WEBINAR REMAJA ABAD 21

Silwana | 29 Oktober 2021

Detail Berita:

PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo mengadakan webinar “Cultivate Mindset For Better Future” tingkat Nasional yang diikuti oleh berbagai siswa siswi SMA di Indonesia. Webinar ini diadakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 22 - 23 Oktober 2021.

“Untuk sukses itu ga gampang, ada hal hal yang harus dilakukan” ucap Ibu Primatia Yogi Wulandari selaku narasumber webinar pada hari pertama. Dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang kerap disapa Bu Mima ini membagikan pengetahuannya kepada para peserta webinar mengenai Strategi Belajar Serta Penentuan Karir. Hari pertama webinar yang tepatnya pada hari Jumat,  22 Oktober 2021 diikuti oleh siswa siswi kelas 12.  Di masa pandemi ini banyak tantangan dan hambatan pada proses belajar yang dirasakan banyak pelajar di Indonesia, pada webinar ini  Bu Mima membagikan tips cara belajar selama pandemi dengan mencari gaya belajar, dan waktu belajar yang baik. Selain itu, siswa kelas 12 yang sebentar lagi akan memasuki jenjang perguruan tinggi juga mendapatkan tips tentang menentukan jurusan kuliah dan karir yang akan diambil.

Acara webinar ini dibagi menjadi beberapa sesi, diantaranya ada sesi materi, sesi tanya jawab, dan sesi ice breaking. Pada sesi tanya jawab,  salah satu peserta bertanya tentang mana yang didahulukan antara bakat dan hobi / prospek kerja dalam menentukan jurusan kuliah, Bu Mima menjawab, 2 pilihan tersebut sebaiknya diseimbangkan dengan melakukan berbagai aktivitas dengan rasa senang kita dapat lebih mudah mengatasi stress dan berbagai masalah yang akan datang. Sesi selanjutnya yaitu sesi Ice Breaking yang bertujuan untuk mencairkan suasana dan ketegangan dengan bermain tebak kata. 

Hari ke-2 webinar dibawakan oleh Dr. Artiawati Mawardi,M.App., Psych dengan tema “Kebiasaan Baik Kunci Masa Depan". Pada materi ini membahas tentang tantangan remaja abad 21 seperti Kecanggihan IT dan Dunia yang kompetitif. Selain itu juga membahas tentang mengapa perlu kebiasaan baik untuk menjawab tantangan, lalu bagaimana cara mengembangkan kebiasaan baik, dan strategi mengasah 4 kecerdasan.

Pada Sesi Tanya Jawab hari ke-2, salah satu peserta bertanya tentang 10 skill yang dibutuhkan yang salah satunya adalah working with people, lalu bagaimana cara membuka diri agar bisa mengasah skill tersebut?. Menurut keterangan Bu Artiawati adalah dengan mencari tahu penyebab mengapa kita menutup diri. Sama seperti pendapat Bu Mima pada hari pertama, Bu Artiawati berpendapat untuk terus termotivasi untuk menghadapi tantangan remaja abad 21 adalah dengan melihat semua dari sisi yang positif.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2021 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo