SMAMDA Sidoarjo Sabet Juara 1 Kimia Terintegrasi dalam Ajang KSM Kabupaten Sidoarjo

Dian | 20 Agustus 2022

Detail Berita:

SMAMDA Sidoarjo kembali mengukir prestasi, kali ini melalui jalur akademik pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kabupaten Sidoarjo,  dengan meraih Juara 1 bidang kimia terintegrasi atas nama Nabila Alya Syafitri Prasetyo siswi kelas XII MIPA 7.

“Saya sangat senang sekaligus terkejut, karena tidak mengira mendapatkan juara 1, ketika mengerjakan soal cukup menguras pikiran,  selain soalnya berupa bahasa indonesia juga menggunakan  bahasa inggris dan bahasa arab, hal ini menjadi tantangan sekaligus hambatan buat saya”, ujar Nabila.

Wigatiningsih, M.Pd selaku kepala sekolah menyampaikan rasa bangga atas capaian pada ajang KSM. “Sekolah kita  tahun 2022 untuk pertama kalinya ikut kegiatan KSM dan alhamdulillah bisa juara, hasil yang diharapkan yakni mengembangkan bakat dan minat dan mengembangkan budaya kompetitif serta meningkatkan ghirah peserta didik untuk selalu mengasah kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai islam. Hal ini sesuai dengan visi SMAMDA” ungkap Wigati sapaan akrabnya.

SMAMDA Sidoarjo ikut serta dalam kegiatan KSM tahun 2022 mencakup bidang Matematika, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi yang semuanya terintegrasi dengan konteks keislaman. Integrasi keislaman dalam soal KSM menggali konsep-konsep islam misalnya zakat, falak, dll,  sehingga peserta didik tetap mengkaji konsep keislaman dan sains secara holistik.

Kegiatan KSM diawali dengan seleksi tingkat sekolah. Tiap sekolah menjaring  2 perwakilan peserta didik. Yang lolos dari seleksi tingkat sekolah pada masing-masing mapel selanjutnya bertanding KSM di tingkat kabupaten.

KSM Kabupaten Sidoarjo digelar Sabtu (13/8/22) di MAN Sidoarjo, terbagi menjadi tiga sesi. Sesi 1 pukul 07.30 - 09.30  mapel matematika dan biologi, sesi 2 pukul 10.00 -12.00  mapel fisika dan kimia, sesi 3 pukul 12.30 - 14.30 mapel ekonomi dan geografi. Dilaksanakan  berbasis komputer. Peserta diwajibkan mendownload aplikasi di labtop masing-masing.

“Prestasi ini diraih berkat perjuangan gigih, aktif dan disiplin dari Nabila saat mengikuti bimbingan, walaupun waktu pembinaan sangat terbatas hanya 1 minggu saja”, tandas Azmil selaku pembina mapel kimia.

"Pembinaan berikutnya akan berkolaborasi dengan guru bahasa arab dan al-Islam untuk menguatkan kemampuan anak-anak dalam membaca soal dalam bahasa arab dan konteks islam yang dikaitkan pada mata pelajaran kimia", imbuh Azmil.

Azmil berharap SMAMDA bisa lolos KSM sampai tahap akhir di tingkat nasional yang digelar di Jakarta pada Oktober 2022.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo