RESUME WEBINAR PENCERAHAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN Oleh Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si.

Chasiliriza Nufiansyah Yanuri, S.Pd. | 25 November 2021

Detail literasi:

Nama Guru: Chasiliriza Nufiansyah Yanuri, S.Pd.

  1. Menyegarkan kembali pemahaman keislaman dan kemuhammadiyahan yang mendalam, meluas, dan berarti bagi semesta.
  2. Tujuan berislam adalah meraih kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan akhirat.
  3. Islam mengandung ajaran tentang syahadat, menegakkan salat, memberikan zakat, berpuasa di bulan ramadan, dan menunaikan ibadah haji bagi yang mampu.
  4. Islam, Iman, dan Ihsan saling berkaitan. Di dalam tauhid terdapat seluruh dimensi iman, taqwa, ihsan bahkan dimensi amal. Tauhid adalah mengesakan Allah.
  5. Salat menjadikan kita dekat dengan Allah. Selain itu salat mampu menjadikan kita saleh, selalu berbuat baik, dan selalu menghindar untuk berbuat buruk.
  6. Dimensi rukun Islam harus diwujudkan dalam kehidupan kita sehari-hari.
  7. Zakat membersihkan jiwa dan harta kita.
  8. Amal jariyah bukan hanya untuk orang lain tetapi pada hakikatnya kembali kepada diri kita sendiri.
  9. Ajaran Islam harus kita internalisasikan kepada diri kita sendiri dulu baru kemudian kita dakwahkan kepada orang lain.
  10. Para guru dan pimpinan sekolah harus terus memahami Islam secara luas, mendalam, dan holistik integratif. Jangan mudah mengutip hadist tanpa memahami substansinya.
  11. Belajar Islam harus dari mereka yang memahaminya agar pemahaman keislaman kita tidak dangkal, jumud, dan menjadi masalah dalam kehidupan.
  12. Semakin tinggi pemahaman keislaman kita harusnya membuat diri kita semakin menjadi uswatun hasanah bagi orang lain.
  13. Yang paling penting dari pemahaman keislaman adalah pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari.
  14. Ada tiga diksi dalam UUD 1945 yaitu: iman dan taqwa, akhlak mulia, dan nilai agama. Maka pendidikan nasional Indonesia tidak boleh keluar dari ketiga prinsip dasar tersebut. Jika pendidikan diarahkan pada pandangan sekuler maka kita melanggar institusi.
  15. Dengan berislam kita wujudkan peradaban yang mulia di lingkungan pendidikan muhammadiyah, bangsa dan negara, dan dunia dalam relasi kemanusiaan semesta.
  16. Islam hadir selain menyempurnakan akhlak juga menjadi rahmat bagi semesta.
  17. Guru harus menjadi teladan dan penyebar akhlak mulia.
  18. Berdebatlah secara ihsan.
  19. Lembaga pendidikan muhammadiyah lahir dari inspirasi Islam.
  20. Ciri khas pendidikan muhammadiyah adalah watak pemikiran dan lembaga muhammadiyah bercorak Islam modern yang holistik integratf dan dikelola secara kelembagaan.
  21. Nilai Islam dalam lembaga pendidikan muhammadiyah harus memancarkan nilai-nilai Islam.
  22. Lembaga pendidikan muhammadiyah harus menjadi teladan dan menebar rahmat bagi semesta alam.

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo