Fajar T. Septiono (nomor 2 dari kiri) saat menyerahkan hibah buku di perpustakaan Smamda Sidoarjo, Selasa (3/9/2024). (Dian Arif Fajar/smamda sch.id) Fajar T. Septiono (nomor 2 dari kiri) saat menyerahkan hibah buku di perpustakaan Smamda Sidoarjo, Selasa (3/9/2024). (Dian Arif Fajar/smamda sch.id)

Smamda Sidoarjo Terima Hibah 400 Buku, Langkah Besar untuk Literasi

Wigatiningsih | 05 September 2024

Detail Berita:

SMAMDA.SCH.ID- Perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo mendapatkan hibah buku sebanyak 400 eksemplar. Hibah ini diberikan langsung oleh direktur utama penerbit Pustaka Aksara Surabaya, Fajar T. Septiono, Selasa (3/09/2024).
Fajar menjelaskan bahwa tujuan memberikan buku ke perpustakaan Smamda agar guru, karyawan, dan siswa mendapatkan pengetahuan dari membaca. Walaupun saat ini dimudahkan untuk mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan, tetapi buku mengajarkan untuk berpikir secara sistematis. 
“Dunia digital memang memudahkan kita dalam mencari informasi, tetapi buku melatih kita untuk berpikir kritis dan bertindak secara sistematis. Inilah alasan mengapa buku harus tetap ada dan selalu dibaca di tengah gempuran media sosial dan banyaknya platform video streaming,” ujar Fajar.

Penyerahan buku dilakukan dalam dua tahap. Penyerahan tahap pertama pada 23 Agustus 2024. Penyerahan buku diterima oleh pustakawan Smamda, Johan Adi Luhung, Brilian Desy Nabila, dan Sutrisno. Buku yang diserahkan sebanyak 134 judul dari 300 eksemplar. “Di era digital buku dan membaca buku otomatis menjadi suatu hal yang penting. Saya rasa harus tetap ada siswa, guru, dan karyawan yang membaca untuk mendapatkan ilmu pengetahuan,” lanjut Fajar.
Penyerahan buku tahap ke-dua dilakukan pada Selasa, 3 September 2024. Jumlah buku yang diserahkan 87 judul sebanyak 100 eksemplar. “Sesuai dengan tagline penerbit kami, yaitu menebar wawasan. Jadi kami selalu berusaha untuk menjadi mitra para penulis dan sekolah dalam menyebarluaskan pengetahuan,” tambah Fajar.
Lelaki muda yang juga guru PKn di Smamda itu juga berharap bahwa  hibah buku yang diberikan ke Perpustakaan Smamda memberikan banyak manfaat. Bertambahnya koleksi buku baru di perpustakaan Smamda Sidoarjo, bisa menambah pengunjung dan pembaca. Bahkan setiap hari, banyak dari warga sekolah atau luar sekolah mengunjungi perpustkaan Smamda. “Bagaimanapun buku itu penting sebagai jendela ilmu pengetahuan. Semoga dapat menambah minat baca siswa, pendidik, dan tendik Smamda,” pungkas Fajar.

Perpustakaan Smamda Sidoarjo terus meningkatkan koleksi untuk memenuhi kebutuhan informasi siswa, guru, dan tendik. Baik melalui pengadaan buku mandiri atau bekerjasama dengan berbagai pihak. Baik melalui program Corporate Social Responsibility(CSR) atau hibah mandiri.
  

Editor   : Khusnul Isa

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo