Dua siswi SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo juara I English Podcast Book Review di ajang The 8th M-ICO Festival 2023, Rabu/1/11/2023). Dua siswi SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo juara I English Podcast Book Review di ajang The 8th M-ICO Festival 2023, Rabu/1/11/2023).

Dua Siswi Smamda Juara I English Podcast Book Review

Admin | 06 November 2023

Detail Berita:

Ialah Khaliza Humaira Khansa dan Nadya Kamila. Mereka tampak tak percaya ketika nama mereka disebut sebagai juara I di ajang yang digelar Majelis Dikdasmen PWM Jatim di gedung GKB lantai 5 Universitas Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Umsida).

Mengikuti kompetisi ini pengalaman pertama mereka. Jika biasanya podcast dalam bahasa Indonesia, namun di ajang ini mereka ditantang melakukan podcast dengan mereview buku yang telah panitia tentukan dengan berbahasa Inggris.

Filosofi Teras karya Henry Manampiring menjadi pilihan mereka. “Wah, gak nyangka kami bisa meraih juara 1,” ujar Nadya. Gadis berkaca mata ini pun menambahkan, “Tapi kami bersyukur karena semua usaha kerja keras kami terbayarkan.”

Ada cerita seru di balik proses mengikuti lomba. Awalnya mereka tidak tertarik memilih lomba ini, namun setelah mendapat rayuan beberapa rekan kelas, mereka tertarik mencoba. Lomba ini merupakan hal baru bagi berduanya.

Setelah itu berburu buku yang telah dipilih dan membaca isi buku tersebut, Nadya yang hobi menari ini menyatakan, “Tantangan terbesar adalah bisa mereview buku dengan waktu yang sangat singkat yaitu hanya dua minggu persiapan.”

Kata Nadya, mereka juga memanfaatkan Zoom di luar jam sekolah untuk berlatih dan membahas isi buku tersebut. Khanza menambahkan, “Kami juga membaca dari internet dan Tiktok untuk menambah referensi kami mengenai buku ini.”

Tantangan selanjutnya dalam proses syuting podcast. Rasa grogi menghampiri sehingga mereka beberapa kali mengulang syuting. Namun seiring waktu, mereka mulai bisa mengalir apa adanya dan mampu mengatasi hambatan itu.

Kedua siswa yang kini duduk di kelas X1 Muhammadiyah International Class Orientation (M-ICO) Smamda itu menyatakan, meski mereka masih kelas X dan harus menghadapi kakak kelas, namun mereka bertekad dapat memberikan yang terbaik. Apa yang telah mereka raih tentunya sebagai modal awal untuk bisa mengembakan kemampuan public speaking ke depannya. Setidaknya, dua srikandi itu telah lahir di Smamda. (*)

sumber berita : pwmu.co

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo