INI PESAN KETUA MAJELIS DIKDASMEN PP MUHAMMADIYAH

Wigatiningsih | 25 Mei 2023

Detail Berita:

Selasa, 9 Mei 2023 dilangsungkan pengukuhan pengurus Forum Guru Muhammadiyah  (FGM) Pusat periode 2023-2027. Acara dikukuhkan oleh wakil ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang membidangi Pendidikan, Prof. Dr. Irwan Akib, M.Pd. 

Sebelum pengukuhan, diawali dengan sambutan ketua majelis dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah yakni H. Didik Suhardi, PhD. Dalam sambutannya, pak Didik berpesan kepada pengurus  FGM Pusat, bahwa setiap pimpinan yang melaksanakan tugasnya,  tentu ingin berprestasi dan meninggalkan legacy sebagai rekam jejak kepemimpinannya. Maka buatlah legacy yang membawa manfaat dan menjadi inspirasi generasi berikutnya.

Kegiatan yang dilanjutkan dengan seminar nasional itu dihadiri oleh sekitar 400 orang. Mereka hadir di aula Sakinah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dan hadir melalui kanal Zoom itu sangat antusias. Beliau juga menyampaikan bahwa   pimpinan itu tidak hanya menjadi petarung, tapi harus bisa menjadi pemenang. Maka untuk menjadi pemenang itu harus punya kiat-kiat yang luar biasa.

Beliau juga menargetkan bahwa sekolah Muhammadiyah harus dibimbing oleh guru-guru yang hebat. Dengan guru yang hebat akan melahirkan siswa yang hebat. Maka guru harus meningkatkan kualitasnya dengan cara berinovasi. Karena sumber belajar sekarang tidak hanya ada di guru di sekolah kita , tapi bisa dilakukan di mana saja.

“Inovasi bisa melalui pengembangan pendidikan karakter, memperbarui metode pembelajarannya, meningkatkan kualifasi guru. Dengan itu, sekolah mempunyai daya Tarik sehingga jumlah siswa bertambah. Sekolah bisa berkembang dengan baik jika jumlah  siswanya banyak.” papar pak Didik. Beliau juga menargetkan pada semua sekolah dan madrasah Muhammadiyah, tahun ajaran baru yang akan datang, sekolah bisa menambah jumlah siswa melalui PPDB sebanyak 10% dari jumlah siswa sebelumnya. 

Maka FGM harus bergerak di semua sekolah Muhammadiyah. Jika di banyak PWM belum dibentuk FGM sampai ke tingkat daerah segera dilakukan supaya ada wadah yang bisa menjadi jembatan untuk meningkatkan kualitas guru. 

Setelah prosesi pengukuhan dan pengucapan janji yang diucapkan serentak oleh pengurus, Prof.  Akib menyampaikan sambutannya. Beliau berpesan  agar para pengurus menjalankan amanah dengan baik. Amanah tertulis maupun lisan harus ditunaikan dengan baik. Beliau juga membacakan pusi tentang guru yang harapannya, pusi tersebut dapat diterjemahkan dalam tugasnya sebagai pendamping dan fasilitator murid dalam proses pembelajaran yang baik. 

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo