Pagelaran OSN-K SMAMDA Sidoarjo Menfasilitasi Talenta Siswa

Suwidiyanti | 24 Mei 2022

Detail Berita:

OSN (Olimpiade Sains Nasional) 2022 Tingkat Kabupaten Sidoarjo untuk jenjang SMA/MA dilaksanakan berbasis Komputer yang diselenggarakan langsung oleh Pusat Prestasi Nasional. OSN-K Bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan memberikan ruang aspirasi serta apresiasi untuk siswa dalam mewujudkan talenta emas, khususnya memfasilitasi bakat, minat, dan prestasi siswa di bidang sains di Kabupaten Sidoarjo.

SMAMDA Sidoarjo ikut serta dalam kegiatan OSN-K tahun 2022 mencakup semua bidang lomba. Adapun bidang yang dilombakan dalam OSN tahun 2022 meliputi 9 (Sembilan) bidang keilmuan, yaitu: Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi
Kegiatan OSN-K diawali oleh seleksi tingkat sekolah untuk mendapatkan peserta OSN-K. Tiap sekolah menjaring maksimal 5 perwakilan siswa terbaik yang lolos dari seleksi tingkat sekolah pada masing-masing mapel. Kegiatan OSN dibawah wewenang Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Ibu Alful Musrifah, M.Pd  dengan penanggung jawab Kepala Sekolah SMAMDA Sidoarjo Ibu Wigatiningsih M.Pd.

"SMAMDA Sidoarjo menargetkan lolos di 9 mata pelajaran OSN Tingkat Kabupaten.dan bisa ke OSN Tingkat Nasional, " jelas Wigatiningsih selaku Kepala SMAMDA Sidoarjo
"Walaupun kami di sekolah swasta, tetap optimis mampu bersaing dan memenangkan di beberapa bidang lomba," Lanjut Wigatiningsih

Tahapan kegiatan OSN-K terdiri dari  tahap simulasi uji coba OSN-K yang dilakukan pada tanggal 17 sampai dengan 19 Mei 2022, tahap ini bertujuan untuk mengenalkan sistem aplikasi dan latihan bagi siswa. Tahap berikutnya yakni tahap pelaksanaan OSN-K yang terjadwal di hari pertama, Selasa 24 Mei 2022 melombakan 4 bidang yakni Fisika, Biologi, Ekonomi, dan Geografi. Pada hari Rabu, 25 Mei 2022 melombakan 5 bidang yakni Matematika, Informatika, Astronomi, Kebumian, dan kimia.

Pelaksaan OSN-K menggunakan fasilitas masing-masing sekolah. Tim menyiapkan perangkat komputer dan jaringan internet yang memadai dengan tetap berkordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. 
Alful Musrifah selaku wakakur berpesan kepada peserta OSN-K SMAMDA Sidoarjo agar seluruh peserta OSN-K tetap harus jujur dan serius dalam menjawab soal OSN-K, karena kejujuran merupakan salah satu penunjang kesuksesan. Ia juga memberikan motivasi, semangat dan mendoakan agar semua peserta OSN-K SMAMDA Sidoarjo berhasil dan lolos sampai tingkat Nasional tahun ini.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo