TRY OUT V UTBK MENUJU SUKSES UTBK DAN MENJADI SEKOLAH UNGGUL MUHAMMADIYAH

Alful | 23 Maret 2022

Detail Berita:

Salah satu program besar Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah (Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah) adalah menjadikan sekolah-sekolah Muhammadiyah di seluruh Indonesia sebagai sekolah unggul dan sejajar dengan sekolah-sekolah besar dan maju di Indonesia.

Program khusus Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah pada 2022 adalah bagaimana sekolah-sekolah Muhammadiyah bisa masuk ke dalam 1000 besar sekolah peraih nilai UTBK tertinggi se Indonesia. Sebagai bentuk realisasi program ini, Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah menunjuk 11 sekolah Muhammadiyah dari Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Lampung sebagai pilot project. SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo termasuk dalam 11 sekolah yang ditunjuk.

Langkah awal dari program ini adalah penyelenggaraan try out oleh Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah bekerja sama dengan salah satu Lembaga Bimbingan Belajar yang berpusat di Jakarta yang diikuti oleh 22 sekolah besar Muhammadiyah di Indonesia termasuk SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo.

SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo mengikuti try out yang diselenggarakan oleh Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah pada Selasa, 22 Maret 2022, dimulai pada 07.30 dan berakhir pada 11.00. Sebelum try out dilaksanakan, diawali briefing untuk pengawas try out pada 07.00-07.30. Try out yang diselenggarakan oleh Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah ini merupakan try out ke-5 yang diikuti oleh siswa kelas XII SMAMDA Sidoarjo karena sudah 4 kali SMAMDA Sidoarjo mengadakan try out sebelumnya. Try out dilaksanakan secara tatap muka di sekolah dan terbagi menjadi 13 ruang. Siswa mengerjakan soal-soal try out menggunakan laptop atau smart phone yang mereka sediakan.

Sebelum mengerjakan soal-soal try out, siswa harus mengerjakan tes bakat dan minat untuk mengetahui peluang untuk memilih Perguruan Tinggi yang sesuai. Setelah mengerjakan tes bakat dan minat, siswa mengerjakan soal try out. Terdapat tiga pilihan soal try out  yang disediakan yaitu kelompok Saintek, Soshum, dan campuran.

Siswa yang memilih kelompok Saintek harus mengerjakan soal Tes Potensi Skolastik (TPS), Bahasa Inggris, dan Tes Potensi Akademik (TPA). Mata pelajaran yang termasuk dalam TPA kelompok Saintek adalah Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Siswa yang memilih kelompok Soshum harus mengerjakan TPS, Bahasa Inggris, dan TPA (Sejarah, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi). Siswa yang memilih kelompok campuran harus mengerjakan soal TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek, dan TKA Soshum.

Alhamdulillah, try out berjalan lancar. Hasil try out akan disampaikan seminggu setelah pelaksanaan try out dan akan dievaluasi untuk tindak lanjut langkah berikutnya. Rencananya, Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah akan menyelenggarakan dua kali try out UTBK untuk 22 sekolah yang ditunjuk. Try out kedua akan dilaksanakan pada pertengahan April 2022. Mudah-mudahan dengan seringnya siswa kelas XII SMAMDA Sidoarjo mengikuti try out, mereka semakin familiar dengan soal-soal UTBK dan bisa mendapat skor yang tinggi pada UTBK yang akan digelar pada pertengahan Mei 2022. Aamiin.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo