Surya Sekar Smamda, Tampil Perdana Panen Applaus

Moh.Ernam | 14 Maret 2022

Detail Berita:

Memasuki auditorium AR Fachrudin, ada yang baru. Suara gending mendayu, lancaran Manyar Sewu. Bukan kaset, atau Video dari YouTube. Suara asli, gending itu merupakan penampilan dari karawitan Surya Sekar Smamda. Tampil pembuka pada sarasehan Milad ke-46 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Smamda), Surya Sekar Smamda menghentak dengan gending santai, rancak, bahkan ngebit, Sabtu (05-03-2022). Tepuk tangan membahana setiap selesai memainkan lagu. "Ini penampilan kedua. Sebelumnya tampil pada acara ME Award kemudian sekarang acara Milad Smamda", terang Joeliarto Joedi Wahjono.
Guru kesenian ini menjelaskan bahwa Surya Sekar Smamda sudah berdiri pada awal tahun pelajaran 2021/2022. Beranggotakan guru dan karyawan Smamda,  para nayaga dan sinden sudah berlatih dengan serius. Apalagi ada tawaran untuk tampil pada ajang penganugerahan Muhammadiyah Education Award (ME Award) Majelis Dikdasmen PWM Jawa Timur secara daring. "Saat itu kita latihan cukup panjang karena masih baru belajar. Untuk acara Milad Smamda latihan karawitan dimulai pertengahan bulan Januari 2022", tambah penabuh Bonang Barung. 
Membawakan lagu Sang Surya, Lir-ilir, Prau Layar,  Jaranan, Gugur Gunung, dan Middley Gundul Gundul Pacul, Surya Sekar terlihat semangat, apalagi hadirin memberikan tepuk tangan. Sebagai pembuka gending Manyar Sewu, langsung menghentak. "Semua lagu merupakan aransemen dari Smamda sendiri, kecuali Manyar Sewu", tambah pembina paduan suara Smamda Voice.

Struktur nayaga dan sinden
Selain nayaga (penabuh gamelan), sinden menjadi pusat perhatian. Alunan gending jadi lebih hidup dengan nyanyian dari para sinden. Nama nayaga dan sinden Surya Sekar Smamda adalah sebagai berikut.
1. Triyanto Hadi, S.Pd. (kendang) 
2. Moh. Ernam,  M.Pd. (gambang) 
3. Naimul Hajar, Gr., M.Kom. (bonang penerus) 
4. Purwita Chirnicalia, M.Pd. (gender/ketua karawitan) 
5. Drs. Juliarto Joedi Wahjono (bonang barung) 
6. Inka Valentine Haris, S.Pd. (demung) 
7. Azmil Maghfiroh, S.Si. (saron) 
8. Siti Ayu Nurlaili, S.Pd. (peking) 
9. Liesa Anggraeny, S.Pd. (slenthem) 
10. Mariza Hadul Aslamiyah, S.Ag. (gong kempul) 
11. Nur Alfian Sasmito Putra, S.Pd. (kenong) 
12. Mirna Ristanti, M.Pd. (sinden) 
13. Halimatus Saadiyah, S.Sos (sinden) 
14. Nur Rochmah Dwi Sulistia Ningrum, S.E. (sinden) 


Nama Surya Sekar Smamda
Nama Surya diambil dari judul lagu kebangsaan Muhammadiyah, yaitu Sang Surya. Maksudnya karawitan Smamda merupakan bagian dari organisasi Muhammadiyah.  Memberikan pencerahan di bidang seni maupun dakwah. 
Sedang kata Sekar merupakan singkatan artinya Seni Karawitan yaitu kesenian tradisional Jawa yang mengacu pada permainan musik gamelan. 
Sedangkan Smamda adalah akronim dari SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. 

Rencana kedepan Surya Sekar Smamda akan terus berlatih secara rutin. Masih ada beberapa agenda sekolah yang harus diselesaikan. Di sela kesibukan nayaga dan sinden sebagai pimpinan sekolah, guru, serta karyawan,  semangat untuk berlatih masih terus berkobar. "Rencananya kita akan rekaman studio, tampil dalam wisuda, dan mengikuti lomba karawitan", tegas pria yang akrab disapa papa Yudi.
Dan ada lagi, "Studi banding ke sekolah yang memiliki karawitan di Ponorogo, Solo, atau Jogja", pungkas papa Yudi.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo