Paduan Suara Smamda Voice menyanyikan lagu kebangsaan Malaysia, Negara saat penutpan Silang Budaya Sekolah Menengah Sains Seri Putri Kuala Lumpur Malaysia, Rabu (24/09/2024) (Dian Arif Fajar/smamda.sch.id) Paduan Suara Smamda Voice menyanyikan lagu kebangsaan Malaysia, Negara saat penutpan Silang Budaya Sekolah Menengah Sains Seri Putri Kuala Lumpur Malaysia, Rabu (24/09/2024) (Dian Arif Fajar/smamda.sch.id)

Smamda Voice Sukses Menyanyikan Lagu Negara Malaysia, Negaraku

Moh. Ernam | 15 Oktober 2024

Detail Berita:


SMAMDA.SCH.ID – Bagi Smamda Voice, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sudah biasa. Menyanyikan lagu kebangsaan Malaysia, Negaraku juga sukses. Itu pengalaman Paduan suara SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo saat menerima kunjungan siswa (Student Excheng) dari Malaysia. “Smamda dua kali menerima kunjungan dari Malaysia. Setiap kunjungan dari Malaysia, Smamda Voice selalu menyanyikan lagu kebangsaan Malaysia, Negaraku,” ujar Juliarto Joedi Wahyono saat diwawancara, Senin (14/10/2024).
Seperti pada acara penutupan kunjungan Sekolah Sains Seri Puteri Malaysia di Smamda, Sabtu–Rabu (21-25/09/2024). Ada enam lagu yang dinyanyikan, yaitu empat lagu hiburan dan dua lagu kebangsaan. Lagu hiburan berjudul Nusantara yang pernah dinyanyikan di Gedung Negara Grahadi Provinsi Jawa Timur. Lagu Bungong Jeumpa yang pernah dibawakan saat lomba paduan suara di Singapore International Choral Festival 2024. Lagu Rungkad yang sering ditampilkan jika ada undangan baik di sekolah maupun di luar sekolah. “Lagu hiburan yang ke empat berjudul Boria Suka Suka, yaitu lagu soundtrack film animasi anak-anak Upin Ipin dari Malaysia,” terang pria yang akrab disapa Papa Yudi. 
Dua lagu kebangsaan dinyanyikan dengan penuh hikmat. Lagu kebangsaan Indonesia, Indonesia Raya ciptaan WR Supratman dan lagu kebangsaan Malaysia, Negaraku. Lagu Negaraku belum pernah dinyanyikan oleh Smamda Voice. Namun lagu ini harus dinyanyikan karena ada tamu dari Malaysia walaupun waktunya cukup pendek. “Lagu Negaraku hanya ada waktu latihan selama tiga hari. Hari pertama masing-masing anggota mempelajari dan latihan di rumah dengan partitur yang sudah diberikan. Hari kedua latihan bersama di sekolah. Hari ketiga latihan bersama dengan menggunakan teknik yang benar. Hari keempat adalah hari pementasan,” urai Papa Yudi. 
Smamda Voice menyanyikan lagu Negaraku dengan penuh penghayatan dan hati-hati. Lagu Negaraku dibawakan oleh anggota Smamda Voice tim lomba Singapore International Choral Festival 2024 sehingga tidak begitu sulit mempelajarinya. “Selain membaca partitur juga diwajibkan mendengarkan unduhan videonya. Kemudian masing-masing anggota mencocokkan dengan partitur yang sudah diberikan,” tegas Papa Yudi.
Lagu Negaraku terdiri banyak versi. Pada tahun 1957 dinyanyikan dengan tempo Mars. Namun tahun 1970 dinyanyikan dengan tempo pelan. Kemudian tahun 1992 kembali dinyanyikan dengan tempo Mars. Terakhir pada tahun 2003 hingga sekarang lagu Negaraku dinyanyikan dengan khidmat dan tempo andante. “Alhamdulillah Smamda Voice bisa menyanyikan sesuai versi terakhir dengan penuh penghayatan dan menjiwai serta diikuti oleh seluruh tamu dari Sekolah Sains Seri Puteri Malaysia,” pungkas Papa Yudi.

editor : Muhammad Mauludy Falaakhy

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo