Ini yang para MC wisuda lakukan selama persiapan Wisuda Smamda ke-44

Naili | 01 Juni 2023

Detail Berita:

Keberhasilan rangkaian acara  upacara kelulusan Wisuda SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo ( Smamda) ke-44 pada hari kamis, 18 mei 2023 bertempat di gedung Auditorium AR Fachrudin tidak lepas dari para Master Of Ceremony (MC) dalam membawakan acara. 

Selama ini Smamda selalu mempercayakan siswanya dalam membawakan acara wisuda dari tahun ke tahun. MC Smamda memiliki cara tersendiri dalam membawakan acara Wisuda. Para MC menggunakan 5 bahasa pengantar dalam membawakan acara antara lain bahasa Indonesia, bahasa Jawa, bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Para MC rela melakukan persiapan 1 bulan bahkan 2 bulan sebelum acara wisuda dimulai. 

3 pasang MC wisuda tahun ini dari 2 siswa kelas X dan 4 siswa kelas XI. Diantara itu 3 siswa merupakan MC wisuda Tahun lalu yang berhasil lolos Audisi terbuka pada tahun ini yang dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2023. 

Persiapan dan latihan mereka dimulai sejak bulan April lalu. Mereka dilatih mengolah vokal, mengolah pernapasan, dan pengucapan dengan artikulasi jelas dan lugas walau saat itu sedang berpuasa. 

Pada wisuda kali ini ada sedikit yang berbeda, dimulai dari pemilihan busana MC yang bertema Bhineka Tunggal Ika. Para MC menggunakan busana dari 3 daerah di Indonesia yakni daerah Jawa Tengah, NTT dan Minangkabau. 

Selain itu, para MC berkesempatan belajar cara bagaimana membawakan acara secara professional dibina langsung oleh MC professional yakni Dian Rahma Santoso yang Smamda undang untuk hadir membimbing. 


Komitmen para MC 

6 siswa yang terpilih dari 20 siswa melalui audisi terbuka rela berkomitmen selama persiapan hingga acara wisuda selesei. Diantaranya adalah menjaga suara dengan tidak makan makanan yang berminyak dan pedas, minum es, dan rajin mengkonsumsi kencur yang dikunyah mentah mentah. Tradisi ini sudah ada selama bertahun tahun lalu guna menjaga dan menjernihkan suara. 

Pasca latihan Intensif siswa siswi Smamda ini pun rela berlatih ulang di rumah,mengevaluasi latihan sebelumnya guna kemajuan latihan kedepan. Mereka juga rajin mengkonsumsi multivitamin agar daya tahan tetap terjaga selama latihan yang padat disela sela kegiatan sekolah. 

MC kecil yang membawa acara besar 

Walaupun pembawa acara Wisuda Smamda ke-44 masih siswa, namun komitmen dan usaha mereka selama latihan sukses menyeleseikan tugas besarnya. 
Bulan salah satu MC yang menggunakan pengantar bahasa Jawa mengatakan semula mengikuti audisi karena memang ingin mencoba kemampuan diri. Ketika terpilih proses latihan memang sulit dan disiplin namun karena sudah berkomitmen diawal dia rela mengesampingkan lelahnya. 

" Pengalaman pertama yang sangat menakjubkan, pengalaman terbaik sepanjang hidup, senang sekali bisa terpilih untuk menjadi pengantar acara pelepasan siswa smamda angkatan 44" ucap siswi kelas X ini. Tahun depan jika ada audisi akan coba lagi. Ucapnya.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo