Ustadz Ali Murtadlo sedang mengajar Kitab  Syarh Ta'lim Muta'alim di Smamda Boardinh School, Rabu (3/9/2024). (Muhammad Rijal Achsanuddin/smamda.sch.id) Ustadz Ali Murtadlo sedang mengajar Kitab Syarh Ta'lim Muta'alim di Smamda Boardinh School, Rabu (3/9/2024). (Muhammad Rijal Achsanuddin/smamda.sch.id)

Kajian Pekanan Smamda Boarding School: Pentingnya Niat Lurus dalam Beramal

Muhammad Rijal Achsanuddin | 06 September 2024

Detail Berita:


SMAMDA.SCH.ID – Salah satu program unggulan SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo adalah Boarding School Program (BSP) yang menawarkan berbagai kegiatan berbasis keagamaan. Salah satunya adalah kajian pekanan Kitab Syarh Ta'lim Muta'alim karya Syaikh Ibrahim Ibn Ismail. Kegiatan ini diadakan setiap malam Kamis setelah shalat Isya. Program ini telah dimulai sejak awal tahun ajaran baru dan disepakati dalam rapat kerja antara musyrif dan musyrifah Smamda Boarding School bersama pimpinan sekolah.

Pada kajian pekan ini, Rabu (28/8/2024), Ali Murtadho, Mudir (Direktur) Smamda Boarding School, menyampaikan materi tentang pentingnya niat dalam beramal. Setelah pekan lalu para siswa mempelajari kewajiban menuntut ilmu, sekarang membahas soal niat. “Kali ini kita fokus pada niat, karena niat sangat penting dalam kehidupan kita,” ungkapnya di hadapan seluruh siswa Smamda Boarding School.

Pria yang akrab disapa Ustadz Ali menjelaskan panjang lebar tentang pentingnya menjaga niat. Niat harus lurus dan ikhlas dalam setiap tindakan hanya karena Allah Swt. “Setiap amal perbuatan akan dinilai berdasarkan niat yang mendasarinya. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga niat yang tulus dan lurus dalam setiap perbuatan,” jelas Ustadz Ali.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh siswa, baik putra maupun putri, dari kelas 10 hingga kelas 12. Suasana penuh khidmat terlihat di aula asrama Smamda Boarding School ketika para siswa mendengarkan penjelasan tentang bab niat.

Di akhir kajian, Ustadz Ali kembali mengingatkan para siswa untuk selalu introspeksi dalam beribadah. Semua harus dijalankan karena Allah semata, bukan karena yang lain. “Jangan sampai kalian menjalankan ibadah hanya karena takut pada konsekuensi yang diberikan oleh kami. Pastikan niat kalian benar-benar tulus karena Allah,” tegas Ustadz Ali.

Program kajian pekanan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan akhlak siswa di Smamda Boarding School. Hal ini sebagai upaya untuk mencetak generasi berakhlak mulia dan berwawasan luas.


editor    : Moh. Ernam

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo