Peserta upgrade pembina PIB dengan hikmat mendengarkan pemateri dari Ruangguru di ruang briefing, Selasa (08/09/2024). (Dian Arif Fajar/smamda.sch.id) Peserta upgrade pembina PIB dengan hikmat mendengarkan pemateri dari Ruangguru di ruang briefing, Selasa (08/09/2024). (Dian Arif Fajar/smamda.sch.id)

Dorong Peningkatan Jumlah Siswa Lolos PTN Smamda Upgrade Guru Pembina PIB

Khusnul Isa | 10 Oktober 2024

Detail Berita:


SMAMDA.SCH.ID – Sebanyak 22 Guru Pembina Program Intensif Belajar (PIB) SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo mengikuti upgrade bersama tim Ruangguru. Peserta upgrade ini adalah rumpun guru matematika, guru sains, guru bahasa Indonesia, dan guru bahasa inggris. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang briefing Smamda Sidoarjo, Selasa (08/10/2024).

Menurut M. Zainul Arifin, kepala Smamda Sidoarjo tujuan upgrade ini untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme keilmuan guru-guru. Juga untuk memberikan pengetahuan tentang model-model soal ujian tulis berbasis computer (UTBK). “Jadi guru-guru yang mengikuti upgrade ini akan transfer ilmunya kepada siswa setelah mengikuti acara ini,” ungkap Zainul. 

Lebih lanjut Zainul berharap lebih sebagai wakil dari wali murid dan siswa agar acara upgrade ini mendapatkan dampak yang positif untuk proses pembelajaran siswa dan meningkatkan jumlah persentase kenaikan siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur UTBK.
 
Senada dengan Zainul, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Alful Musrifa menuturkan bahwa upgrade ini dilakukan setiap tahun sekali bagi guru pembina PIB. Namun bedanya tahun ini guru diminta mengerjakan soal terlebih dahulu.  “Sebelum seluruh guru pembina PIB mengikuti upgrade mereka harus mengerjakan soal postes terlebih dahulu, sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan. Tautan soal diberikan satu hari sebelum acara ini terlaksana,” tutur Alful. 

Acara upgrade dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama semua peserta dijadikan satu ruang. Selama 60 menit mereka menerima pengarahan dari pimpinan sekolah dan materi umum dari tim Ruangguru. Selanjutnya tahap kedua peserta masuk ke dalam kelompok-kelompok kecil sesuai dengan mata pelajaran yang diampu dan menempati ruang yang sudah disiapkan. “Untuk menerima materi -materi baru sesuai bidang keilmuan mata pelajaran yang di bina dan cara-cara menyelesaikan soal-soal dengan cara yang jitu,” lanjut Alful. 

Salah satu peserta upgrade, Ucik Fauziyah mengaku senang. Guru mata pelajaran fisika ini banyak mendapat tambahan ilmu. “Senang sekali mengikuti upgrade pembina PIB. Banyak ilmu baru yang dapat kita pelajari,” ungkap Ucik.

editor : Moh. Ernam

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo