Awali Pembelajaran dengan Membaca Al.Qur.an, SMAMDA Cetak Generasi Berkarakter

Alfi F.D | 13 Maret 2023

Detail Berita:

Khusuk dan tenang, itulah yang dilakukan ketika murid-murid XII IPS 4 SMA Muhammadiyah (SMAMDA) mengawali pembelajaran dengan membaca Al.Qur.an. Senin, 27 Februari 2023.

Membaca Al.qur.an, merupakan kegiatan yang wajib dilakukan murid-murid SMAMDA sebelum belajar dimulai. Murid-murid membaca secara bersama-sama dipandu oleh guru di kelas yang mengajar di jam pertama. Hal tersebut dilakukan secara rutin, kurang lebih sepuluh ayat setiap harinya. Dengan harapan murid-murid selain lancar membaca Al.Qur.an, juga cinta dengan kitab yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW. 

Setelah berdoa bersama, kegiatan membaca Al.Qur.an dilakukan. “Surah apa yang dibaca hari ini?”, tanya guru Alfi Faridian kepada Rizki Fajar Putra Pamungkas sang ketua kelas. “Al-A’raf ayat 51 Bu,” Jawab Rizki panggilan akrabnya. Diawali dengan taawud, murid-murid serentak membaca dengan suara nyaring. 

Setelah  membaca Al.Qur.an, Bu Alfi mengingatkan kembali kepada murid-murid bahwa membaca ayat-ayat Allah SWT,  dapat mendatangkan kebaikan dan kemuliaan bagi umat Rasulullah, bahkan ketika pada hari kiamat nanti. Keutamaan membaca Al.Qur.an setiap hari ini ditegaskan dalam hadis yang menyatakan bahwa:
“Bacalah bait Al.Qur.an karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya.” (HR. Muslim)

Dalam visi SMAMDA tertuang kalimat “Menjadi Sekolah Unggul dan Berkarakter Berdasarkan Nilai - Nilai Islam”. Untuk mewujudkan itu, maka salah satu yang dibangun sekolah favorit ini adalah membudayakan membaca Al.Qur.an setiap hari. 

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo