Info PPDB

UPACARA BENDERA SEBAGAI UPAYA PENUMBUHAN KARAKTER

Wigatiningsih | 22 Agustus 2022

Detail Berita:

Lazimnya di setiap sekolah baik swasta maupun sekolah negeri, di semua tingkatan/jenjang pendidikan, setiap hari Senin dilaksanakan upacara bendera. SMAMDA Sidoarjo, setiap hari Senin juga melaksanakan kegiatan upacara bendera. Upacara ini diikuti oleh seluruh siswa sesuai jadwal, guru dan karyawan. Kegiatan rutin itu dilaksanakan di halaman sekolah yang membentang dari utara hingga selatan are sekolah.

Dengan semangat Merdeka Belajar yang merupakan program baru pemerintah bidang Pendidikan, upacara adalah salah satu kegiatan untuk mewujudkan tujuan Pendidikan. Salah satu tujuan pendidikan saat ini adalah mewujudkan profil pelajar Pancasila.

Upacara bendera merupakan kegiatan sekolah yang sangat baik untuk sarana penumbuhan karakter dan budi pekerti. Sebagaimana yang diinginkan dalam profil pelajar Pancasila. Di dalam kegiatan upacara bendera itu terdapat nilai-nilai karakter. Di antaranya adalah  kebinekaan global, kebangsaan, kemandirian, kepemimpinan, kedisiplinan, pembinaan fisik dan mental, kekompakan, dan lain-lain.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut juga sarat dengan kegiatan yang menunjang terbentuknya profil pelajar Pancasila yakni : “Beriman dan dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; kebinekaan global; mandiri, gotong-royong, bernalar kritis, dan kreatif.” Oleh karena itu melalui Upacara bendera hari Senin secara kontinyu sebagai ajang untuk mewujudkan hal tersebut.

Melalui upacara ini juga, anak-anak kita akan merasakan betapa susahnya para pahlawan kemerdekaan merebut negara ini dari kekuasaan penjajah. Maka tugas dari generasi muda adalah berjuang melalui caranya di era kemerdekaan ini. Dan upacara ini sebagai salah satu untuk merasakan bagaimana susahnya mencapai cita-cita (merdeka). Dengan demikiqn diharapkan mereka semangat mengisi kemerdekaan dengan berbagai kreativitas.

Hal ini akan tercapai tentu dengan dukungan semua pihak yang ada di sekolah, diantaranya kepala sekolah, semua guru, tenaga kependidikan dan siswa itu sendiri. Semangat dan motivasi harus selalu ditumbuhkan bersama. Sifat saling memberi, simpati dan empati terhadap sesama juga akan memberi makna tersendiri dalam proses penumbuhan karakter di sekolah tercinta. Sikap disiplin, tertib berbaris, saling menghormati yang dilakukan saat upacara bendera, akan menjadi pembiasaan dalm kehidupan sehari-hari, dan itu menjadi karakter positif.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2021 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo