Furghon Zendy Halim (membelakangi kamera) sedang melakukan audit bidang Tata Usaha Smamda, Rabu (10/10/2024). (Dian Arif Fajar/smamda.sch.id) Furghon Zendy Halim (membelakangi kamera) sedang melakukan audit bidang Tata Usaha Smamda, Rabu (10/10/2024). (Dian Arif Fajar/smamda.sch.id)

Dorong Continuous Improvement, Smamda Sidoarjo Laksanakan Audit Internal ISO 21001:2018

Muhammad Alif | 10 Oktober 2024

Detail Berita:


SMAMDA.SCH.ID – SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo mengadakan audit internal ISO 21001:2018. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas sistem manajemen pendidikan dan mendorong budaya continuous improvement di lingkungan sekolah. “Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 7–11 Oktober 2024.  Audit Internal ini dilaksanakan pada masing-masing bidang di Smamda Sidoarjo,” terang Alfi Faridian saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (09/10/2024).
 
Perempuan yang menjabat Kepala Penjaminan Mutu Smamda Sidoarjo ini menjelaskan bahwa audit internal ini bertujuan untuk melakukan perbaikan berkelanjutan sesuai dengan ISO 21001: 2018. Efeknya agar bisa mencapai standar internasional dalam pendidikan. Juga untuk memastikan bahwa proses pendidikan memiliki kualitas yang tinggi. “Melalui audit internal ini, Smamda diharapkan dapat melakukan continues improvement, sehingga kualitas pendidikan di Smamda semakin terjamin,” tambah Alfi. 
 
Audit internal ini mengadopsi standar ISO 21001:2018. Selain berusaha memenuhi ekspektasi pemangku kepentingan, juga berinovasi dalam cara mengelola dan menyampaikan pendidikan. “Audit ini menjadi kesempatan untuk mengevaluasi dan memperbaiki proses yang ada,” lanjut Alfi.

Selama audit, tim evaluasi melakukan analisis terhadap berbagai aspek. Termasuk kebijakan pendidikan, prosedur operasional standar, sasaran mutu, analisa resiko, dan dokumen lainnya sesuai dengan klausul ISO 21001: 2018. “Hasil audit ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi konkret untuk pengembangan sekolah ke depan,” pungkas Alfi.

Sementara itu Kepala Smamda Sidoarjo, M Zainul Arifin menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentukkomitmen untuk terus berupaya dalam menciptakan perbaikan yang berkelanjutan. Menjadikan sekolah sebagai tempat yang inspiratif dan produktif bagi semua warga sekolah. “Melalui audit internal ini, kita dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang ada. Serta mengetahui kekurangan dan memberikan solusi yang tepat untuk menciptakan sekolah yang unggul  dengan dalam rangka mencapai tonggak capaian ASEAN Recognition," ujar Zainul

Tim audit melakukan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Harapannya untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang proses pembelajaran dan manajemen di Smamda. “Hasil audit ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan dalam merancang program peningkatan kualitas yang lebih terarah. Termasuk peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pengembangan fasilitas belajar,” pungkas Zainul.


Editor    : Moh. Ernam

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo