Takjub Sekaligus Sedih Melihat Kaligrafi Al-Quran di Katedral Cordoba

Admin | 21 Oktober 2022

Detail Berita:

Takjub Sekaligus Sedih Melihat Kaligrafi Al-Quran di Katedral Cordoba; Liputan Kontributor PWMU.CO Siti Agustini dari Spanyol.

PWMU.CO – Takjub sekaligus sedih. Ini yang dirasakan rombongan Rihlah Peradaban saat menyaksikan Masjid Cordoba, Senin (17/10/2022). Satu-satunya masjid di Cordoba yang sudah berubah menjadi gereja.

Takjub melihat bangunan masjid yang indah, luas, dan dipenuhi dengan ornamen ukiran ayat-ayat al-Quran, yang menggambarkan kemajuan Islam saat itu.

Sedih melihat gambar-gambar dan ornamen-ornamen gereja di dalam masjid. Suara lonceng gereja berulang kali dibunyikan. Menggantikan adzan dan lantunan ayat suci al-Quran yang tak bisa didengarkan di Masjid Cordoba ini.

Sebenarnya perasaan itu juga sama saat masuk di Masjid Aya Sophia, Istanbul Turki. Kebalikan dari Masjid Cordoba, kami takjub dan bersyukur. Sebuah gereja menjadi masjid. Di antara ornamen-ornamen gereja yang masih ada—seperti Bunda Maryam—di mihrab. Di Masjid Aya Sophia, kaum Muslim bisa menunaikan shalat.

Sedih karena melihat masjid yang seharusnya tempat suci khusus untuk ibadah shalat, dimasuki oleh siapa pun. Masjid digunakan sebagai destinasi wisata turis, dari berbagai umat di dunia.

Baca berita selengkapnya di https://pwmu.co/261655/10/21/takjub-sekaligus-sedih-melihat-kaligrafi-al-quran-di-katedral-cordoba1/

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo