EHB BKS – Tangga Menuju Sukses UTBK

Alful | 14 Maret 2022

Detail Berita:

Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Komputer dan Smartphone (EHB BKS) adalah bentuk evaluasi terhadap Satuan Pendidikan jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Semua SMA di Jawa Timur harus mengikuti EHB BKS karena hasil EHB BKS digunakan sebagai pengendalian dan pemetaan mutu pendidikan pada jenjang SMA.

Sebagaimana SMA lain di seluruh Provinsi Jawa Timur, SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo juga melaksanakan EHB BKS yang wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 467 pada 7-10 Maret 2022. Selama mengikuti EHB BKS, 467 siswa terbagi menjadi 20 ruang ujian, masing-masing ruang berisi 23-24 siswa.

Menurut Pedoman Teknis (Domnis) EHB BKS yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, EHB BKS dilaksanakan dalam 2 sesi. Satu sesi terbagi menjadi dua jam. Sesi I jam 1: pukul 08.00-09.30 dan jam 2: pukul 09.45-11.15. Sedangkan Sesi II Jam 1: pukul 12.30-14.00, jam 2: pukul 14.15-15.45. EHB BKS di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo dilaksanakan hanya satu sesi, yaitu sesi I karena mempertimbangkan efisiensi waktu dan biaya.

EHB BKS pada tahun ajaran 2021/2022 ini mengujikan tujuh mata pelajaran untuk peminatan IBB dan MIPA, serta delapan mata pelajaran untuk peminatan IPS. Mata pelajaran yang diujikan pada peminatan IBB yaitu PKn, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Jepang, dan Antropologi sedangkan yang diujikan pada peminatan MIPA yaitu PKn, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, dan Biologi. Mata pelajaran yang diujikan untuk peminatan IPS yaitu PKn, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi, Geografi, dan Sejarah Peminatan.

Selain digunakan sebagai pemetaan mutu pendidikan di Provinsi Jawa Timur, hasil EHB BKS di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo juga digunakan sebagai nilai Ujian Satuan Pendidikan (USP) yang dulu dikenal sebagai Ujian Sekolah atau USEK. Sebagaimana diketahui, nilai USP digunakan sebagai penentuan kelulusan siswa kelas XII.

EHB BKS juga dimaksudkan sebagai ajang berlatih siswa kelas XII mengerjakan soal-soal UTBK. Soal-soal yang diujikan pada EHB BKS bentuk dan materi soalnya disesuaikan dengan soal-soal UTBK. Bentuk soal pada EHB BKS sangat bervariasi yaitu Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, Menjodohkan, dan Isian Jawaban Singkat.

Terdapat 4 kategori nilai EHB BKS yaitu sangat baik, baik, cukup, dan kurang. Hasil EHB BKS siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, Alhamdulillah memuaskan. Banyak siswa mendapatkan nilai sempurna dan dengan predikat sangat baik walaupun masih ada yang masih mendapat nilai kurang. Hasil EHB BKS ini dapat dijadikan sebagai evaluasi dan motivasi baik oleh sekolah maupun siswa untuk lebih bersemangat lagi belajar untuk sukses menghadapi UTBK yang akan digelar pada Mei 2022.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo