BELAJAR SENI BERBAHASA DENGAN SURAT KABAR

Ifta Zuroidah, S.E., M.M. | 08 Maret 2022

Detail literasi:

BELAJAR SENI BERBAHASA DENGAN SURAT KABAR

Oleh

Ifta Zuroidah S,E.M,M.

 

                  Banyak media dan banyak cara yang bisa dilakukan dalam melakukan pembelajaran seni berbahasa dengan baik salah satunya adalah dengan menggunakan media surat kabar. Surat kabar merupakan sebuah informasi yang mudah kita dapatkan dan bahkan banyak berita berita yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan pembelajaran. Surat kabar membantu guru dalam melakukan proses belajar mengajar yang  bisa digunakan untuk kegiatan pembelajaran, bagaimana menemukan cara baru dalam mempelajari seni berbahasa.

          Berita terus berkembang setiap hari, keindahan dalam bahasa surat kabar setiap harinya akan selalu baru dengan informasi dan berita beritanya. Surat kabar tidak sama dengan media media yang lain, surat kabar ini dituliskan dengan indah, dan sangat mendetail dalam mengupas cerita. Seorang jurnalis banyak menggali informasiuntuk menceritakan apa yang terjadi, dan tidak ada kejadian yang lebih baik dalam informasi selain dari surat kabar.

        Bagi guru, surat kabar menawarkan tampilan yang special. Surat kabar dikenal sebagai buku berjalan. Surat kabar dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis, mendengar, berbicara, matematika, social dan ilmu pengetahuan. Berfikir kritis adalah suatu hal yang harus dilakukan dari pembelajaran menggunakan surat kabar. Tidak seperti buku, yang kadang ketinggalan zaman ketika peserta didik menerimanya. Surat kabar menghidupkan dengan berbagai informasi. Surat kabar bisa mengembangkan kurikulum dengan sejumlah informasi yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

      Aktivitas ini akan membantu peserta didik meningkatkan kemampuan mereka dalam membaca dan menulis. Kemampuan yang akan dilatih diantaranya adalah bagaimana menemukan ide utama, bagaimana menambah kosa kata, bagaimana membandingkan bacaan, bagaimana membuat kalimat, bagaimana bertanya dan bagaimana menulis rangkuman yang baik. Peserta didik ini akan banyak menggunakan kemampuan untuk berfikir kritis yang dibutuhkan untuk berinteraksi dengan materi yang ada pada surat kabar.  

AKTIVITAS SENI BERBAHASA  MENGGUNAKAN SURAT KABAR

        Bayak aktivitas yang bisa dilakukan dengan pembelajaran menggunakan surat kabar diantaranya adalah :    Kamus Olah Raga        Skill: Peserta didik menggunakan berbagai macam strategi untuk menganalisis kata kata.   Guru menyuruh peserta didik memilih sebuah artikel dari rubrik olah raga. Ketika peserta didik membaca cepat dari berita itu, mereka membuat daftar kata yang digunakan dalam dunia olah raga tersebut. Kemudian mereka harus menulis definisi dari setiap  kata dan menggambarkan sebuah gambar untuk mengilustrasikan kata yang dimaksud. Peserta didik juga bisa menambahkan kata kata yang berhubungan dengan olah raga, tetapi tidak dimunculkan dalam artikel. Sekarang peserta didik ini memiliki kamus olah raga.   Majalah Bulanan.   Skill :  Peserta didik menggunakan materi bacaan yang bervariasi untuk mengembangkan pilihan pribadi dalam materi bacaan dan menyusun informasi tertulis.  Informasikan kepada peserta didik bahwa mereka bertanggung jawab untuk rancangan cover dari majalah bulanan. Peserta didik bisa melihat melalui surat kabar bisa surat kabar hari ini atau kemarin. Carilah 5 artikel yang layak untuk majalah mereka. Peserta didik akan merancng sampul termasuk tulisan yang akan membuat orang ingin membaca artikel beserta gambar yang akan menarik perhatian banyak orang.   Komik dan Kamu.   Skill : Peserta didik menemukan secara cermat dan menggunakan informasi untuk menyusun makna dan membuat kesimpulan.   Guru meminta peserta didik melihat komik pada surat kabar hari ini atau kemarin dan menentukan karakter mana yang paling disukai. Peserta didik membuat daftar dari hal hal yang memiliki persamaan dengan karakter komik tersebut beserta perbedaannya.   Bersenang senang dengan Kata Benda.   Skill : Peserta didik mengidentifikasikan kata benda dengan benar. Mereview / meninjau definisi dari kata benda dengan berdiskusi dikelas. Guru meminta peserta didik memilih sebuah cerita dari halaman depan surat kabar tersebut dan  mencari kata benda serta memberikan garis bawah. Peserta didik dapat menggarisbawahi kata orang yang mereka temukan dengan warna merah, tempat dengan warna biru dan benda dengan warna hijau. Selanjutnya buatlah daftar kata benda yang bisa ditemukan disekitar kelasmu.   Cerita Bergambar.   Skill : Peserta didik menyusun ide dan informasi untuk menulis kreatif.  Tujuannya adalah untuk menggunakan gambar dari surat kabar untuk menceritakan sebuah cerita. Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendalami bagaimana foto bisa menceritakan cerita. Guru meminta kepada peserta didik melihat foto pada surat kabar hari ini. Peserta didik memilih 3 fota dan memotongnyatanpa ada caption ( penjelasan ). Peserta didik menempelkan masing masing gambar pada lembar kertas berbeda dan gabungkan ketiga kertas tersebut agar muncul di berita. Pada akhirnya peserta didik harus menulis cerita dari masing masing gambar.   Sebelum dan Sesudah.  Skill : Peserta didik di minta menemukan gambar yang menarik buat mereka pada surat kabar.  Peserta didik diajak berfikir apa yang terjadi dalam gambar tersebut. Peserta didik menjelaskan apa yang mereka pikirkan, sebelum gambar tersebut diambil dan memprediksi apa yang mungkin akan terjadiswtelah itu, mereka harus menulis penjelasan mereka. Kemudian untuk penulisan kreatif. Peserta didik menuliskan peristiwa liar yang mereka pikir terjadi sebelum dan sesudahnya. Jual     Skill : Peserta didik menggunakan proses penulisan yang efektif untuk mempengaruhi.  Iklan bisa ditemukan dalam surat kabar, iklan surat kabar berbeda dari jenis iklan surat kabar biasanya dengan ukuran lebih besar dan memiliki gambar dan tulisan yang besar. Peserta didik diminta menemukan iklan yang menarik perhatiannya. Peserta didik menulis sebuah paragaf yang menyatakan apakah iklan tersebut bagus apa tidak. Bagaimana iklan itu menarik?. Apa yang harus diubah?. Untuk membuat iklan itu lebih baik, peserta didik diminta menciptakan iklan untuk menjual sesuatudi meja masing-masing.   Tanda Baca Gambar    Skill : Peserta didik memahami dengan benar oenggunaan tanda baca.  Peran dari sebuah foto terkadang seperti pesan dalam sebuah kalimat apakah peserta didik telah melihat surat kabar hari ini dan menemukan gambar yang subjeknya mewakili tanda baca (?), tanda seru (!), dan titik (.). sudahkah mereka memotong gambar tersebut dan menulis kalimat asli dari masing masing gambar dan menceritakan mengapa mereka memilihnya.   Rahasia Teman   Skill : Peserta didik merancang tulisan yang membawa keistimewaan atau kesempurnaan.  Ajak peserta didik berpura-pura, mereka memiliki teman rahasia di dalam kelas. Gunakan kata kata dari tajuk utama surat kabar untuk menciptakan pesan kepada ke,uarga sahabatnya. Peserta didik memotong kata kata itu dan menempel pesan tersebut diatas kertas, atau mereka bisa memilih kata kata dan dan menulis pesan pada kertas setelah itu mereka bisa memberikan pesan itu ke sahabatnya.  Mencari Kertas     Skill : Peserta didik secara efektif menepis dan memindai untuk mencari informasi.   Mintalah kepada peserta didik untuk menemukan masing masing kata yang mengikuti di surat kabar : 1)Seseorang yang mengenakan kacamata  2)Peta  3)Hewan  4)Daftar televise  5)Nama kota   6)Atlit  7)Kota aksi  8)Bintang televise  9)Kartun  10)Cerita tentang Negara lain 11)Surat pembaca  12)Review film atau iklan.    Mengadopsi Hewan Peliharaan    Skill : Peserta didik menggunakan strategi peulisan yang kreatif dan sesuai dengan tujuan tulisan.  Hewan peliharaan sering muncul di surat kabar. Terkadang ada berita hewan yang menyelamatkan pemiliknya. Seringkali hewan hewan tersebut ditemukan pada iklan. Setelah peserta didik mengklasifikasikan jenis iklan dan menemukan bagian hewan peliharaan. Suruh mereka membaca deskripsinya dan putuskan hewan mana yang sesuai dengan mereka. Mereka bisa menulis pendapat yang menyalahkan diikuti alas an mengapa mereka seharusnya memiliki hewan peliharaan tersebut.    Sesuatu yang Baik dan Baru     Skill : Peserta didik menulis ringkasan.  Berita seringkali mengenai masalah yang ada di dunia. Apakah ada berita baik ?.  Motivasi peserta didik untuk menemukan berita yang baik. Apa yang membuatnya menjadi berita baik ?. apakah ceritanya memiliki efek dalam kehidupan ?.  Peserta didik diminta menulis sebuah berita baik yang singkat dan membagi cerita itu dikelas.   Mempromosikan Film     Skill :   Peserta didik mengumpulkan informasi sebelum menulis dan menggunakan strategi menulis yang kreatif. Peserta didk diminta berimaginasi jika mereka adalah seorang promotor film dan tugas mereka adalah mengajak orang untuk datang menonton film mereka. Mereka bisa mencari di rubik hiburan pada surat kabar untuk salah satu film favorit. Peserta didik akan mendesain sebuah iklan yang akan mempromosikan film ini.   Pemain Komik   Skill : Peserta didik berbicara dengan memahami dan ditujukan untuk bermacam macam penonton atau tujuan termasuk presentasi informal.  Komik seperti drama mini, peserta didik dapat melatih membaca keras dengan ekspresi melalui dialog komik. Tetapkan bagian dan meminta peserta didik membaca keras potongan komik tersebut di kelasmu. Selamat bersenang senang dan motivasi peserta didik agar melakukannya dengan sungguh sungguh.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2021 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo