FROM ZERO TO TAHFIDZ

Mauludy | 30 September 2021

Detail Berita:

Siang itu 28/09/2021 puluhan siswa nampak fokus dengan buku tilawah metode tajdid masing-masing, puluhan siswa tersebut hendak menjalani tes ujian baca qur’an setelah di gembleng oleh sekolah sejak bulan agustus lalu. beberapa siswa yang mengikuti program tersebut merupakan siswa yang awalnya tidak bisa membaca qur’an sama sekali atau yang masuk kriteria tidak lancar membaca qur’an. Penjaringan siswa tersebut dilakukan oleh sekolah pada saat tes baca qur’an yang dilaksanakan pada saat fortasi( forum ta’aruf siswa) saat awal masuk pengenalan sekolah di smamda sidoarjo.

Fuad syukri selaku Kasi Ismuba menjelaskan bahwa program ini merupakan visi ismuba, harapanya kedepan tidak ada lagi siswa smamda yang tidak bisa membaca qur’an. Program pembinaan baca qur’an ini sudah dimulai dari bulan agustus lalu. Dari data penjaringan siswa yang kurang lancar membaca qur’an tersebut terdapat sekikar 40 anak terdiri dari kelas X dan kelas XI yang perlu mengikuti pembinaan secara khusus. Kami bagi 3 kelompok yang masing-masing kelompok tersebut didampingi oleh pembina yang profesional berasal dari DMU PWM Jatim yakni ustad taufiq, ustadzah nafida , ustadzah ajeng.

Pembinaan baca qur’an ini menggunakan Metode Tajdid, Metode ini adalah ikhtiar PWM Jawa Timur menghadirkan metode pembelajaran membaca Alquran yang menyenangkan, efektif, dan sesuai tuntutan zaman. kemudian siswa tesebut mengikuti pembinaan secara intens 2 kali dalam seminggu, itupun masih ditambah program diniyah disekolah setiap hari dan beberapa ada yang mengikuti tambahan lagi di ekskul tahfidz.

Alhamdulillah dari hasil tes selasa lalu semua siswa yang mengikuti tes telah dinyatakan lancar membaca qur’an bahkan oleh membina beberapa siswa ada yang sangat signifikan perkembangan membaca qur’annya bisa direkomendasikan untuk lanjut di program tahfidz. Namun capaian ini belum selesai, hasil ini akan dilaporkan ke pimpinan sekolah yang kemudian perlu ada program keberlanjutan untuk terus mengasah kemampuan siswa siswinya.

Semoga program ini bisa berlanjut ke tahap yang lebih tinggi lagi dan semoga siswa siswi nanti mampu menjadi penghafal al qur’an dengan fasih.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2021 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo