Tiru Semangat Perang Badar, Siswa SMAMDA Jalani Puasa di Hari Pertama

M Mauludy Falaakhy | 03 Oktober 2018

Detail Berita:

Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA berjalan mulus di SMA Muhammadiyah 2 (SMAMDA) Sidoarjo, Senin (9/4). Para siswa optimis ujiannya akan mudah dihadapi karena telah melakukan beragam persiapan. Salah satunya dengan berpuasa sunnah Senin – Kamis.

Ghea Shafira, salah satu peserta ujian di SMAMDA Sidoarjo menuturkan, UNBK ini akan diawali dengan berpuasa dan diakhiri dengan puasa. Semangat itu persis dengan semangat perang badar yang dijalankan Rasulullah SAW menghadapi kaum kafir. “Kami terinsprirasi dari perang badar. Selain puasa kami juga intens mempelajari kisi-kisi ujian dan mempelajarinya secara intens sejak beberapa bulan sebelumnya,” tutur Ghea.

Di SMAMDA Sidoarjo, tahun ini sebanyak 503 peserta didik mengikuti UNBK. Dari jumlah peserta tersebut, SMAMDA menyiapkan lima Lab komputer yang masing masing terbagi atas tiga sesi di masing masing Lab komputer yang ada di SMAMDA Sidoarjo.

“Secara teknis kami sudah sangat siap untuk UNBK. Selain server dengan kemampuan expert, kami juga menyiapkan genset apabila terjadi mati lampu,” ungkap Burhan Rahmat Auladi proktor UNBK SMAMDA Sidoarjo.

Sementara itu, Kepala SMAMDA Sidoarjo Wigatiningsih menuturkan, persipan teknis maupun mental siswa sudah cukup maksimal. Karena selain berpuasa dan intensif belajar, satu bulan sebelumnya SMAMDA Sidoarjo juga telah melakukan program salat tahajud berjamaah untuk kelas XII. Dalam program tersebut, walimurid juga diajak menjadi bagian dari ibadah sunnah tersebut. Wigati mengku, ini bertujuan untuk menguatkan mental spritual siswa siswi sekaligus mewujudkan visi sekolah. Yaitu terjuwudnya insan yang berakidah, beribadah dan berakhlak secara islami.

“Kami berkomitmen memberikan layanan bermutu kepada seluruh warga sekolah. Kami bertekad untuk dapat mengantar seluruh peserta didik sampai di depan pintu kesuksesan. Kami tidak sekedar perhatian pada input peserta didik, lebih dari itu, kami sangat concern pada sisi proses, output, dan outcome,” tegas Wigati yang juga pendekar Tapak Suci Muhammadiyah tersebut.

Laporan : M Mauludy Falaakhy

https://fasco.id/2018/04/09/tiru-semangat-perang-badar-siswa-smamda-jalani-puasa-di-hari-pertama-unbk/

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo