Ukur Kompetensi Baca Al-Qur’an Siswa, SMAMDA Adakan Ujian Diniyah

Fuad Syukri Zaen | 03 Juni 2023

Detail Berita:

Suasana khidmat terlihat di ruang-ruang kelas X dan XI SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo pada hari Senin (29/5) itu. Pasalnya, siswa-siswi kelas X dan XI sedang berkutat mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian diniyah. Diniyah sendiri adalah program perbaikan bacaan Al-Qur’an dan tahfidzul Qur’an yang telah diadakan SMAMDA dalam dua tahun terakhir. Dilaksanakan sejak tahun 2021, program diniyah telah membantu siswa-siswi untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an dan membantu menambah hafalan Al-Qur’an mereka serta sarana muroja’ah yang kontinu bagi siswa.

Pada tanggal 29 sampai 31 Mei 2023, SMAMDA mengadakan ujian diniyah untuk mengukur kompetensi siswa/siswi terkait kelancaran bacaan Al-Qur’an. Materi ujiannya antara lain adalah tajwid dan tahsin, sesuai yang diajarkan selama setahun terakhir. Tajwid meliputi hukum bacaan nun sukun, hukum mim sukun, qalqalah, dan mad. Sementara standar kelulusan untuk tahsin adalah kelancaran bacaan siswa dengan menerapkan hukum tajwid yang sudah dipelajari.

“Ujiannya oke, penguji juga memberi soal sesuai kemampuan siswa,” ujar Raffi dari kelas X-6, menuturkan pengalamannya mengikuti ujian diniyah.

Ujian diniyah ini dilaksanakan pada jam pembelajaran diniyah, yakni pukul 8.20 sampai 9.00 WIB untuk kelas X dan pukul 9.00 hingga 9.40 WIB untuk kelas XI.

Ustadzah Dita Nur, salah satu pengajar diniyah, menyampaikan bahwa ujian ini dapat membantu anak-anak membiasakan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai hukum tajwid dan menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur’an.

Selain membaca Al-Qur’an, diniyah juga menjadi program yang membantu siswa membiasakan diri shalat dhuha serta membaca doa-doa harian. Dengan begitu, siswa tidak hanya rajin membaca Al-Qur’an, tapi juga terbiasa mengamalkan sunnah.

Nantinya, nilai ujian dan nilai harian diniyah akan masuk ke rapor sehingga orang tua dapat memantau sampai mana kemampuan anak-anak setelah pembelajaran. Selain itu, sebagai pemacu semangat bagi siswa untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’annya masing-masing.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo