PAS TATAP MUKA

Alful | 13 Desember 2021

Detail Berita:

SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo mengadakan Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil tahun ajaran 2021/2022 sejak Senin, 6 Desember 2021 sampai dengan Rabu, 15 Desember 2021. Sejak Pandemi COVID-19, baik PTS maupun PAS dilaksanakan secara online, siswa mengikuti PAS dari rumah. Karena pandemi COVID-19 agak melandai dan sejak Agustus 2021 SMA muhammadiyah 2 Sidoarjo sudah menggelar Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, maka sekolah mengadakan PAS secara tatap muka langsung, siswa harus mengikuti PAS di sekolah.

Agar tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan, PAS dilaksanakan secara dua shift, yaitu shift I mulai pukul 07.00-10.00 untuk siswa kelas X dan XI, shift II mulai pukul 10.30-14.00 untuk siswa kelas XII. Siswa mengikuti PAS di ruang kelas sesuai yang telah ditentukan oleh panitia PAS. Setiap ruang diisi oleh 25-26 siswa agar tidak terjadi kerumunan karena tempat duduk antara siswa satu dengan siswa lain diatur berjarak kurang lebih 1,5 meter.

Seperti PAS dan PTS sebelumnya, PAS ganjil 2021/2022 dilaksanakan berbasis Komputer dan smartphone. Selama mengikuti PAS, siswa harus menyediakan laptop atau smartpone yang dilengkapi dengan paket data internet. “Setiap kelas/ruang ujian sudah dilengkapi wifi, tetapi siswa harus tetap menyediakan paket internet untuk mengantisipasi apabila jaringan internet sekolah ada trouble”, kata Burhan Rahmat Auladi, S.Kom., Koordinator Tim IT SMA Muhammadiyah 2  Sidoarjo.

Menurut Alful Musrifah, M.Pd., Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, selain alasan pandemi COVID-19 yang sudah agak melandai, dengan diadakannya PAS secara tatap muka di sekolah, hasil PAS lebih valid, kemungkinan siswa mencontek sangat kecil karena diawasi secara langsung Bapak/Ibu pengawas. Selain itu, dengan diadakannya PAS secara tatap muka dapat melatih kejujuran dan kedisiplinan siswa. Ketika siswa mengikuti PAS di rumah, kepengawasan kurang optimal karena kepengawasan dilakukan via aplikasi zoom meeting.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo