Tim Smamda Success Partners Saat mengkondisikan siswa menuju masjid An-nur di Smamda Sidoarjo. Selasa, 31/1/2023 (Foto: Fidael). Tim Smamda Success Partners Saat mengkondisikan siswa menuju masjid An-nur di Smamda Sidoarjo. Selasa, 31/1/2023 (Foto: Fidael).

Smamda Success Partners, Mengembangkan Kepemimpinan dan Menyeru Kemakrufan

Fida' | 01 Februari 2023

Detail Berita:

Smamda Sidoarjo (SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo) membentuk Smamda Succes Partners untuk mengefektifkan sholat berjamaah dan mengembangkan jiwa kepemimpinan. Inisiatif dari wakil kepala sekolah bidang kesiswaan (Wakasis) Moh. Ernam, M. Pd., Kordinator tata tertib (Tatib) Drs. R.H. Eko Prajitno, dan Kordinator bimbingan konseling (BK) Dra.Hj.Riana Wulaningrum. Tim Smamda Success Partners diketuai oleh Mochamad Farhan Rosyadi XII IPS 2. Selasa (31/1/2023)

Smamda Sidoarjo punya cara jituh untuk menertibkan sholat berjamaah sekaligus mengembangkan jiwa kepemimpinan siswa. Langkah ini diinisiatif oleh Wakasis yang menyampaikan ke tim Tatib dan BK. "Bagaimana ketertiban sholat menjadi efektif dan kondusif?" Pertanyaan Pak Ernam pada Pak Eko. "Melibatkan anak-anak untuk pengkondisian sholat berjamaah. Selain menertibkan, tim ini juga akan mengembangkan jiwa kepemimpinan bagi siswa" jawab komandan Tatib. 

Kemudian terjadi kordinasi antara tim Tatib dan Tim BK untuk menentukan siapa saja yang akan masuk dalam tim ini. Pak Eko menunjuk farhan XII IPS 2 untuk mengkordinasikan tim ini terbentuk dan langsung disetujui oleh Bunda Ria sapaan akrab kordinator BK. Farhan yang juga merupakan pentolan Smamda Holic -sebutan tim sporter Smamda Sidoarjo- akhirnya membentuk 20 anak untuk bergabung dalam tim ini. Tim ini terdiri dari 2 tim, tim A diisi 10 siswa dan tim B 10 siswa. "Setiap tim akan memiliki rompi hitam yang digunakan untuk keliling kelas dan mengarahkan ke masjid An-nur" kata riana. Tim A dan tim B setiap hari akan melakukan pengecekan dikelas-kelas "tim A akan bertugas tiap senin dan selasa, sedangkan tim B akan bertugas tiap rabu dan kamis. Kecuali hari jumat semua tim akan menjadi satu" tambah ibu 3 anak ini. Bunda juga memberikan nama pada tim ini dengan nama "Smamda Success Partners". Selain pemberian nama tim, mereka juga difasilitasi seragam. " Tim ini kami seragamkan dengan rompi kekinian agar tercipta rasa semangat, percaya diri, gagah, sehingga muncul rasa kepedulian terhadap diri sendiri dan orang lain untuk melaksanakan kewajiban sholat berjamaah di masjid An-nur" tutup Bunda Ria. 

Terbentuklah tim "Smamda Success Partners" pada awal semester genap dibulan Januari 2023, diisi oleh siswa kelas XII dan XI. Sejauh ini semua berjalan sangat kondusif dan efisien. "Mereka sangat semangat ketika melaksanakan keliling kelas untuk mempercepat langkah teman-temannya menuju masjid" ucap bunda. Riana juga mengatakan "tim ini sangat membantu bapak ibu guru piket pengkondisian sholat, sehingga tidak ada siswa yang terlambat dalam sholat duhur/ ashar berjamaah. Ada beberapa siswa yang masbuk termasuk tim Smamda Success Partners, tetapi tidak sampai membuat jamaah sendiri, alhamdulillah". 

Kebermanfaat tim ini langsung dirasakan oleh Fuad Syukri  guru piket pengkondisian sholat "alhamdulillah positif hasilnya, mereka berusaha untuk mengerakkan teman-temannya ke masjid, mereka sendiri juga ke masjid" guru Al-Islam ini juga menambahkan "kordinasi antar Tatib dan BK ini sangat efektif dan positif, alhamdulillah anak-anak ini baik-baik ketika mengkondisikan temannya".
Komandan Eko menambahkan "tutor sebaya ini akan terus kami evaluasi kedepannya agar bisa lebih baik dan maksimal dalam perannya mengkondisikan sholat berjamaah. Selama satu bulan dua bulan tim ini akan ada evaluasi bersama" Imbuhnya. 

 

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo