen | 22 Mei 2023

Detail Berita:

Ada yang berbeda di Masjid Baitul Ukhuwah pada hari Sabtu (20/5) ini. Masjid yang terletak di Perumahan Bumi Cabean Asri Candi itu kedatangan pasukan bersih-bersih dari Korps Muballigh Muda Muhammadiyah (KM3) SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo dan dibantu oleh anggota kelas XI 2. Cleaning Our Masjid, itulah nama kegiatan yang diusungnya.

Kegiatan ini ternyata sudah menjadi rutinitas dari salah satu ekskul di SMAMDA Sidoarjo yang bergerak di bidang dakwah Islam ini. “Untuk melatih para kader agar dekat dengan masjid dan menanamkan rasa tanggung jawab sebagai seorang muslim terhadap tempat ibadahnya,” begitu ungkap Fuad Syukri Zaen, pembina ekskul KM3, ketika ditanya tujuan kegiatan ini.

Cleaning Our Masjid atau kerap disingkat COM hari ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan Angga dari kelas X 1 SMAMDA Sidoarjo sebagai ketua pelaksananya. Begitu tiba, tim bersih-bersih yang terdiri dari 18 orang ini langsung memulai kegiatan COM dengan alat yang tersedia.

Pentingnya Kebersihan Masjid

Seperti kita tahu, masjid adalah rumah Allah yang setiap harinya digunakan beribadah oleh umat Islam, sehingga kebersihannya menjadi hal krusial. “Harapannya agar para jamaah semakin nyaman dalam beribadah,” Fuad menjelaskan.

Tentu terobosan yang dilakukan KM3 ini mendapat respons baik dari pihak Takmir dan Masjid Baitul Ukhuwah. “Sangat senang dengan adanya kegiatan bermanfaat ini. Saya apresiasi adanya kelompok pemuda yang punya semangat berbuat kebaikan, salah satunya memiliki keinginan membersihkan rumah Allah,” tutur Pak Taat, wakil takmir yang berada di lingkungan masjid saat kegiatan bersih-bersih dilakukan.

COM disambut dengan baik oleh Takmir dan remas Masjid Baitul Ukhuwah, sehingga kegiatan dapat berlangsung lancar hingga berakhir pada pukul 10.00 WIB. Sebelum pulang, tim KM3 SMAMDA Sidoarjo juga menyempatkan sharing dengan takmir masjid.

KM3, Pencetak Kader Dakwah

KM3 sendiri selaku program ekskul unggulan di SMAMDA Sidoarjo, berupaya mencetak kader-kader dakwah yang peduli pada berbagai problema umat. Selain Cleaning Our Masjid, beberapa kegiatan rutin lain juga kerap diadakan, misalnya latihan kultum di masjid. “Mohon didoakan agar para kader ini diberi kemudahan dan kelancaran dalam mencapai cita dan harapannya,” pungkas Fuad.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo