Roro Jograng dan Dayang tiba di Smamda dengan menari Roro Jograng dan Dayang tiba di Smamda dengan menari

RORO JOGRANG MAMPIR KE SMAMDA, GURU MALAH SIBUK MENILAI UNPRAK (UJIAN PRAKTIK NON AIK)

Risha I.R | 13 Maret 2023

Detail Berita:

Ujian praktek kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo(Smamda)  digelar hari Selasa (7/03/2023) bernuansakan drama. Mereka menampilkan cerita Roro Joggrang yang diawali dengang kreasi tari, perperangan dan cerita aslipun dimainkan dengan apik. Satu kelas kompak sehingga drama terkesan natural.  Di sana ada lima penguji yang diterjunkan untuk menilai sejauh mana pengusaan kriteria yang dibutuhkan pada mata pelajaran (mapel)  yaitu maple pilihan bahasa Indonesia, Inggris, seni budaya, dan PJOK.

Salah satu siswa Smamda, Aldi  Farhan Razaki (XII IPS 2) memaparkan perasaannya yang kagum. Hal ini dikarenakan satu drama bisa dilihat dari berbagai sudut pandang dan menggabungkan beberapa unsur keserasian gerak  di adegan tari dan perang. 

“Kegiatan ini asik! ini Mapelnya kolaborasi dengan kekreativitasan anak masing-masing. Meskipun tantangannya waktu, properti, dan persiapannya. Tidak membuat kami berputus asa. Apalagi, jika terjadi eror dipersiapan musiknya. Kami juga banyak belajar lebih dalam tentang fakta sejarah Roro Jograng” ujar Aldi.

Dibalik cerita epik dari kelas XII IPS 2. Guru-guru setiap Mapel yang diujikan sibuk menilai aktor yang berperan dalam drama UNPRAK.  Kriteria  bahasa Indonesia  mengarah pada penjiwaan, vokal, intonasi, ekspresi, volume suara, dan pelafalan. "Mereka harus menguasai keselaraaan antara apa yang dibicarakan dengan perasaannya, semakin memahami perannya maka siswa akan berakting senatural mungkin", ungkap Risha Iffatur Rahmah, M.Pd. 

Guru penguji lainnya,  mapel pilihan juga menekankan agar siswa tidak lupa akan cerita kejayaan masa lalu dan dapat terinspirasi untuk mengambil hal baik di masa depan nantinya. “Ada pembelajaran keteguhan dan kesabaran  dari figur Roro Jograng itu. Apalagi sejarahnya kan ayahnya tewas oleh calon suaminya itu” ucap Sri Astutik, M.Pd.

Drama diakhiri dengan Roro Jograng melengkapi candi Prambanan lalu amanat dibacakan oleh narrator, Unprak pun berakhir. 

“Tampilannya sudah bagus! Hal ini diketahui dari variasi gerak, kekompakkan, sampai kreativitasnya”. begitulah apresiasi dari Wanny Norma Zainudin, Gr., M.Pd. salah satu penguji PJOK.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo