Audit Keuangan oleh KAP, SMAMDA Meraih WTP

Naimul Hajar, M.Kom. | 03 Januari 2022

Detail literasi:

SMAMDA Sidoarjo meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) melalui proses audit oleh pihak independen yaitu Kantor Akuntan Publik Erfan & Rakhmawan

Menurut laman sistem informasi kantor akuntan publik  Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sikap.bpk.go.id KAP Erfan & Rakhmawan Cabang Surabaya secara resmi telah mendapatkan izin yang tertuang pada surat izin no. 159/KM.1/2014. Selain surat izin KAP ini juga telah memiliki Surat Tanda Terdaftar (STT)

Menurut  Wigatiningsih kepala SMAMDA Sidoarjo menjelaskan bahwa audit adalah sebuah proses sistematis yang dilakukan untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara objektif mengenai laporan kegiatan dan peristiwa ekonomi, dengan tujuan menetapkan derajat kesesuaian antara pedoman dengan apa yang sudah dilakukan. "Hasil audit ini kemudian kita sampaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, misalnya Majelis Dikdasmen PWM dan PDM, Komite Sekolah, warga sekolah sebagai bentuk pertanggungjawaban kami. Selain secara periodik sebelum akhir masa kepemimpinan kepala sekolah diaudit oleh Lembaga Pembinaan dan Pengawasan Keuangan (LPPK) PWM Jawa Timur. Kami juga sangat berkepentingan dengan adanya audit independen dari KAP", ujarnya. 

Penyerahan laporan hasil audit keuangan dilaksanakan di Aula Ki Bagus Hadikusumo SMAMDA Sidoarjo Jumat (24/12/2021) yang dihadiri oleh ketua Majelis Dikdasmen PWM Jawa Timur Dr. Arbaiyah Yusuf, M.A.,jajaran PDM Sidoarjo dan Majelis Dikdasmen PDM Sidoarjo serta Komite Sekolah

Arbaiyah memberikan pesan agar terus meningkatkan kinerja sekolah melalui berbagai bidang termasuk keuangan. "Kami bangga atas raihan WTP SMAMDA Sidoarjo, hal ini menunjukkan bahwa proses yang ada disekolah ini sangat kredibel",tuturnya. "audit independen melalui KAP di tingkat SMA Muhammadiyah baru pertama kali ini ada dan semoga dapat ditiru lembaga-lembaga lain", imbuhnya.

Dalam sambutannya Ahmad Kurniawan selaku auditor  menyampaikan apresiasi kepada SMAMDA karena audit dilaksanakan tepat waktu. "Audit dilaksakan tepat waktu karena tim menyediakan data dengan baik", imbuhnya.

Hasil audit independen dengan capaian WTP menjadi kado indah di akhir 2021.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2021 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo