Peserta pelatihan ISO 21001:2018 berfoto bersama Hana Catur Wahyuni, narasumber kegiatan tersebut di Auditorium Nyai Walidah, Jumat (30/8/2024). (Dian Arif Fajar/smamda.sch.id ) Peserta pelatihan ISO 21001:2018 berfoto bersama Hana Catur Wahyuni, narasumber kegiatan tersebut di Auditorium Nyai Walidah, Jumat (30/8/2024). (Dian Arif Fajar/smamda.sch.id )

Smamda Sidoarjo Bidik Kualitas Prima dengan Pelatihan ISO 21001:2018

Alfi Faridian | 03 September 2024

Detail Berita:


SMAMDA.SCH.ID – SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo menggelar pelatihan ISO 21001:2018 di Auditorium Nyai Walida, Jumat (30/8/2024). Tujuannya untuk mewujudkan visi sekolah, berkelanjutan menjadi sekolah unggul dan berkarakter berdasarkan nilai-nilai Islami.

Menurut Hana Catur Wahyuni, narasumber kegiatan  memaparkan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di semua lini sekolah. Pelatihan ini secara khusus menyasar peningkatan kepuasan siswa, peningkatan kinerja guru, serta optimalisasi seluruh layanan yang ada di sekolah. “Pelatihan ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif aman dan nyaman, dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Serta memenuhi kebutuhan dan harapan seluruh stakeholder di Smamda Sidoarjo,” ungkapnya.

Perempuan yang menjabat Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menambahkan bahwa, pelatihan ini menekankan pentingnya penerapan sistem manajemen mutu pendidikan berbasis ISO 21001:2018. “Standar ini tidak hanya sekedar sertifikasi. Namun lebih pada upaya untuk terus lebih memperbaiki, meningkatkan kinerja dan kualitas layanan pendidikan secara optimal berkelanjutan.” Paparnya lagi.

Sebagai tindak lanjut dari pelatihan ini, Smamda Sidoarjo menyusun empat rencana aksi yang komprehensif. Rencana tersebut meliputi, pertama formulasi kebijakan. Menyusun kebijakan-kebijakan yang mendukung penerapan ISO 21001:2018 di seluruh aspek kegiatan sekolah. Kedua, pengembangan prosedur. Mengembangkan prosedur-prosedur operasional standar (SOP) yang jelas dan terukur untuk setiap aktivitas. Ketiga, evaluasi berkala. Melakukan evaluasi secara berkala terhadap pelaksanaan ISO 21001:2018 dan melakukan perbaikan secara terus-menerus. Keempat, sosialisasi. “Smamda harus melakukan sosialisasi kepada seluruh warga sekolah, siswa, orang tua, dan komite sekolah tentang pentingnya penerapan ISO 21001:2018,” pungkas Hana.

Kepala Smamda Sidoarjo, M. Zainul Arifin, sangat optimis kegiatan tersebut akan berdampak positif pada Smamda. Jika peraturan ditegakkan sepenuhnya, bisa dipastikan Smamda dapat mewujudkan sekolah yang lebih berkuantitas dan berkualitas. “Selain itu, dengan komitmen yang kuat dan langkah-langkah yang terencana, Smamda Sidoarjo akan mencapai target untuk menjadi sekolah yang unggul dan bermutu di tingkat internasional,” ujar Zainul.
Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta  dari unsur guru dan karyawan yang tergabung dalam manajemen ISO Smamda. Semua peserta semangat untuk menambah ilmu dan wawasan baru dalam pelatihan ini. 


Editor : Khusnul Isa

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo