Info PPDB

Urgensi Pembinaan Ke-Ismubaan GuKar di Smamda Sidoarjo

Drs. Hasanuddin, M.Pd.I | 21 Januari 2022

Detail literasi:

Ada beberapa Amal Usaha yang dimiliki Muhammadiyah Daerah sidoarjo. Yang meliputi beberapa bidang; baik bidang sosial, Keagamaan, Ekonomi, Kesehatan termasuk bidang pendidikan.

Smamda Sidoarjo merupakan salah satu Amal Usaha Muhammadiyah bidang pendidikan di Sidoarjo.

Sebagai bagian dari Amal Usaha Muhammadiyah smamda Sidoarjo mengemban amanat sebagai media dakwah bagi Muhammadiyah. Sebagaimana yang dirumuskan Persyarikatan Muhammadiyah; bahwa Muhammadiyah adalah organisasi Islam dakwah amar makruf nahi mungkar yang bertujuan mewujudkan masyarakat Islam yang sebenarnya sehingga dapat terwujud baldatun toyyibatun wa robbun ghofur.

Smamda yang bergerak di bidang Pendidikan memiliki peran yang besar dalam rangka mensukseskan misi dakwah Muhammadiyah tersebut karena SMA merupakan tahap terakhir sebelum anak-anak kita memasuki jenjang pendidikan di peguruan tinggi ataupun masuk di dunia kerja yang identik dengan masa kedewasaan mereka kemudian dilanjutkan kehidupan berkeluarga.

Jika dalam masa di SMA mereka sudah kita bekali dengan nilai-nilai ajaran Islam yang sudah difahami Muhammadiyah dengan benar maka mereka menjadi duta-duta yang dapat menyebarkan nilai-nilai baik yang ada di Muhammadiyah.

Untuk menanamkan nilai-nilai Muhammadiyah yang benar dalam diri mereka membutuhkan proses yang panjang dan aktifitas yang banyak serta metode-metode yang efektik untuk menanamkan pemahaman dan aplikasi dalam keseharian aktifitas mereka.

Diantara metode yang sangat efektif adalah Uswatun Hasanah dari para tenaga pendidik dan kependidikan. Seperti yang disampaikan oleh para ahli. Bagi anak didik cucup hanya melihat dan meniru para pendidik mereka dalam mengamalkan atau menjalankan nilai-nilai agama. Ketika mereka berkomunikasi dengan yang lain cucup meniru apa yang dilakukan para pendidiknya bertutur kata yang baik; kata-kata yang digunakan sangat santun, halus, indah, jujur. Begitu juga sikapnya yang sopan, menghargai yang lain, tawaduk dan sikap-sikap positif lainnya. Semuanya dilakukan sesuai apa yang dia lihat, rasakan dari para pendidik mereka. Dan sebaliknya anak didik kita akan berperilaku sebaliknya jika yang mendidik mereka memberi contoh seperti itu.

Dalam konsep beragama tidak cukup bernilai baik akan tetapi harus cocok (soleh) sesuai dengan apa yang diajarkan Rosulullah SAW. Dan yang diyakini Muhammadiyah bahwa konsep ubudiyah sudah komplit dan sempurna apa yang dicontohkan, disampaikan serta disetujui Rosulullah SAW seperti apa yang difirmankan Allah di ayat yang terakhir diturunkan. Al-Maidah :33

حُرِّمَتۡ عَلَيۡكُمُ ٱلۡمَيۡتَةُ وَٱلدَّمُ وَلَحۡمُ ٱلۡخِنزِيرِ وَمَآ أُهِلَّ لِغَيۡرِ ٱللَّهِ بِهِۦ وَٱلۡمُنۡخَنِقَةُ وَٱلۡمَوۡقُوذَةُ وَٱلۡمُتَرَدِّيَةُ وَٱلنَّطِيحَةُ وَمَآ أَكَلَ ٱلسَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيۡتُمۡ وَمَا ذُبِحَ عَلَى ٱلنُّصُبِ وَأَن تَسۡتَقۡسِمُواْ بِٱلۡأَزۡلَٰمِۚ ذَٰلِكُمۡ فِسۡقٌۗ ٱلۡيَوۡمَ يَئِسَ ٱلَّذِينَ كَفَرُواْ مِن دِينِكُمۡ فَلَا تَخۡشَوۡهُمۡ وَٱخۡشَوۡنِۚ ٱلۡيَوۡمَ أَكۡمَلۡتُ لَكُمۡ دِينَكُمۡ وَأَتۡمَمۡتُ عَلَيۡكُمۡ نِعۡمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلۡإِسۡلَٰمَ دِينٗاۚ فَمَنِ ٱضۡطُرَّ فِي مَخۡمَصَةٍ غَيۡرَ مُتَجَانِفٖ لِّإِثۡمٖ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٞ رَّحِيمٞ 

3.  Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Maka dalam hal ini Smamda Sidoarjo berkepentingan menyamakan persepsi yang benar kepada para GuKar. Karena merekalah yang dijadikan Uswah Hasanah bagi anak didik kita. Bagi Smamda GuKarnya harus mampu tampil baik dalam beribadah ; Sholat, baca Alquran, ber-Infaq-sodaqoh, Puasa serta amalan ibadah-ibadah yang lainnya termasuk memiliki pemahaman yang benar tentang Muhammadiyah.

Pembinaan yang kita lakukan diantaranya program Tilawah yang bekerjasama dengan Tim Tajdid Wilayah dalam pembinaan Baca Al-Quran termasuk kepada Tim Diniyah yang direkrut Smamda menangani program Tilawah dan Tahfidz bagi anak didik Smamda.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2021 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo