Info PPDB

Fasilitas
Semua Fasilitas

Perpustakaan


 

Perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menggunakan Slims Senayan untuk memberikan pelayanan kepada seluruh pengguna di lingkungan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo.  Perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo memiliki jumlah Koleksi : 10.547 eksemplar yang terdiri dari Buku Penunjang, Buku Paket, Buku Fiksi, dan Buku referensi.

Perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo juga memiliki e-library yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Melalui play store di platform android dapat mendownload e-library SMAMDA Sidoarjo dan mendaftar sebagai anggota agar dapat mengakses koleksi yang tersedia.

 

STRUKTUR ORGANISASI PERPUSTAKAAN SMA MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO

Tugas Pokok UPT Perpustakaan

  1. Membantu sekolah dalam menghimpun, memilih, menyediakan, mengolah, merawat, bahan pustaka dan data-data informasi sebagai sumber ilmu pengetahuan dalam bentuk buku mata pelajaran, buku teks, jurnal, e-journal, e-book, dan audio visual.
  2. Memberikan layanan kepada sivitas akademika SMAMDA Sidoarjo dan masyarakat yang membutuhkan.

Visi

Menjadikan Perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo sebagai center of knowledge and information

Misi

  1. Memenuhi kebutuhan informasi untuk menunjang proses belajar mengajar di lingkungan sekolah.
  2. Meningkatkan gemar membaca di lingkungan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo.
  3. Menyediakan fasilitas untuk akses informasi global.
  4. Mewujudkan kualitas & kuantitas buku.
  5. Menerapkan administrasi pustaka yang profesional & akuntabel.

Fungsi Perpustakaan

  1. Sebagai sarana pendidikan, pembelajaran, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa.
  2. Sebagai pusat rujukan (reference centre) bagi siswa, guru, tenaga kependidikan, dan masyarakat.
  3. Sebagai sarana pendukung dalam proses belajar mengajar guna mencapai tujuan pendidikan SMAMDA Sidoarjo berbasis kebijakan dan nilai-nilai pendidikan nasional dan pendidikan Muhammadiyah.
  4. Sebagai pusat penyediaan bahan-bahan pustaka sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar, seperti kegiatan diskusi, pengembangan literasi, kajian, dan penelitian.

 

 

Klub Literasi SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo

 

          Literasi merupakan kemampuan untuk dapat memanfaatkan potensi dan kemampuan pemrosesannya sendiri, memahami sebuah informasi, berpikir kritis dalam pemecahan sebuah masalah, serta kemampuan berkomunikasi secara efektif. Dari hal hal tersebut dapat dipahami bahwa kemampuan literasi memiliki dampak dan manafaat yang besra bagi pola pikir manusia, beberapa diantaranya adalah: menambah perbendaharaan kata kosa kata, mengoptimalkan kinerja otak, mengembangkan kemampuan interpersonal, dan masih banyak lagi. Tentunya kemampuan literasi menjadi sebuah hal penting bagi seorang pelajar.

            Namun perlu diketahui bahwa menurut studi Programme for International Student Assessment (PISA) diketahui bahwa tingkat literasi Indonesia berada di peringkat 71 dari 77 negara di dunia. Ini berarti tingkat literasi di Indonesia berada di 10 peringkat terendah diantara 71 negara. Masyarakat Indonesia masih belum memiliki kemampuan literasi yang cakap.

Visi

  1. Terwujudnya masyarakat SMA MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO yang cinta membaca dan menulis.
  2. Meningkatkan kemampuan dan pengetahuan literasi masyarakat SMA MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO

 

Misi

  1. Mengembangkan kemampuan literasi melalui berbagai program kerja.
  2. Membentuk dan menjalankan program kerja yang berkaitan dengan pengembangan kemampuan literasi.
  3. Memaksimalkan fungsi perpustakaan untuk meningkatkan mutu pelayanannya kepada pemustaka dalam memperoleh ilmu pengetahuan.
  4. Menjalin kerjasama yang efektif dengan berbagai pihak sebagai penunjang.

Copyright © 2021 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo