Inovasi Siswa SMAMDA Sidoarjo Pukau Gubernur Jatim

M Mauludy Falaakhy | 03 Oktober 2018

Detail Berita:

Inovasi siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menjadi salah satu karya unggulan di Jawa Timur. Karya tersebut ialah ANSONT (Android System And Orientation Sense Transportation) yang dipamerkan dalam gelar Rakor Kepala SMA negeri dan swasta se Jatim, Senin (23/4).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jatim Dr H Soekarwo tampak terpukau melihat karya yang menjuarai APICTA AWARD DHAKA 2017 di Bangladesh. Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim berpesan agar siswa SMAMDA Sidoarjo untuk tidak berhenti melakukan riset. Khususnya riset yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini.

Toriq, salah satu tim pengembang ANSONT menuturkan, sekolah dan orangtua memberikan dukungan penuh dalam berbagai kegiatan riset ilmiah ini. ANSONT merupakan robot kursi roda untuk pengguna disabelitas yang dikendalikan lewat OS smartphone android.

Di sekolah, para siswa di wadahi dengan ekstrakulikuler rekto (Rekayasa teknologi) yang menghimpun semua siswa untuk melakukan riset dibidang teknologi. “Kedepan kami tidak ingin hanya menjuarai beberapa kejuaraan nasional maupun internasional. Tetapi kami juga ingin mengembangkan ilmu dan berbagi ilmu kami kepada pelajar muhammadiyah yang lain,” tutur dia.

Usaha pengimbasan tersebut mendapat respon positif dari berbagai sekolah. Khusunya sekolah-sekolah di lingkungan Muhammadiyah Sidoarjo.

Laporan : M Mauludy Falaakhy

https://fasco.id/2018/04/24/inovasi-siswa-smamda-sidoarjo-pukau-gubernur-jatim/

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo