Murid-murid SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo mengikuti acara halalbihalal di Masjid Annur Perguruan Muhammadiyah Sidoarjo, Kamis 18 April 2024 (Dian Arif/PWMU.CO) Murid-murid SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo mengikuti acara halalbihalal di Masjid Annur Perguruan Muhammadiyah Sidoarjo, Kamis 18 April 2024 (Dian Arif/PWMU.CO)

Halalbihalal Smamda: Enam Pembelajaran setelah Ramadhan

Admin | 23 April 2024

Detail Berita:

Halalbihalal Smamda (SMA Muhammadiyah 2), Sidoarjo, Jawa Timur berlangsung di Masjid Annur, Kompleks Perguruan Muhammadiyah di Sidoarjo, Kamis (18/4/2024).

Tepat pukul 07.15 acara dimulai. Murid-murid Smamda Sidoarjo sudah duduk rapi di dalam masjid. Lantunan ayat-ayat Allah mengawali acara tersebut, yang dibawakan oleh Muhammad Abduh, murid kelas XI-7. Sekitar 1.000 lebih murid,  guru, dan karyawan menyimak dengan baik.

Acara dilanjutkan dengan sambutan kepala Smamda Sidoarjo Muhammad Zainul Arifin SKom MM. Dia menyampaikan pesan saat memberikan sambutan. “Ada enam pelajaran setelah kita menjalankan ibadah di bulan Ramadhan,”  ujarnya. Pertama meningkatkan ibadah dan keimanan kepada Allah. Pak Je, panggilan akrabnya, berharap bahwa pembiasaan membaca al-Quran dan shalat sunah tetap dijaga. 

Pesan kedua dan seterusnya, yaitu mendapatkan pembelajaran kejujuran, meningkatan kedisiplinan dan nilai-nilai sosial, memunculkan konsekuensi, serta memunculkan nilai konsistensi. “Jika semua itu dilaksanakan, kita sebagai manusia menjadi insan yang selalu bertakwa,” pesannya. 

Sementara itu, dalam tausiahnya, Wakil Kepala Bidang Ismuba Misbach S.Ag MPdI. menjelaskan betapa pentingnya silaturahmi. Di zaman teknologi yang semakin canggih, kegiatan silaturahmi sudah mengikis. Beranjang sana ke keluarga yang lain untuk saling berjabat tangan, sudah mulai ditinggalkan oleh generasi milenial. Hal tersebut sudah bisa dilakukan secara online. Oleh karena itu, momen inilah saatnya pembelajaran adab diterapkan. 

Guru Al-Islam ini menambahkan bahwa silaturahmi bisa menambah panjang umur. Selain itu, jika dilakukan secara rutin dan sungguh-sungguh, maka ilmunya berkah dan bermanfaat. “Mari kita bangun rasa persaudaraan antar teman, guru, dan karyawan, serta hormatilah guru dengan sepenuh hati,” ujar bapak dua anak ini.     

Mengakhiri acara, murid dan guru saling berjabat tangan dan memaafkan. Itulah momen yang sangat berharga di acara halalbihalal tersebut. (*)

sumber berita : PWMU.CO

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo