SMAMDA MEMBUKA KELAS PERSIAPAN BEASISWA STUDI DI JERMAN

Wigatiningsih | 11 Februari 2022

Detail Berita:

Banyak program yang sedang ditawarkan oleh Lembaga-lembaga yang menawarkan program studi lanjut ke luar negeri. Mereka berasal dari agen-agen, Lembaga Pendidikan, maupun konsultan yang focus pada program Pendidikan ke luar negeri. Salah satunya adalah HEY- Habibie Education Youth.

Konsultan ini membawa misi dari Jerman yang salah satunya adalah program Berufschule un Ausbildung , adalah mencipta tenaga kerja profesional di masa yang akan datang. Program ini menawarkan kepada pelajar usia 18-30 untuk sekolah dan bekerja di Jerman dengan beasiswa penuh dari pemerintah Jerman.

SMAMDA awal tahun ini mengadakan kerja sama dengan HEY untuk memfasilitasi siswa SMAMDA dan alumni yang memenuhi syarat, mengikuti program tersebut. Program ini disambut baik oleh siswa dan wali siswa. Setelah dilakukan presentasi di hadapan siswa dan wali siswa, ada sekitar 25 siswa yang berminat.

Tidak menunggu waktu lama hal ini direspon oleh pihak sekolah. Dan pihak sekolah langsung membuka kelas kursus Bahasa Jerman sebagai persyaratan utama. Kelas dibuka di lokasi SMAMDA tanpa memungut biaya tambahan kepada siswa. Hal ini dilakukan karena sekolah ingin memberi layanan terbaik dalam mengantarkan siswanya mengikuti program studi lanjut ke luar negeri. Kepala sekolah dan jajarannya sepakat untuk mengawal siswa yang berminat ke luar negeri. Terlebih ini ada program beasiswa.

Kelas dibuka menjadi dua sesi yang masing-masing sesi, jam belajarnya selama 4 jam. Sesi pertama dimulai pukul 13.00-17.00 sebanyak 13 orang, dan sesi ke dua sebanyak 12 orang. Mereka adalah siswa kelas XII dan beberapa adalah alumni SMAMDA. Selama empat jam setiap Senin-sampai Jumat mereka belajar Bahasa Jerman. Yang awali dengan level A1.

Kegiatan kursus Bahasa Jerman dan beberapa kursus penunjang lainnya diharapkan selesai pada Juli 2022. Dengan tujuan, pada Agustus 2022 semua siswa lulus dengan sertifikat B1 dan bisa terbang ke Jerman untuk belajar di sana. Semua akan bisa terpenuhi jika ada kerja sama yang baik antara siswa, orang tua dan pihak penyelenggara. Salah satu kuncinya adalah siswa rajin mengikuti kursus Bahasa Jerman sesuai jadwal yang telah disepakati dan ditentukan.

Adapun guru yang mengampu kursus tersebut didatangkan dari Batam. Yakni guru Bahasa Jerman yang professional yang dimiliki oleh Habibie Education Youth. Dia mengajarkan Bahasa Jerman yang didukung dengan buku yang khusus diterbitkan di Jerman dan dicetak di Indonesia.

Semoga semakin banyak siswa SMAMDA yang melanjutkan studi luar negeri terutama sekolah dan bekerja di Jerman jalur beasiswa. Aamiin.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo