Siswa SMAMDA Sidoarjo Tembus PPKB UI dan Lolos Seleksi SNMPTN di Sejumlah PTN Favorit Indonesia

Suwidiyanti | 08 April 2022

Detail Berita:

Mazaya Candra Aqila Huda siswi kelas XII IBB (Ilmu Budaya dan Bahasa) SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo berhasil tembus seleksi PPKB Universitas Indonesia. Terdaftar masuk Fakultas Ilmu pengetahuan Budaya dengan Program Studi Sastra Perancis.

Jalur Seleksi Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) adalah jalur khusus dari Universitas Indonesia, Sebagai syaratnya peserta harus memiliki nilai raport semester 1-5 dengan kategori baik serta harus mengirim essay berisi alasan mengapa memilih UI                          (Universitas Indonesia) dan mengapa memilih jurusan tersebut.

“Alhamdulillah mimpi saya dari kecil masuk sastra perancis UI terwujud, karena Perancis adalah salah satu pusat kebudayaan kelas dunia, jadi menurut saya kalau bisa menguasai bahasa perancis dan mengetahui budaya disana menjadi kesempatan  besar untuk saya berkarir disana, apalagi UNESCO atau organisasi pendidikan, sosial, dan kebudayaan dibawa PBB itu berpusat disana dan memang dari dulu saya senang belajar berbagai bahasa”, ujar Mazaya

Mazaya mengaku bahwa peran sekolah sangat besar dalam menunjang keberhasilannya. Dengan pembinaan karakter yang disiplin menjadikan dirinya berusaha optimal dalam mendapatkan nilai raport yang tinggi, sekolah juga membantu dalam pendaftaran dan memastikan di submit sesuai tanggal pendaftaran, serta peran wali kelas bu Alfi sekaligus guru bahasa juga sangat berkontribusi dalam memberi saran dan masukan saat pembuatan essay.

Selain berhasil tembus PPKB UI, Sebanyak 38 siswa SMAMDA Sidoarjo berhasil lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) favorit di Indonesia. Hasil tersebut diperoleh dari laman resmi lembaga tes masuk perguruan tinggi (LTMPT). SNMPTN sendiri adalah salah satu jalur masuk perguruan tinggi melalui nilai rapor dan prestasi akademik. Nilai rapor yang digunakan adalah nilai rapor dari semester 1 sampai semester 5 selama masa belajar 3 tahun. Sementara itu, prestasi akademik lain akan jadi nilai plus bagi siswa.

 

Koordinator Bimbingan Konseling Habibah merasa bersyukur dan bangga dengan capaian siswa. Keberhasilan ini adalah bukti kualitas layanan pendidikan di SMAMDA Sidoarjo yang terus meningkat walaupun belum terlalu signifikan.

“38 siswa yang lolos jalur SNMPTN pada jurusan dan universitas yang sangat bergengsi  di seluruh Indonesia seperti Fakultas Kedokteran gigi, ada juga yang diterima di UNPAD, keberhasilan yang dicapai siswa kelas XII ini juga merupakan keberhasilan civitas secara keseluruhan, termasuk stakeholder. Sekali lagi selamat untuk semua. Saya optimis, jumlah siswa yang lolos di tahun-tahun berikutnya semakin bertambah, bagi yang belum lolos tetap semangat berikhtiar dan berdoa karena masih banyak jalan meraih perguruan tinggi” ujar Habibah.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum Alful menjelaskan, Perjuangan siswa SMAMDA Sidoarjo tidak berhenti di jalaur SNMPTN, bagi siswa yang belum lolos akan kembali disiapkan dan difokuskan untuk mengikuti UTBK-SBMPTN. Melalui PIB ( Program intensif Belajar) dan try out  UTBK yang bekerja sama dengan berbagai lembaga bimbingan belajar. Hal ini sebagai usaha pencapaian target SMAMDA Sidoarjo sebagai pilot project dari Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammdiyah yakni bisa masuk dalam 1000 besar sekolah peraih nilai UTBK tertinggi se Indonesia.

Alful berharap dengan keberhasilan siswa kelas XII dapat memacu semangat adik kelas untuk bisa lolos di SNMPTN tahun mendatang dan bisa menjadi generasi bangsa yang mandiri, berprestasi, serta dapat meningkatkan indeks sekolah sekaligus  bisa menjadi magnet orang tua dan siswa untuk belajar di SMAMDA Sidoarjo.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2021 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo