TRY OUT I UTBK SMA MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO

Alful Musrifah | 03 November 2021

Detail Berita:

Sebagai evaluasi pelaksanaan Program Intensif Belajar (PIB) yang dilaksanakan setiap Sabtu serta sebagai persiapan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), seluruh siswa kelas XII SMAMDA Sidoarjo mengikuti try out I UTBK yang dilaksanakan pada Sabtu, 30 Oktober 2021. Try Out I UTBK ini dilaksanakan bekerja sama dengan pihak luar sebagai penyedia soal dan penilaian. Kerjasama ini dilakukan agar soal-soal yang digunakan lebih up to date dan siswa lebih mengenal variasi bentuk soal UTBK. Try out dilaksanakan untuk dua kelompok yaitu kelompok Saintek dan Soshum.

Materi try out adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Rincian TPS dan TKA untuk kelompok Saintek dan Soshum adalah sebagai berikut:

Materi

Kelompok

SAINTEK

SOSHUM

Tes Potensi Skolastik (TPS)

- Penalaran Umum

- Pemahaman Bacaan

- Pengetahuan Umum

- Pengetahuan Kuantitatif

- Penalaran Umum

- Pemahaman Bacaan

- Pengetahuan Umum

- Pengetahuan Kuantitatif

Tes Kompetensi Akademik (TKA)

- Fisika

- Kimia

- Biologi

- Matematika IPA

- Ekonomi

- Geografi

- Sejarah

- Sosiologi

- Matematika IPS

 

“Hasil try Out akan diberikan kepada siswa setelah tujuh hari pelaksanaan try out, berupa nilai tiap mata pelajaran, nilai rata-rata dan pemeringkatan. Selain itu diberikan juga pembahasan soal try out dan persentase peluang siswa memilih jurusan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN)” kata Fachrudiana Ermawati, selaku koordinator Program Intensif Belajar SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan try out UTBK.

Try Out UTBK rencananya akan diselenggarakan setiap bulan sekali sampai menjelang pelaksanaan UTBK sekitar bulan April 2021, sehingga siswa kelas XII sering berlatih mengerjakan soal-soal UTBK dan diharapkan akan mendongkrak nilai UTBK siswa kelas XII. Seperti diketahui nilai UTBK digunakan sebagai syarat utama masuk ke PTN. Siswa dengan nilai UTBK tinggi, akan dapat masuk ke Jurusan favorit pada Perguruan Tinggi Negeri favorit pula.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengeluarkan hasil UTBK 2021 berupa daftar sekolah di seluruh Indonesia yang masuk dalam 1000 besar peraih nilai rata-rata UTBK sekolah tertinggi. SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo bertekad dan menargetkan pada tahun 2022 dapat masuk ke dalam 500 besar sekolah dengan nilai rata-rata UTBK tertinggi, salah satu ikhtiar yang dilakukan adalah mengadakan try out UTBK setiap bulan.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2021 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo