Info PPDB

Kinan, Siswa SMAMDA yang Terus Mencetak Prestasi

Silwana | 14 September 2022

Detail Berita:

Nama panggilannya, Kinan. Siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Smamda) menjadi perwakilan Sidoarjo menuju Jakarta.  Tidak hanya mewakili Sidoarjo tapi juga mewakili Jawa Timur. Hal ini karena Kinan menjadi juara 2 Pemilihan Duta Pelajar Pelopor Lalu Lintas Kabupaten Sidoarjo. Pemenang 1 dan 2 mewakili Jawa Timur menuju Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dalam kegiatan ini. 

Nama lengkapnya Fii Amanillah Putri  Kinanti merupakan siswa kelas XII MIPA 8. Selain juara 2 pemilihan pelajar pelopor keselamatan berlalulintas dishub Sidoarjo, ia juga merupakan finalis Duta Anti Narkoba Kabupaten Sidoarjo tahun 2022.  Waktunya di sekolah digunakan untuk belajar, berorganisasi di Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan mengikuti berbagai ajang lomba. Tak disangka, ketekunannya mengikuti ajang ini mengantarkannya menuju ke tingkat nasional. 

Awalnya ia mengikuti seleksi tingkat Kabupaten yang dilaksankan pada 22-23 Februari 2022 di Fave Hotel Sidoarjo jalan Jenggolo No 15 Sidoarjo. Hasilnya, Panitia Dishub Sidoarjo memutuskan bahwa juara 1 dan 2 kompetisi ini  menjadi perwakilan provinsi Jawa Timur. Selanjutnya kegiatan  Lomba Tingkat Nasional akan dilaksanakan tgl 12 sampai dengan  15 September  2022 mendatang.  

Kegiatan lomba rencananya berupa  masa pembekalan  selama empat hari dengan serangkaian penilaian. Penilaian ini juga  disertai dengan presentasi inovasi kreatif di bidang lalu lintas dan perhubungan yang telah disiapkan oleh masing masing perwakilan tingkat Provinsi. Kegiatan ini diikuti oleh 20 Provinsi dari seluruh Indonesia. Beberapa diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Bali, Maluku. Tiap provinsi mengirimkan dua siswa.

Acara ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia secara luring di Jakarta dan rencananya akan dilaksanakan di Auditorium Grand Mercure Harmoni Jakarta.  

Persiapan dilakukan secara maksimal dengan pembinaan dilakukan oleh guru-guru  Smamda dan beberapa  kali didampingi oleh Ayu Sukmarini, SE selaku Kepala Seksi Bimbingan Keselamatan LLAJ  dan Mariana Mekarsari sebagai perwakilan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo, dan Pemprov Jawa Timur.  Persiapan ini dilakukan selama kurang lebih 1 bulan. Hal ini karena Kinan harus membuat prototipe inovasi kreasi yang nantinya akan dipresentasikan di depan juri selama di Jakarta. 

Dedik Irwanto, S.Sos sebagai Kepala Bidang Pengendalian Operasional dan Keselamatan Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo  berharap perwakilan Sidoarjo, yaitu Fii Amanilah  Kinanti Putri  mampu membawa nama  Sidoarjo di tingkat nasional. Mengingat Kabupaten Sidoarjo belum bisa mencetak prestasi di Tingkat Nasional selama 3 tahun terakhir dalam lomba ini akibat Pandemi Covid-19.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2021 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo