KELAS INSPIRASI PROFESI SMAMDA SIDOARJO

Faridatul Maghfiroh | 21 Februari 2022

Detail Berita:

Sabtu, 19 Februari 2022 SMAMDA berkesempatan untuk melakukan kelas inspirasi profesi sesi pertama melalui zoom, pesertanya berasal dari kelas X, yaitu X-1, X-3, X-4, X-6, X-9, dan X-12. Pelaksanaan kelas inspirasi dilakukan per kelas melalui breakout room yang tersedia. Narasumber berasal dari perwakilan wali siswa kelas X. Kelas inspirasi profesi ini memberikan wadah bagi siswa SMAMDA agar bisa mendapatkan inspirasi akan pengalaman profesi yang disampaikan oleh perwakilan wali siswa. Kelas inspirasi akan memberikan gambaran terkait masa depan atau cita - cita siswa SMAMDA yang terpilih menjadi kelas inspirasi. Sehingga mereka bisa membandingkan antara pengalaman yang diberikan oleh narasumber dengan pengalaman yang pernah mereka dapatkan.

Kelas inspirasi profesi yang berlangsung di kelas X-9 melalui zoom dihadiri oleh narasumber perwakilan dari wali siswa, yaitu ibu Lilik Ernawati (ibunda dari M. Rafi Erafaza Yumna). Beliau bekerja di RSI Siti Hajar pada tahun 1999 s/d sekarang di bagian penagihan dan verifikasi.

Ibunda Lilik Ernawati menyampaikan bahwa pada dunia kerja harus memiliki rasa percaya diri yang kuat atas kemampuan yang kita punya. Beliau juga mengatakan bahwa kita juga harus memahami karakter dari teman - teman kerja kita, bukan mereka yang harus mengikuti apa keinginan kita, namun kitalah yang harus dapat beradaptasi dengan lingkungan kita saat ini. Ketika diberikan suatu kepercayaan misalnya jabatan tertentu, kita juga harus bertanggungjawab dengan melakukan sebaik mungkin, dengan senang hati dan melakukan dengan bahagia, karena dengan begitu kita akan mendapatkan dampak yang baik bagi kita sendiri ataupun bagi instansi kita.

Dalam kegiatan ini terdapat dua siswa yang bertanya, yang pertama adalah Najwa yang menanyakan tentang suka duka bekerja di RSI siti hajar. Hal ini dijawab oleh Ibunda Lilik Ernawati bahwa suka dukanya berkaitan dengan paparan virus Covid-19, yang mana beliau saat itu sempat masuk ruang isolasi, karena meskipun beliau tidak bekerja menangani pasien secara langsung, namun lingkungan kerja beliau sudah terpapar oleh virus tersebut. Pertanyaan kedua datang dari Aisyah nabila yang menanyakan tentang apa yang harus dihadapi dalam dunia perkuliahan ataupun dunia kerja. Beliau menjawab bahwa teman bergaul akan membawa bagaimana kita kedepannya, sehingga sebaiknya kita memilih teman yang bisa membawa kita dalam kebaikan, karena ini pengaruhnya besar untuk masa yang akan datang.

Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di SMAMDA dan ternyata memberikan banyak inspirasi terhadap siswa SMAMDA. Kegiatan ini juga memberikan jalur kerjasama antara sekolah dan wali siswa. Kedepannya, mungkin bisa diaplikasikan pada kelas lain yang saat ini belum berkesempatan untuk mengikuti program kelas inspirasi profesi.

 

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo