Gambaran Umum


Gedung SMAMDA

 

SMAMDA Sidoarjo telah mengalami perjalanan panjang, berdiri tahun 1976 dengan 6 pendaftar di awal tahun pelajaran. Dengan berbekal disiplin yang tinggi serta pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan, menjadikan masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya semakin percaya kepada SMAMDA Sidoarjo. Kepercayaan ini berkembang terus hingga dalam 4 tahun terakhir jumlah peserta didik yang mendaftar jauh lebih banyak dari pada kuota yang disediakan, sehingga terjadi seleksi dalam PPDB. Kini jumlah peserta didik SMAMDA Sidoarjo sebanyak 1380 siswa dengan 40 rombongan belajar.


Sampai dengan usianya yang ke-39 SMAMDA Sidoarjo selalu berusaha melakukan pengembangan dan pembaharuan (develop and reform) di berbagai bidang, baik sarana prasarana, kurikulum pendidikan dan pembelajaran, sumber daya pelaksana maupun kultur yang dikembangkan di sekolah. Berbagai langkah riil yang dilakukan itu diarahkan untuk menjadikan SMAMDA Sidoarjo sebagai sekolah yang sebenarnya (SMAMDA the real school), yang membangun tradisi keilmuan dan spiritualitas keislaman, sehingga dapat mengantarkan civitas akademika (warga sekolah) menjadi manusia yang berkualitas unggul, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT., menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki kecakapan hidup (life skill) sekaligus mempunyai akhlaq yang luhur, santun, dan sholeh.

Dari usaha melakukan pengembangan dan pembaharuan (develop and reform) di berbagai bidang, pada tahun 2009 s/d 2012  SMAMDA Sidoarjo mendapat predikat RSBI dan pada tahun 2016 mendapatkan akreditasi A dengan nilai 93, selanjutnya tahun 2011 s/d 2017 tersertifikasi ISO 9001:2008 kemudian pada tahun 2017 s/d sekarang tersertifikasi ISO 9001:2015 oleh URS Indonesia. mendapat status baru sebagai The Outstanding School of Muhammadiyah, tahun 2012 mendapat Awarded to SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo In Recognation of High Quality Improvement Commitment Company dari House of Quality pada 1st Indonesia World-Class Quality Conference 2012. Tahun 2013 mendapat penghargaan Education & Educator Indonesia Award 2013 untuk kategori As The Best Educator & Education of The Year, Tahun 2015, 2016 ditunjuk sebagai sekolah Induk Cluster Implementasi K13 dan Tiga tahun terakhir yaitu pada tahun 2016, 2017 dan 2018 smamda sidoarjo ditunjuk sebagai sokolah rujukan dari kementerian pendidikan dan kebudayaan.


Sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, SMAMDA Sidoarjo telah mengembangkan jaringan kerjasama dengan lembaga-lembaga lain, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa sekolah di luar negeri yang melakukan kerjasama kemitraan dengan SMAMDA Sidoarjo ada di Thailand antara lain : Lopburi Vocational College of Thailand, Phetchabun Polytechnic College, Kunramwittaya School of Thailand, Phetchabun College of Agriculture and Tecnology.


Dalam proses pendidikan dan pembelajaran yang diselenggarakan, SMAMDA Sidoarjo mengembangkan pola pendidikan yang menyeluruh (holistic education), yaitu suatu pola pendidikan dan pembelajaran yang menumbuhkembangkan keseluruhan kecerdasan, meliputi kecerdasan spiritual (Spiritual Quotion), kecerdasan emosional (Emotional Quotion), kecerdasan ketangguhan (Adversity Quotion), dan kecerdasan intelektual (Intelectual Quotion), yang didukung oleh pendidik dan tenaga kependidikan yang mumpuni, sarana prasarana yang representative, dan lingkungan sekolah yang kondusif dan menyenangkan.




Guru dan Karyawan


Detail Guru   Detail Tendik

 

Gukar

Guru & Karyawan SMAMDA

A. Guru SMAMDA Sidoarjo 

Pada tahun ajaran 2021/2022 ini SMAMDA Sidoarjo memiliki 66 guru yang professional, terdiri dari 43 orang Guru Tetap Persyarikatan, 1 orang Guru DPK, dan 22 orang Guru Tidak Tetap. Kesemuanya telah memiliki kualifikasi akademik, berpendidikan strata satu (S1), strata dua (S2) dan (S3), lulusan dari Perguruan Tinggi Terakreditasi. Dari jumlah guru yang ada, terdapat 29 guru berpendidikan S-1 dan 36 guru berpendidikan S-2, 1 guru berpendidikan S3.

 

B. Karyawan SMAMDA Sidoarjo

Pada tahun ajaran 2021/2022 ini SMAMDA Sidoarjo memiliki 52 karyawan yang professional di bidangnya, terdiri dari 23 orang sebagai Karyawan Tetap Persyarikatan dan 29 orang sebagai Karyawan Tidak Tetap. Kesemuanya telah memiliki kualifikasi akademik. Dari jumlah karyawan yang ada, terdapat 2 karyawan berpendidikan sekolah dasar (SD), 20 karyawan berpendidikan sekolah menengah atas (SMA), 1 karyawan berpendidikan Diploma 1 (D1), 25 karyawan berpendidikan strata satu (S1) dan 4 karyawan berpendidikan strata dua (S2), lulusan dari Perguruan Tinggi Terakreditasi. Semua karyawan diberi tugas dan tanggung jawab sesuai dengan kompetensinya.


Sebagai upaya untuk menjaga stabilitas dan meningkatkan pelayanan kepada warga sekolah, maka setiap tahun SMAMDA Sidoarjo menambah/mengangkat Guru Tetap dan Karyawan Tetap . Guru dan Karyawan yang sudah mengabdi minimal 4 tahun dan memenuhi kriteria yang berlaku di SMAMDA Sidoarjo difasilitasi/dipromosikan untuk menjadi Guru dan Karyawan Tetap Persyarikatan, sehingga dapat memperkuat barisan pendidik dan tenaga kependidikan di SMAMDA, yang pada gilirannya mampu menjaga stabilitas dan meningkatkan dinamika SMAMDA Sidoarjo. Di samping itu SMAMDA Sidoarjo selalu mendorong kepada guru dan karyawan yang ada untuk meningkatkan kompetensi akademiknya dengan melanjutkan kuliah/studi lanjut di berbagai perguruan tinggi, untuk keperluan ini SMAMDA Sidoarjo juga memberikan bantuan pendidikan kepada guru dan karyawan yang melanjutkan studi.

Distribusi guru SMAMDA Sidoarjo diberi tugas mengajar sesuai dengan disiplin keilmuan dan statusnya diperlihatkan pada tabel di bawah ini.


Keadaan Guru SMAMDA Sidoarjo
Berdasarkan Status dan Tugas Mengajarnya

No Mata Pelajaran Jumlah Guru DPK GTP GTT
1 Al-Islam & Kemuhammadiyaan 5 1 2 2
2 Pendidikan Kewarganegaraan 3 0 0 3
3 Bahasa & Sastra Indonesia 6 0 5 1
4 Bahasa Inggris 4 0 0 4
5 Matematika 7 0 5 2
6 Fisika 3 0 3 0
7 Kimia 4 0 2 2
8 Biologi 3 0 2 1
9 Sejarah 4 0 2 2
10 Geografi 2 0 2 0
11 Ekonomi 3 0 2 1
12 Sosiologi 2 0 2 0
13 Seni Budaya 2 0 1 1
14 Penjas & Olahraga Kesehatan 4 0 3 1
15 Teknologi Informasi & Komunikasi 2 0 2 0
16 Bahasa Jepang 2 0 2 0
17 Bahasa Arab 2 0 2 0
18 Bahasa Jawa 1 0 0 1
19 Prakarya 3 0 2 1
20 Bimbingan Konseling 5 0 5 0

 




Performance


presentasi

Prestasi Siswa Nasional & Internasional

Performance SMAMDA Sidoarjo menggambarkan tampilan fisik sekolah serta perilaku segenap warga sekolah yang harus dilakukan untuk meraih cita-cita bersama, yang tercermin dalam pikiran, perasaan, sikap, dan tindakan dalam menjalankan tugas sehari-hari. Kinerja warga sekolah menggambarkan aktivitas warga sekolah (pendidik, tenaga kependidikan, dan siswa) yang merupakan cerminan dari performance SMAMDA.
Gambaran performance yang dibangun masing-masing unsur kelembagaan dan unsur pribadi, dirumuskan sbb:

A. Performance SMAMDA 
1. Sebagai kampus yang bersih, rapi, indah, aman, dan modern.
2. Terkesan dinamis yang dihuni oleh orang-orang .
3. Penghuninya menggambarkan orang-orang yang :
  a. Dekat kepada Allah, cinta sesama, dan peduli pada lingkungan.
  b. Cinta kepada Ilmu pengetahuan dan teknologi serta pendamba kebenaran.
  c. Mempunyai kinerja tinggi dan .
  d. Mempunyai semangat tinggi sebagai pelopor, pelangsung, dan penyempurna cita- cita   Muhammadiyah (P3M).
  e. Terpercaya dan menumbuhkan keteladanan bagi dunia pendidikan.
  f. Memiliki prasarana dan sarana pendidikan yang representatif dan modern.

B. Kelembagaan SMAMDA
1. Memiliki pendidik dan tenaga kependidikan yang handal dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pendidikan.
2. Mendorong kewibawaan akademik bagi lembaga dan warga sekolah.
3. Memiliki manajemen yang kokoh dan mampu menggerakkan segenap potensi sekolah (Human Resources & non Human Resources).
4. Memiliki kemampuan mengantisipasi masa depan dan proaktif.
5. Mengembangkan model kepemimpinan berparadigma TORSIE (Trust, Openness, Realization, Synergy, Interdependence, and Empowering).

C. Profil Pendidik SMAMDA Sidoarjo 
1. Selalu bersikap dan berperilaku sebagai muslim dan mukmin yang sebenarnya di mana dan kapan saja berada.
2. Memiliki wawasan keilmuan yang luas serta profesional dalam menjalankan tugas kependidikan.
3. Kreatif, dinamis, inovatif, mampu bernalar dan berpikir ilmiah.
4. Bersikap dan berperilaku jujur, amanah, berakhlak mulia sehingga menjadi contoh dan teladan bagi warga sekolah lainnya.
5. Berdisiplin tinggi dan selalu mematuhi kode etik profesi.
6. Berjuang dan bekerja didasari niat beribadah serta profesional dalam menjalankan tugas.
7. Berorientasi pada kualitas pelayanan.
8. Berwawasan luas dan selalu bijak dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah.
9. Memiliki kemampuan mengantisipasi masa depan dan proaktif.
10. Sabar, ramah, kooperatif, dan akomodatif.
11. Mendahulukan kepentingan lembaga dengan ikhlas di atas kepentingan pribadi.
12. Mengembangkan khusnudzon.
13. Mempunyai semangat tinggi sebagai pelopor, pelangsung, dan pe nyempurna cita-cita Muhammadiyah (P3M).

D. Profil Tenaga Kependidikan SMAMDA Sidoarjo 
1. Selalu bersikap dan berperilaku sebagai orang mukmin dan muslim yang sebenarnya di mana dan kapan saja berada.
2. Bersikap dan berperilaku jujur, amanah, disiplin, dan berakhlak mulia sehingga menjadi contoh dan teladan bagi warga sekolah lainnya.
3. Berjuang dan bekerja didasari niat beribadah serta profesional dalam menjalankan tugas.
4. Berorientasi pada kualitas pelayanan.
5. Cermat, cepat, tepat, dan efisien dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan tugas.
6. Sabar, ramah, kooperatif, dan akomodatif.
7. Mendahulukan kepentingan lembaga dengan ikhlas di atas kepentingan pribadi.
8. Mengembangkan khusnudzon.
9. Memiliki kesadaran dan kemauan untuk memerankan dirinya sebagai pelopor, pelangsung, dan penyempurna cita-cita perjuangan Muhammadiyah (P3M).

E. Profil Peserta Didik SMAMDA Sidoarjo 
1. Memiliki kemantapan aqidah, kedalaman spiritual, dan berakhlaq mulia.
2. Tertib beribadah dan belajar serta mampu membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik.
3. Berpenampilan secara wajar dan rapi.
4. Berdisiplin tinggi, jujur, dan percaya diri.
5. Mencintai ilmu pengetahuan.
6. Memiliki keberanian dan keterbukaan yang didasari akhlak mulia.
7. Mampu berkomunikasi dengan bahasa Arab/Inggris.
8. Mampu berkompetisi dengan siswa sekolah/lembaga lain dan berprestasi.
9. Memiliki keterampilan komputer yang baik.
10.Memiliki prestasi belajar (akademik) yang baik.
11.Memiliki prestasi dalam bidang non akademik yang baik.
12.Aktif dalam kegiatan IRM/HW/Tapak Suci dan ekstrakurikuler di sekolah/luar sekolah.

F. Profil Lulusan SMAMDA Sidoarjo 
Profil lulusan SMAMDA dititikberatkan pada 5 kualitas :
1. Kualitas Keislaman dan Kemuhammadiyahan: kekuatan aqidah, tertib dan benar dalam beribadah, fasih membaca Al-Qur’an, dan berakhlak mulia.
2. Kualitas Keindonesiaan : sikap kebangsaan dan nasionalisme yang tinggi
3. Kualitas Akademik : penguasaan ilmu, meningkatnya nilai akademik, banyaknya lulusan yang diterima pada PTN/PTS/PTM terkemuka
4. Kualitas Kebahasaan : memiliki keterampilan dasar/kecakapan berbahasa asing (Arab/Inggris/Jepang)
5. Kualitas keterampilan : terampil dalam memanfaatkan komputer dan internet.




Kurikulum dan Pembelajaran


 

SMA MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO SEBAGAI SEKOLAH PENGGERAK

Pada Juli 2021, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim,  mengeluarkan keputusan nomor 162/M/2021 tentang Program Sekolah Penggerak. Program Sekolah Penggerak (PSP) adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. PSP berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (Kepala Sekolah dan Guru). Pada tahun ajaran 2021/2022, Kemendikbud menargetkan 2500 sekolah dari 34 Provinsi dan 111 kabupaten/kota mulai jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SLB baik negeri maupun swasta.

Melalui serangkaian tahapan seleksi yang diikuti oleh Kepala SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, Ibu Wigatiningsih, M.Pd, akhirnya SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo ditetapkan oleh Kemendikbud sebagai sekolah pelaksana Program Sekolah Penggerak melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Nomor: 6555/C/HK.00/2021 tentang Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana Program Sekolah Penggerak.

SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo sejak tahun 2013 melaksanakan Kurikulum 2013. Karena sudah ditetapkan sebagai sekolah pelaksana Program Sekolah Penggerak, maka pada tahun ajaran 2021/2022, SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo harus melaksanakan kurikulum Program Sekolah Penggerak bagi siswa kelas X sedangkan kelas XI dan XII tetap melaksanakan Kurikulum 2013.

Pembelajaran di SMA Sekolah Penggerak tidak dipisah-pisahkan menurut program peminatan.     Di kelas X, seluruh peserta didik belajar mata pelajaran yang sama dengan di kelas IX. Di kelas XI dan XII, mereka memilih mata pelajaran sesuai minat (bukan memilih program peminatan), bakat, dan aspirasi masing-masing.

Beberapa perubahan terkait struktur mata pelajaran SMA Kelas 10

 

 

Beberapa perubahan terkait struktur mata pelajaran SMA Kelas 11 dan 12

 

Salah satu program Sekolah Penggerak adalah pembelajaran dengan paradigma baru yaitu pembelajaran yang berorientasi pada penguatan kompetensi dan pengembangan karakter yang sesuai nilai-nilai Pancasila, melalui kegiatan pembelajaran di dalam dan luar kelas. Pembelajaran dilakukan secara intrakurikuler dan kokurikuler.

Peserta didik yang masuk ke SMA Sekolah Penggerak, maka 20-30% dari pembelajaran berupa projek penguatan profil Pelajar Pancasila. Projek ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Pada pelaksanaannya, peserta didik memiliki kesempatan untuk mengupas isu penting dan melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar mereka. Ada 7 tema yang ditentukan Pemerintah untuk penguatan profil Pelajar Pancasila, yaitu:

1. Gaya Hidup Berkelanjutan                       5. Suara Demokrasi

2. Kearifan Lokal                                          6. Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI

3. Bhinneka Tunggal Ika                               7. Kewirausahaan

4. Bangunlah Jiwa dan Raganya

Setiap SMA Sekolah Penggerak dapat memilih 3 tema dalam satu tahun ajaran dan mengembangkan tema tersebut menjadi topik yang lebih spesifik dan kontekstual. Pada awal tahun ajaran 2021/2022 yaitu awal tahun ajaran baru hingga pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS),  tema yang diambil oleh SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo adalah Bhinneka Tunggal Ika dengan sub tema Bakti sosial.

Seluruh anggota Komite Pembelajaran telah mengikuti In House Training (IHT) tentang Kurikulum Sekolah Penggerak yang diadakan oleh Kemendikbud selama 10 hari. Setelah itu, anggota komite pembelajaran mendiseminasikan apa yang diperoleh selama mengikuti IHT dengan menjadi narasumber pada IHT sekolah yang diikuti oleh seluruh guru pengajar kelas X.




Organisasi dan Kepemimpinan


hw

Pelatihan Kepemimpinan

A. Organisasi SMAMDA Sidoarjo 

SMAMDA Sidoarjo sebagai Amal Usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan berada di bawah naungan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sidoarjo. Dalam pelaksanaannya di bawah tanggung jawab kepala sekolah dengan dibantu oleh 5 (lima) wakil kepala sekolah (urusan kurikulum, urusan kesiswaan, urusan sarana prasarana, urusan ISMUBA, dan urusan humas personalia); 2 (dua) kepala bagian (tata usaha dan keuangan); 11 (sebelas) kepala unit (perpustakaan, kalab. fisika, kalab. kimia, kalab. biologi, kalab. komputer, kalab. multimedia, kalab.bahasa, kalab. Ismuba, kalab. IPS, kanit ekstra kurikuler, kanit usaha); di samping itu juga dibantu oleh  wakil manajemen mutu, koordinator, wali kelas, guru, dan karyawan.

Secara organisatoris SMAMDA Sidoarjo ditata dalam struktur yang fungsional dan efektif dalam melaksanakan wewenang, tugas dan tanggung jawab dari bidang, bagian dan unit-unit yang ada. Struktur organisasi SMAMDA Sidoarjo selengkapnya sebagaimana tertera dalam lampiran 1.

B. Kepemimpinan SMAMDA Sidoarjo

Kepemimpinan SMAMDA Sidoarjo menggambarkan kepemimpinan bersama, bersifat kolektif kolegial, satu sama lain saling melengkapi dan menguatkan. Sebagai upaya untuk mewujudkan kesuksesan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab kepemimpinan, maka di SMAMDA Sidoarjo mengembangkan kepemimpinan berparadigma TORSIE (Trust, Openness, Realization, Synergy, Interdependence, and Empowering).

Trust atau kepercayaan, menggambarkan suasana kehidupan yang saling percaya antar warga sekolah, dalam hubungan vertikal maupun horisontal. Di antara sesama pimpinan saling percaya, sesame guru dan karyawan saling percaya, sesama siswa juga saling percaya; pimpinan dipercaya dan mempercayai bawahannya, bawahan mempercayai dan dapat dipercaya oleh pimpinan, guru dipercaya dan mempercayai siswa, dan seterusnya. Openness atau terbuka, dalam batas-batas kewajaran dan menyangkut kepentingan bersama atau kepentingan institusi, keterbukaan ditumbuhkembangkan, implikasinya setiap warga SMAMDA Sidoarjo harus siap menerima dan memberikan saran/kritik. Realization atau perwujudan, pelaksanaan, apa yang sudah disepakati dalam pembicaraaan apalagi sudah menjadi rumusan untuk dilaksanakan, semua warga sekolah berusaha dengan sungguh-sungguh untuk merealisaasikannya.

Sinergy atau kebersamaan, bahwa setiap orang yang terikat dan bekerja di SMAMDA harus mampu bekerja sama bukan sama-sama kerja, untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Interdependence atau ketergantungan, bahwa untuk bisa meraih sukses bersama, kita tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan diri sendiri atau bagian tertentu saja, kesuksesan diri kita juga bergantung pada orang lain, kesuksesan salah satu bagian juga bergantung pada bagian yang lainnya. Dan Empowering atau pemberdayaan, merupakan suatu usaha untuk melakukan pemberdayaan atas setiap warga atau bagian dari SMAMDA Sidoarjo. Jika masing-masing individu atau bagian betul-betul bisa diberdayakan maka akan lahir karya-karya baru yang kreatif dan inovatif yang menjadi kekuatan luar biasa bagi SMAMDA Sidoarjo, sehingga sangat bisa diandalkan untuk meraih kesuksesan nyata dan abadi.

Untuk membangun budaya TORSIE tidak cukup hanya dibicarakan dan diceramahkan, TORSIE itu bukan pengetahuan semata, ia bukan sesuatu yang diberikan atau diwariskan, ia bukan sesuatu yang sudah jadi, tetapi ia harus mempribadi pada setiap individu yang menjadi anggota /warga lembaga, ia harus lahir dari atas, tengah, dan bawah. Karena TORSIE itu harus mempribadi dan melembaga, maka untuk bisa mengarah ke sana masing-masing individu perlu difasilitasi dan dilatih untuk berproses secara bersama menemukan keseimbangan dan formulasi yang pas tentang TORSIE yang dimaksud.




Sambutan Kepala Sekolah


M. Zainul Arifin, S.Kom., M.M.

 

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Selamat datang di website resmi SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (SMAMDA Sidoarjo). Sebagai Kepala Sekolah, saya merasa sangat bangga dan bersyukur dapat berbagi kabar baik dengan Anda. Sekolah kami telah mencapai prestasi yang membanggakan dalam bidang pendidikan, dan kami ingin berbagi sejumlah pencapaian dan program unggulan yang telah membuat SMAMDA Sidoarjo menjadi tempat yang istimewa untuk belajar dan berkembang dalam menggapai cita-cita di masa depan.

SMAMDA Sidoarjo mendapat predikat "Outstanding School" dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur. Penghargaan ini adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi semua warga sekolah, mulai dari peserta didik, guru, karyawan, hingga wali peserta didik. Ini adalah pengakuan akan komitmen kami untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi dan menjadi panutan dalam dunia pendidikan. Pada tahun 2021, kami juga menjadi Sekolah Penggerak Angkatan Pertama, suatu prestasi yang memperlihatkan kemampuan kami dalam menginspirasi perubahan positif di dunia pendidikan. Kami terus berinovasi dan berusaha memberikan pendidikan yang relevan dan berkualitas tinggi bagi para peserta didik.

Selain prestasi di tingkat lembaga, SMAMDA Sidoarjo juga telah meraih berbagai prestasi akademik maupun non-akademik yang membanggakan. Prestasi-prestasi ini meliputi pencapaian ditingkat regional, nasional, bahkan internasional. Kami berkomitmen untuk terus memberikan dukungan dan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka.

SMAMDA Sidoarjo memiliki beragam program pendidikan yang dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan minat peserta didik. Beberapa di antaranya termasuk program reguler, program kerjasama antar Lembaga, program prestasi akademik dan non-akademik dan program Bidikmisi yang mendukung akses pendidikan bagi yang membutuhkan.

Saat ini SMAMDA Sidoarjo telah memiliki beberapa program unggulan :

  1. Boarding School sebuah program untuk membantu peserta didik agar berkembang secara holistik bidang IPTEK, Alqur’an dan As-Sunnah
  2. International Class sebuah program untuk mempersiapkan peserta didik siap bersaing di skala global dengan membangun kepercayaan dalam menggunakan Bahasa Inggris dengan baik dan lancar.
  3. Coding Class merupakan program pembelajaran yang membekali peserta didik untuk dapat memahami Bahasa Pemrograman, algoritma, struktur data, dan konsep-konsep lain yang berkaitan dengan pengembangan perangkat lunak Komputer.

Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan memberikan pengalaman belajar yang luar biasa bagi peserta didik. Kami mengundang Anda untuk menjelajahi website kami dan mengetahui lebih banyak tentang apa yang kami tawarkan di SMAMDA Sidoarjo. Terima kasih atas dukungannya, dan kami berharap dapat bekerja sama dalam proses menyiapkan masa depan cerah bagi generasi penerus pemimpin bangsa.

SMAMDA Do The Best

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepala SMAMDA Sidoarjo

M. Zainul Arifin, S.Kom., M.M.




Tata Krama


Tata Krama dan Tata Tertib 
Siswa SMAMDA Sidoarjo

Untuk menciptakan suasana yang kondusif dan menjaga keberlangsungan pendidikan dan pembelajaran di SMAMDA Sidoarjo, maka diterapkan tata krama dan tata tertib siswa SMAMDA Sidoarjo diatur dalam pasal-pasal di bawah ini:

Pasal 1 
Ketentuan Umum

1. Tatakrama dan tata tertib ini dibuat sebagai rambu-rambu bagi siswa ketika bersikap, berucap, dan bertingkah laku dalam melaksanakan kegiatan di sekolah, dalam rangka menciptakan iklim dan kultur sekolah yang dapat          menunjang kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang efektif.
2. Tatakrama dan tata tertib sekolah ini dibuat berdasarkan nilai-nilai Islam, yang meliputi : nilai keimanan dan ketakwaan, sopan santun pergaulan, kedisiplinan, dan nilai-nilai positif lainnya, yang mendukung kegiatan                      pendidikan dan pembelajaran yang efektif.
3. Setiap siswa wajib melaksanakan ketentuan yang tercantum dalam tatakrama dan tata tertib ini secara konsekuen dan penuh kesadaraan.

Pasal 2 
Pakaian Sekolah

1. Ketentuan Umum :

a. Sopan dan rapi berdasarkan ketentuan yang berlaku. 

b. Baju dan bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

c. Memakai bedge/bros SMAMDA lengkap dengan identitasnya.

d. Bersepatu dominan warna hitam dan memakai kaos kaki warna putih sampai di atas mata kaki.

e. Pakaian tidak terbuat dari kain yang tipis dan tembus pandang, tidak ketat dan tidak membentuk tubuh.

f. Pakaian tidak dicoret-coret, disobek, atau dijahit cutbrai.

g. Tidak mengenakan aksesoris / perhiasan yang tidak semestinya.

h. Seragam sekolah siswa : putih dan abu-abu, krem (seragam IPM), dan batik muhammadiyah.

i. Untuk kegiatan olah raga, siswa wajib mengenakan pakaian olah raga yang telah ditetapkan oleh sekolah.

j. Setiap hari sabtu siswa kelas X seragam batik bebas dengan bawahan warna gelap.

2. Khusus siswa laki-laki

a. Baju lengan pendek dan dimasukkan ke dalam celana, khusus untuk pakaian putih abu-abu memakai dasi.

b. Panjang baju sampai dengan pergelangan tangan dalam posisi berdiri tegak (sampai di bawah pantat).

c. Pemakaian seragam batik tidak dimasukkan dalam celana

d. Panjang celana sampai di bawah mata kaki.

e. Celana dan lengan baju tidak dilipat/ digulung.

f. Celana tidak disobek, tidak dijahit cutbrai atau pensil.

g. Memakai ikat pinggang berwarna hitam dengan gasper sesuai lebar sabuk.

3. Khusus siswa Perempuan

a. Baju lengan panjang dan tidak dimasukkan ke dalam rok
b. Panjang baju sampai dengan pergelangan tangan dalam posisi berdiri tegak (sampai di bawah pantat).
c. Panjang rok sampai di bawah mata kaki
d. Jilbab sesuai dengan warna baju yang sudah ditentukan oleh sekolah
e. Lengan baju tidak dilipat / digulung
f. Model seragam sesuai dengan ketentuan sekolah ( rok lipit turun pinggang)
g. Memakai ikat pinggang berwarna hitam dengan gasper sesuai lebar sabuk.

Pasal 3 
Rambut, Kuku, Tato, Make Up, dan Aksesoris

1. Khusus untuk siswa laki-laki, dilarang :

a. Berambut panjang, bercukur gundul, rambut berkuncir, dan mengecat rambut.
b. Memotong rambut tidak standar pelajar (modif)

2. Khusus siswa perempuan dilarang :

a. Mencukur alis.
b. bermake up kecuali bedak.

3. Siswa dilarang :

a. Berkuku panjang
b. Mewarnai kuku
c. bertato (permanen atau tidak permanen/henna/body painting) memakai kalung/anting/gelang atau asesoris lainnya selain bros SMAMDA.
e. memakai softlens kecuali siswa yang mengalami gangguan penglihatan

Pasal 4 
Masuk dan Pulang Sekolah

1. Jam masuk sekolah pukul 06.30 WIB. 
2. Siswa wajib melakukan finger print datang di sekolah paling lambat pukul 06.35 wib.
3. Siswa wajib melakukan finger print pulang paling lambat pukul 16.00 wib .
4. Selama pelajaran berlangsung dan pada pergantian jam pelajaran, siswa dilarang berada di luar kelas, kecuali seizin guru.
5. Pada waktu istirahat kedua, siswa wajib mengikuti sholat Dhuhur berjamaah di masjid dan pembinaan keputrian bagi siswi tidak shalat.
6. Pada waktu guru berhalangan hadir, pengurus kelas atau piket kelas wajib lapor kepada guru piket atau wakasek kurikulum.
7. Selama jam sekolah, siswa tidak diperkenankan keluar dari halaman sekolah dan menerima tamu luar tanpa seizin guru piket atau tim ketertiban.
8. Siswa yang akan meninggalkan sekolah pada waktu KBM karena kepentingan keluarga, diwajibkan minta ijin tim ketertiban dengan pemberitahuan dari pihak keluarga siswa terlebih dulu.
9. Siswa yang akan meninggalkan sekolah karena tugas sekolah atau kondisi tertentu wajib lapor ke piket dan memeroleh ijin meninggalkan pelajaran/ sekolah dari waka kurikulum atau kesiswaan.
10. Siswa yang sudah selesai mengikuti KBM diperbolehkan melakukan kegiatan di lingkungan sekolah hingga pukul 16.30 WIB.
11. Siswa diperbolehkan melakukan kegiatan di lingkungan sekolah lebih dari pukul 16.30 dengan persetujuan wali kelas atau waka kesiswaan.

Pasal 5 
Keterlambatan Siswa

1. Siswa diberikan toleransi keterlambatan maksimal 5 menit.
2. Semua bentuk keterlambatan direkap dan diperhitungkan ke dalam penilaian sikap.
3. Siswa yang terlambat hadir tidak diperkenankan masuk kelas sampai jam pertama untuk dilakukan pembinaan.
4. Siswa yang terlambat 4 (empat) kali atau lebih dalam seminggu, maka orang tua/wali siswa yang bersangkutan akan diundang ke sekolah.

Pasal 6 
Absensi

1. Siswa yang berhalangan masuk sekolah wajib memberitahukan ke sekolah melalui surat atau sms ke sekolah (SMAMDA Centre dengan nomor 0318921591/082245911666).
2. Siswa yang tidak hadir ke sekolah lebih dari 2 hari berturut-turut karena sakit, harus membawa surat keterangan dokter.
3. Siswa yang tidak hadir ke sekolah lebih dari 2 hari berturut-turut karena kepentingan keluarga, terlebih dulu wali murid mengurus izin ke sekolah.
4. Siswa yang tidak hadir ke sekolah lebih dari 2 hari berturut-turut karena melaksanakan tugas sekolah, siswa mendapat surat rekomendasi sekolah dan izin meninggalkan pelajaran (diserahkan kepada guru mapel dan wali          kelas).
5. Jika dalam seminggu siswa tidak hadir lebih dari 2 hari, maka orang tua/wali siswa diundang ke sekolah untuk berkonsultasi dengan wali kelas dan BK.
6. Jika siswa tidak bisa menunjukkan surat keterangan dokter atau tidak menghadirkan orang tua/wali, siswa dianggap absen (alpa).

Pasal 7 
Kebersihan, Kedisiplinan, dan Ketertiban

1. Setiap kelas harus dalam kondisi bersih dan rapi.
2. Setiap tim piket kelas yang bertugas hendaknya menyiapkan dan memelihara perlengkapan kelas, terdiri atas :
    a. Penghapus papan tulis, penggaris dan spidol white board.
    b. Taplak meja dan bunga.
    c. Sapu, sulak dan tempat sampah.
3. Tim piket kelas mempunyai tugas :
    a. Membersihkan lantai dan dinding serta merapikan bangku-bangku dan meja sebelum pelajaran jam pertama dimulai
    b. Mempersiapkan sarana pembelajaran, misalnya : menyiapkan spidol, membersihkan papan tulis, dll.
4. Pengurus kelas mempunyai tugas :
    a. Menyusun daftar piket kelas
    b. Memimpin dan menggerakkan siswa untuk menjaga kebersihan dan ketertiban kelas
    c. Melengkapi dan merapikan hiasan dinding kelas, seperti bagan struktur organisasi kelas, jadwal piket, papan absensi, dll.
    d. Melengkapi meja guru dengan taplak dan hiasan bunga.
    e. Menulis papan absensi kelas.
    f.  Melaporkan kepada guru piket tentang tindakan-tindakan pelanggaran di kelas yang ( menyangkut kebersihan dan ketertiban kelas). Misalnya : corat-coret, berbuat gaduh (ramai) atau merusak benda-benda yang ada di              dalam kelas, dan sebagainya
5. Setiap siswa membiasakan diri untuk menjaga kebersihan kamar mandi/toilet, halaman sekolah, kebun sekolah dan lingkungan sekolah.
6. Setiap siswa membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempat yang telah ditentukan.
7. Setiap siswa membiasakan budaya antri dalam mengikuti berbagai kegiatan di sekolah dan di luar sekolah yang berlangsung bersama.
8. Setiap siswa menjaga suasana ketenangan belajar, baik di kelas, perpustakaan, laboratorium maupun di tempat lain di lingkungan sekolah.
9. Setiap siswa menaati jadwal kegiatan sekolah, seperti penggunaan dan peminjaman buku di perpustakaan, penggunaan laboratorium dan sumber belajar lainnya.
10. Setiap siswa menyelesaikan tugas yang diberikan sekolah sesuai ketentuan yang berlaku.
11. Setiap siswa wajib mematikan Hand Phone (HP) pada saat guru mengajar, kecuali diminta oleh guru dan berkaitan dengan kegiatan pembelajaran

Pasal 8 
Sopan Santun Dalam Pergaulan

1. Mengucapkan salam, baik antar sesama teman maupun dengan kepala sekolah, guru, karyawan, dan tamu.
2. Saling menghormati dan menghargai perbedaan, serta bergaul dengan baik dengan siapapun, di sekolah maupun di luar sekolah.
3. Menghormati ide, pikiran dan pendapat, hak cipta orang lain dan hak milik teman atau warga sekolah.
4. Berani menyampaikan kebenaran dalam segala hal.
5. Menyampaikan pendapat secara sopan tanpa menyinggung perasaan orang lain.
6. Membiasakan diri dapat mengucapkan terima kasih jika memeroleh bantuan atau jasa orang lain.
7. Berani mengakui kesalahan yang dilakukan dan meminta maaf.
8. Menggunakan bahasa dan tindakan yang sopan dan beradab (tidak berkata kotor, kasar, mencaci, pornografi, dan pornoaksi).

Pasal 9 
Upacara Bendera dan Hari-Hari Besar

1. Upacara Bendera
    Setiap siswa wajib mengikuti upacara bendera dan berpakaian seragam sekolah secara lengkap. Jadwal upacara diatur sebagai berikut :
     a. Kelas X : pada tanggal 1 (menyesuaikan) setiap bulan dan pembukaan tahun pelajaran baru
     b. Kelas XI : pada tanggal 17 (menyesuaikan) setiap bulan dan pembukaan tahun pelajaran baru
     c. Kelas XII : pada pembukaan tahun pelajaran baru
2. Peringatan Hari-hari besar:
     a. Setiap siswa wajib mengikuti upacara bendera peringatan hari-hari besar nasional sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
     b. Setiap siswa wajib mengikuti peringatan hari-hari besar Islam dan Milad Muhammadiyah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pasal 10 
Kegiatan Keagamaan

1. Setiap siswa wajib mengikuti program pembinaan shalat dan baca tulis al-Quran (bagi yang belum bisa).
2. Setiap siswa wajib menjalankan sholat dzuhur, ashar dan sholat jum'at secara berjamaah di sekolah (sesuai dengan waktu yang ditetapkan sekolah).
3. Setiap siswa wajib mengikuti pengajian yang diselenggarakan oleh sekolah atau PDM di Masjid Annur secara bergiliran.
4. Setiap siswa wajib mengikuti perkaderan Baitul Arqom (untuk siswa kelas X), Darul Arqom (untuk siswa kelas XI) dan Malam Taqarrub (untuk kelas XII) di sekolah.
5. Siswa putri yang berhalangan sholat, wajib absen dan mengikuti pembinaan keputrian oleh tim ismuba

Pasal 11 
Kegiatan Keorganisasian dan Ekstrakurikuler

1. Setiap siswa kelas X wajib mengikuti satu macam kegiatan keorganisasian dan ekstrakurikuler ( wajib : IPM, HW, atau Tapak Suci dan ekstrakurikuler pilihan)
2. Siswa kelas XI wajib mengikuti minimal satu macam kegiatan ekstrakurikuler.
3. Kegiatan ekstrakurikuler diselenggarakan setiap hari sabtu, sesuai dengan jadwal.
4. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang tidak mungkin dilaksanakan hari sabtu (jenis ekstra kurikuler dan waktu pelaksanaannya) ,dilaksanakan pada hari efektif di luar proses KBM di sekolah.
5. Lama kegiatan ekstrakurikuler 90 menit, kecuali untuk persiapan kompetisi atau pementasan.

Pasal 12 
Larangan - Larangan

Dalam kegiatan sehari-hari di sekolah, setiap siswa dilarang :

1. Membawa rokok dan atau merokok, membawa dan atau minum miras, membawa dan atau mengedarkan atau mengonsumsi narkotika, obat psikotropika, dan obat-obat terlarang lainnya .
2. Berduaan (laki-perempuan) di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah, yang tidak sesuai dengan syariat Islam.
3. Berkelahi, baik perorangan maupun kelompok, di sekolah maupun di luar sekolah.
4. Membuang sampah tidak pada tempatnya.
5. Mencoret dinding bangunan, pagar sekolah, perabot dan peralatan sekolah lainnya.
6. Berbicara kotor, mengumpat, menggunjing, menghina atau menyapa antar sesama siswa/ warga sekolah dengan kata sapaan atau panggilan yang tidak senonoh.
7. Membawa barang yang tidak ada hubungannya dengan kepentingan sekolah, seperti senjata tajam atau alat-alat lain yang membahayakan keselamtan orang lain.
8. Membawa, membaca atau mengedarkan bacaan, gambar, sketsa, audio atau video pornografi dan pornoaksi.
9. Membawa kartu dan bermain judi di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.
10. Mengaktifkan Handphone (HP), Laptop, atau sejenisnya (yang tidak ada hubungannya dengan pelajaran) pada saat pelajaran sedang berlangsung atau pada saat mendengarkan khotbah dan sholat di Masjid.
11. Memakai seragam sekolah tidak sesuai dengan ketentuan.
12. Menggunakan jaket atau pakaian yang dapat menutupi identitas siswa di kelas dan halaman dalam SMAMDA.
13. Jenis-jenis pelanggaran yang tertera dalam pasal 13 (secara lengkap dapat dibaca pada pasal tersebut).

Pasal 13 
Sanksi Pelanggaran Tata Tertib

Dalam kegiatan sehari-hari di sekolah, setiap siswa dilarang :

1. Peringatan lisan berdasarkan jumlah point.
2. Pemanggilan orang tua/wali siswa berdasarkan jumlah point.

Bobot point dihitung dan diberlakukan selama yang bersangkutan menjadi siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, sebagai berikut :
 

No Poin Sanksi
1 6 - 10 Peringatan lisan oleh wali kelas dan tercatat
2 11 - 30 Peringatan tertulis (Pemanggilan orang tua/wali siswa)
3 31 - 50 Pernyataan diatas kertas bermaterai.Memanggil orang tua/wali siswa.
4 51 - 70 Pernyataan diatas kertas bermeterai.Memanggil orang tua/wali siswa. Skorsing selama 3 hari dengan tugas.
5 71 - 90 Pernyataan diatas kertas bermeterai.Memanggil orang tua/wali siswa.Skorsing selama 6 hari dengan tugas.
6 91 - 99 Peringatan keras tertulis dari sekolah yang bisa berakibat dikembalikan kepada orang tua
7 100 Dikembalikan kepada orang tua/wali.

Pasal 14 
Poin Pelanggaran

A. KEHADIRAN
Jenis Pelanggaran Poin
1 Terlambat hadir 15 Menit dari jam 06.30 WIB. 6
2 Terlambat Hadir 30 menit dari jam 06.30 WIB. 1
3 Terlambat Hadir 45 Menit dari Jam 06.30 WIB. 2
4 Tidak masuk tanpa keterangan. 4
5 Tidak masuk dengan keterangan palsu. 8
6 Meninggalkan sekolah sebelum jam pelajaran berakhir tanpa izin 10
B. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Jenis Pelanggaran Poin
1 Tidak mengikuti pelajaran / meninggalkan jam pelajaran tanpa izin. 8
2 Tidur saat pelajaran. 2
3 Membuat gaduh saat pelajaran berlangsung 2
4 Makan saat pelajaran berlangsung sehingga mengganggu pelajaran. 5
5 Mengaktifkan Handphone atau media elektronik lain pada waktu pelajaran, kecuali diizinkan guru 5
6 Tidak mengikuti kegiatan ekstra kurikuler dan praktikum tanpa keterangan. 5
C. PAKAIAN SERAGAM/KERAPIAN
Jenis Pelanggaran Poin
Siswa Putri
1 Memakai seragam (baju, rok, kerudung) tidak sesuai dengan ketentuan sekolah. 6
2 Kuku panjang / kuku dicat 2
3 Rambut terurai sehingga keluar dari jilbab. 2
4 Memakai make-up yang berlebihan / mencukur alis 6
Siswa Putra
5 Memakai seragam (baju, celana) tidak sesuai dengan ketentuan sekolah. 5
6 Rambut dipotong tidak mengikuti standar pelajar. 6
7 Rambut menutupi alis mata dan tengkuk serta telinga. 6
Siswa Putra-Putri
8 Tidak memakai pakaian dalam / kaos dalam. 5
9 Tidak memakai seragam olahraga saat pelajaran olahraga. 6
10 Memakai sandal/sepatu sandal/selop (tidak bersepatu) di sekolah kecuali saat sholat di masjid 6
11 Tas/buku ditulisi/digambari dengan tulisan/ gambar-gambar yang tidak etis. 6
12 Rambut dicat. 6
13 Anggota bagian tubuh tertentu ditindik 6
14 Bertatto permanen 6
15 Bertatto tidak permanen 6
16 Memakai aksesoris yang tidak dibenarkan 6
17 Menulis atau menggambar pada seragam sekolah 6
D. SIKAP DAN PERILAKU
Jenis Pelanggaran Poin
1 Berkata bohong , kotor, dan mengumpat. 5
2 Mencuri 30
3 Merusak/menghilangkan barang milik teman, Guru, Karyawan, Kepala Sekolah, dan fasilitas sekolah. 30
4 Berkelahi (memukul atau mengeroyok) atau membuat keributan dan kekacauan di sekolah atau di luar sekolah. 50
5 Membawa, mengedarkan, memperjualbelikan, dan mengonsumsi rokok. 30
6 Membawa, mengedarkan, memperjualbelikan, dan mengonsumsi miras 40
7 Membawa, mengedarkan, memperjualbelikan, dan mengonsumsi narkoba 60
8 Menyimpan, membawa, mengedarkan, memperjualbelikan, dan mempertontonkan barang / media elektronik yang mengandung unsur pornografi. 30
9 Memalak, mengompas, dan memeras di lingkungan sekolah. 50
10 Makan dan minum di kantin tidak membayar. 25
11 Membawa benda tajam, buku bacaan, VCD, petasan atau bahan peledak dan barang-barang lainnya yang bertentangan dengan pendidikan. 30
12 Membuang sampah tidak pada tempatnya. 6
13 Memprovokasi berbuat negatif. 15
14 Melakukan pelecehan seksual.. 50
15 Pacaran (berpegangan tangan,berpelukan, ciuman, berduaan dengan lawan jenis , dll) di dalam atau di luar sekolah 30
16 Membawa sepeda motor yang tidak memenuhi standar. 25
17 Berbuat asusila (berzina) saat menjadi siswa. 95
18 Berbuat asusila (berzina dan hamil/menghamili) saat menjadi siswa 100
19 Mengotori atau mencoret-coret fasilitas sekolah, menulisi dengan kata-kata yang tidak etis. 20
20 Memalsu tanda tangan guru atau pimpinan sekolah 30
21 Memalsu tanda tangan orang lain 25
22 Menjadi salah satu anggota gank atau simpatisan di dalam maupun di luar sekolah 30
23 Menghina guru atau pimpinan sekolah dengan lisan maupun tulisan 50
24 Menghina karyawan dengan lisan maupun tulisan 30
25 Merusak nama baik sekolah 75
E. KEGIATAN KEAGAMAAN
Jenis Pelanggaran Poin
1 Tidak mengikuti jamaah sholat, sholat Jum'at, atau pembinaan siswi yang berhalangan sholat 10
2 Tidak mengikuti pengajian di sekolah. 10
3 Tidak mengikuti kegiatan Baitul atau Darul Arqom saat Romadhon. 10
4 Tidak membawa Al Quran atau tidak tadarus pada jam pertama. 2
F. PENIPUAN,PEMALSUAN, DAN PENYALAHGUNAAN
Jenis Pelanggaran Poin
1 Melakukan segala macam bentuk penipuan di sekolah 30
2 Memalsukan dokumen-dokumen penting di sekolah 30
3 Menyalahgunakan dokumen-dokumen penting di sekolah 30
4 Menyalahgunakan uang SPP dan beasiswa sekolah untuk kepentingan lain 30
5 Menyalahgunakan fungsi jejaring sosial 25

Pasal 15 
Prosedur Keikutsertaan Siswa dalam Lomba/Kegiatan Eksternal

1. Sekolah menyeleksi siswa-siswa yang akan mengikuti kompetisi / olimpiade / kegiatan eksternal berdasarkan surat yang sudah didisposisikan oleh Kepala Sekolah.
2. Siswa yang berminat mengikuti kompetisi/ olimpiade/ kegiatan eksternal, terlebih dahulu berkonsultasi kepada wakasek kesiswaan (lisan) atau memberikan surat /pengumuman tentang kompetisi/olimpiade/kegiatan eksternal      yang akan diikuti kepada sekolah.
3. Sekolah memberikan surat rekomendasi keikutsertaan siswa pada kompetisi/olimpiade/ kegiatan eksternal.
4. Prestasi yang diraih siswa akan dimasukkan dalam daftar prestasi siswa SMAMDA dan berhak mendapatkan penghargaan dari sekolah.

Pasal 16 
Penghargaan atas Prestasi Siswa

1. Siswa yang meraih prestasi dalam kompetisi atau olimpiade akan mendapatkan penghargaan dari sekolah berupa beasiswa tunai.
2. Besarnya jumlah beasiswa tunai disesuaikan dengan ketentuan sekolah berdasarkan jenjang, dan lembaga penyelenggaranya.
3. Penghargaan atas prestasi siswa yang diberikan sekolah didasarkan pada pasal 15.

Pasal 17 
Aturan Tambahan

Hal-hal yang tidak tercantum dalam tatakrama dan tata tertib ini akan diputuskan lebih lanjut dan disosialisasikan kemudian

Pasal 18 
Penutup

1. Tatakrama dan tata tertib di lingkungan ini mengikat siswa selama menjadi siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo.
2. Tatakrama dan tata tertib ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan.

 

Sidoarjo, 16 Juli 2018

Kepala sekolah

            Ttd

 

Wigatiningsih, M.Pd




Visi dan MISI


WAKA

SMAMDA Sidoarjo

 

Visi dan Misi : 

Menjadi Sekolah Unggul dan Berkarakter Berdasarkan Nilai - Nilai Islam

 

Deskripsi Visi: 

• Unggul:

     1. Ungul dalam penguasan IPTEKS, Berprestasi Tingkat Nasional dan Internasional.
     2. Pengakuan Tingkat ASEAN tahun 2036.

• Berkarakter: Berwatak dan berkepribadian, berpikir dan berperilaku, mampu mengambil keputusan terbaik, dan bertanggung jawab.

• Nilai-nilai Islam: Nilai-nilai yang bersumber dari al-Quran dan al-Hadis serta nilai-nilai di Persyarikatan Muhammadiyah yang mendasari semua proses yang berlangsung di sekolah.

 

Misi SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo :
    Berdasarkan visi dan deskripsi visi di atas, maka misi pendidikan di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo dirumuskan sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran holistic berdasarkan nila-nilai Islam. 
  2. Meningkatkan Budaya Islami dan Spirit Bermuhammadiyah.
  3. Meningkatkan tata kelola kelembagaan yang profesional berdasarkan nilai-nilai Islam.
  4. Meningkatkan pembinaan prestasi akademik dan non akademik.
  5. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga lain di dalam dan luar negeri

Tujuan Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo : 

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai IPTEKS dan berkarakter berdasarkan nilai-nilai Islam. 
  2. Mewujudkan sekolah berkarakter berdasarkan nilai-nilai Islam dan Spirit Bermuhammadiyah.
  3. Mewujudkan kemandirian sekolah dengan tata kelola yang profesional berdasarkan nilai-nilai Islam.
  4. Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik guru, tenaga kependidikan, dan siswa.
  5. Meningkatkan jaringan kerjasama antar sekolah dan lembaga lain di dalam dan luar negeri.
     

Sasaran : 

  1. Peningkatan karakter dan kemampuan siswa dalam penguasaan IPTEKS berdasarkan nilai-nilai Islam. 
  2. Peningkatan etos kerja dan integritas sekolah sesuai dengan nilai-nilai al-Islam dan Spirit Bermuhammadiyah.
  3. Penguatan tata kelola kelembagaan secara profesional berdasarkan nilai-nilai islam.
  4. Peningkatan kemampuan guru, tenaga kependidikan, dan siswa dalam pencapaian prestai tingkat nasional dan internasional.
  5. Pengikatan dan perluasan kerjasa dnegan lembaga lain di dalam dan luar negeri yang saling menguntungkan.



Core value





Hymne & Brand Logo


LOGO

HYMNE

LIHAT DENGAR WAHAI SEMUA
NAMPAK SEKOLAH NAN MEGAH
PRESTASI BELAJAR DAN MENGAJAR
BERASASKAN ISLAMNYA
GURU - GURUNYA SISWA – SISWINYA
SUNGGUH BERAKHLAK MULIA
CERDAS DAN SANTUN
TAQWA BERIMAN
SMA MUHAMMADIYAH 2
SIDOARJO
JAYA SELAMANYA...

(Drs. Juliarto Joedi Wahjono – 2008)

 

 




Sambutan Ketua Komite Sekolah


dr. Tjatur Prijambodo, M.Kes

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ

Syukur alhamdulillah atas segala nikmat, karunia dan hidayah Alloh SWT, Tuhan semesta alam, kita semua dapat menjalankan tugas kehidupan dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat serta salam senantiasa selalu kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW. sebagai nabi penutup zaman, pembawa risalah Islam dan suri teladan umat manusia.

Pendidikan berperan penting dalam pembangunan peradaban manusia, berbagai percepatan dan kemajuan disegala bidang tidak lepas dari upaya-upaya serius dalam mengelola pendidikan. Sekolah sangat membutuhkan peran dan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak demi percepatan dan kemajuan, termasuk di dalamnya adalah orang tua, masyarakat, dan institusi atau lembaga lain di dalam maupun di luar negeri.

Selain sebagai sarana komunikasi, komite sekolah diharapkan mampu bersinergi dengan baik demi kemajuan SMAMDA yang kita cintai bersama. Oleh karena itu kami mohon dukungan bapak / ibu / saudara dalam menjalankan amanah sebagai Komite Sekolah. Semoga dalam menjalankan tugas mulia ini, kami mampu memberikan manfaat dan mecerahkan. Sehingga banyak pihak yang dapat merasakan peningkatan dan kemajuan secara komprehensif.

Sebagai penutup kami sampaikan terima kasih kepada bapak / ibu / saudara yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk membuat program-program kedepan, dan mohon maaf atas segala khilaf. Saran dan kritik yang bersifat membangun dengan senang hati akan kami terima. 

نَصْرٌ مِّنَ ٱللَّهِ وَفَتْحٌ قَرِيبٌ ۗ وَبَشِّرِ ٱلْمُؤْمِنِينَ
 

 Wassalamu’alaikum.w.w

 

 

Kontak : komite@smamda.sch.id




Sambutan Ketua Ikatan Alumni


Ketua Ikatan Alumni Smamda, Ahmad Riyadh

Ahmad Riyadh UB, Ph.D.

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

   Saya Ahmad Riyadh alumni SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo tahun 1989. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Suatu kehormatan yang luar biasa bisa menjadi salah satu alumni dari almamater tercinta kita, SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo.

   SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo dengan jargonnya Smamda The Real School memberikan bekal keilmuan dan spiritualitas keislaman sehingga dapat mengantarkan civitas akademika menjadi manusia yang berkualitas unggul yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki kecakapan atau life skill sekaligus mempunyai akhlak yang luhur santun dan sholeh.

   Saya turut berbangga juga atas segala prestasi pencapaian almamater tercinta kita SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, di antara lain tahun 2009 Smamda Sidoarjo mendapat predikat RSBI, tersertifikasi ISO 9001:2008, mendapat penghargaan status baru sebagai The Outstanding School of Muhammadiyah, dan masih sangat banyak penghargaan besar lainnya.

 

Detail Alumni




Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo