Info PPDB

Kunjungan Lapangan Fasilitator Sekolah Penggerak di SMAMDA

suwidianti | 23 November 2022

Detail Berita:

Fasilitator sekolah penggerak Dra Ernesta Dwi Winarsis, M.Pd,  didampingi Mijiatun Sri Hartyatni, S.Pd, M.Si  pengawas Sekolah, melakukan kunjungan lapangan di SMAMDA,  kamis, 17 November 2022.

Kegiatan kunjungan lapangan ini sebagai salah satu agenda pendampingan PSP 1  (Program Sekolah Penggerak) tahun ke-2. Kunjungan lapangan ke sekolah dilakukan 1 tahun sekali dan baru dimulai tahun 2022.

“Kunjungan lapangan ini bukan untuk menilai, tetapi untuk diskusi bersama membangun hubungan yang harmonis, bersinergi, melakukan konfirmasi terhadap hasil diskusi pada forum Pokja Manajemen Operasional (PMO) pada tingkat sekolah serta melihat sejauh mana  implementasi Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di SMAMDA,” tutur Ernesta.

Pelaksanaan diawali dengan diskusi fasilitator bersama pengawas sekolah, kepala sekolah, serta wakil kepala bidang kurikulum untuk berdiskusi dan memeriksa dokumen KOSP (Kurikulum Operasional Sekolah Penggerak). Dilanjutkan dengan menelaah modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di ruang pimpinan. Aktivitas dilanjutkan dengan pengamatan proses pembelajaran di kelas X-9.

Setelah selesai pengamatan proses pembelajaran di kelas, diskusi dilanjutkan bersama dengan komite pembelajaran. Kali ini semua melakukan refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran. Guru menyampaikan hal-hal terkait hambatan atau kendala dalam implementasi pembelajaran yang berdiferensiasi. Selain itu juga membahas bagaimana membuat modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Diskusi berlangsung secara akrab dan kekeluargaan.

Ada beberapa saran dan catatan dari fasilitator yang perlu diperbaiki dalam implementasi Kurikulum Merdeka yang sudah dilakukan. Hal ini sebagai evaluasi untuk memperbaiki implementasi Kurikulum  Merdeka di SMAMDA tahun depan.

“Kurikulum Merdeka selalu bertumbuh, SMAMDA akan terus bersiap,  berproses menyesuaikan kebijakan-kebijakan baru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka”, tegas Wigatiningsih selaku kepala sekolah

Aktivitas kunjungan lapangan ditutup oleh sambutan kepala sekolah dan ucapan terima kasih, serta foto bersama.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2021 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo