PEMBINA KSN SMAMDA OPTIMIS LOLOS KE TAHAP NASIONAL

Mauludy | 21 September 2021

Detail Berita:

Kompetisi Sains Nasional (KSN) diselanggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kompetisi bertema "Sains Pulihkan Negeri" merupakan agenda rutin tiap tahun untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, serta memfasilitasi bakat dan minat prestasi peserta didik di bidang sains. Selain itu juga bertujuan untuk melakukan penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta Kompetisi Tingkat Internasional.

SMAMDA sidoarjo loloskan 3 siswa nya pada ajang KSN-P 2021, capaian ini tidak lepas dari peran pembina yang mempersiapkan siswa siswi sejak seleksi tingkat kabupaten. Ucik Fauziah sebagai koordinator pembina di SMAMDA Sidoarjo menceritakan; Pada seleksi tingkat kabupaten 3-4 juni 2021 lalu smamda mengirimkan 16 siswa untuk bersaing lolos ke tahap provinsi, diantara 16 siswa tersebut masing-masing 3 perwakilan disetiap mata pelajaran yang di lombakan, yakni bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, Geografi. Namun pada pengumuman KSN-P tingkat provinsi hanya 3 siswa yang lolos yakni Byzan Rafi Farabi isra XII MIPA-2 pada bidang Informatika, Najawa Shaqina Rahmannisa XII IPS-3 pada bidang ekonomi, dan Aditya Fiqih Nugraha XII MIPA-8 pada bidang Fisika. Seleksi tingkat provinsi telah berlangsung tanggal 14-16 september 2021 lalu. Ucik juga bercerita terdapat kendala teknis pada tanggal 23 di seleksi bidang ekonomi, yakni putusnya jaringan server pusat diakhir waktu yang mengakibatkan beberapa jawaban siswa tidak bisa tersubmit. Kami sangat menyayangkan kejadian tersebut, meskipun kendala itu tidak dialami SMAMDA Sidoarjo saja tetapi juga paserta seindonesia raya.

Ucik juga menjelaskan, Untuk pembinaan khusus biasanya  1 atau 2 minggu sebelum pelaksanaan anak-anak dibimbing secara intensif oleh pembimbing masing -  masing, pada bidang informatika dibimbing oleh Naimul Hajar M.Kom, pada bidang Ekonomi dibimbing oleh Iftah Zuraidah, SE.MM, dan untuk bidang fisika dibimbing oleh Ucik Fauziah, ST, M.Pd. ikhtiar persiapan sudah sangat maksimal dilakukan selanjutnya tinggal menunggu pengumuman, kami sangat optimis bisa lolos ke tahap berikut nya dan doa kami semoga apa yang menjadi harapan bersama ini dapat terijabah sehingga bisa lolos dan smamda menjadi juara amin ya robbal alamin.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2021 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo