Sosialisai Pajak Bertutur Dari Tim kantor Pelayanan Pajak Madya Sidoarjo

liesa A | 22 Agustus 2022

Detail Berita:

Pada Hari Kamis, 18 Agustus 2022 bertempat di Auditorium A.R Fachrudin SMA Muhammadiyah Sidoarjo telah berlangsung acara sosialisasi tentang perpajakan yang bertemakan Pajak Bertutur. Sasaran acara ini adalah generasi muda sebagai penerus bangsa menuju Indonesia emas tahun 2045. Kantor Pelayanan pajak Madya Sidoarjo menggandeng SMAMDA untuk mensosialisasikan kesadaran pentingnya pajak pada siswa SMAMDA yang diikuti oleh seluruh siswa kelas XI.

Acara sosialisasi diawali oleh 2 MC dari tim kantor pajak yang berupaya membuka wawasan pemahaman siswa tentang pajak dan memberikan contoh kas kelas sebagai perumpamaan pajak yang sederhana. Sebelum memasuki acara inti, ibu Alful Musrifah, M.Pd sebagai perwakilan kepala SMAMDA memberikan sambutan singkat. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian sosialisasi pajak yang terbagi dalam 3 sesi. Sesi pertama penjelasan tentang pajak yang merupakan bagian dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Disampaikan oleh narasumber bahwa 70% pendapatan negara berasal dari pajak. Sesi kedua tentang peranan siswa yang dapat dilakukan saat ini sebagai generasi masa depan bangsa yang diharapkan memiliki tanggung jawab dan mandiri diantaranya; disiplin mengikuti upacara, mematuhi tata tertib sekolah, menjaga nama baik diri sendiri dan sekolah, giat belajar dan berlomba-lomba meraih prestasi. Selain itu diharapkan juga berpartisipasi mengkapanyekan “No Free Rider”. Sesi terakhir tentang cara rekruitmen menjadi pegawai perpajakan melalui 2 cara yaitu, melalui jalur khusus (pendidikan di STAN) dan jalur umum melalui tes ASN sesuai formasi-formasi yang dibutuhkan.

Siswa SMAMDA mengikuti acara dengan penuh antusias, hal ini terlihat dari aktifnya para siswa memberi jawaban-jawaban pada kuis yang disampaikan dan memberikan pertanyaan ketika dibuka sesi bertanya. Jargon Pajak Bertutur “Generasi Muda Sadar Pajak” diucapkan siswa dengan penuh semangat disertai gerakannya. Acara dihadiri juga oleh pengawas sekolah ibu Mujiatun Sri Hartyatni, S.Pd., M.Si atau biasa dipanggil bu Tia.Tim perpajakan menyampaiakan materi secara ringan namun sarat informasi dan juga bertabur hadiah. Acara berlangsung selama 2 jam dan diakhiri dengan bernyanyi dan berfoto bersama.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo