Putra Satrio Dwi Athalia Siswa Smamda Sidoarjo ketika foto dengan 4 medali yang dimenangkan di Kejurnas Anggar 2024. Putra Satrio Dwi Athalia Siswa Smamda Sidoarjo ketika foto dengan 4 medali yang dimenangkan di Kejurnas Anggar 2024.

Siswa Smamda Sidoarjo Sabet 4 Medali Sekaligus Kejurnas Anggar

Khusnul Isa | 04 September 2024

Detail Berita:


SMAMDA.SCH.ID – Putra Satrio Dwi Athalia, siswa kelas X-9 SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo berhasil mendapatkan 4 medali sekaligus. Keberhasilan ini diperoleh pada ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Cabang Olahraga Anggar Sulawesi Utara yang digelar di  Hall B Gedung Wolter Mongsidi, Kota Manado tanggal 26–31/08/ 2024.

Rio panggilan akrabnya sudah menyukai dunia olahraga anggar sejak duduk dibangku kelas 3 SD. Rio memaparkan  apa yang selama ini dia tekuni telah membuahkan hasil, dengan mendapatkan 4 medali sekaligus di kejurnas anggar ini. “Saya bersyukur sekali mampu mendapatkan 4 medali tersebut. Padahal jumlah peserta sebanyak 148 atlet dari 13 provinsi di Indonesia dari berbagai jenis kejuaraan Anggar,” papar Rio. 
Medali yang didapat pada kejuaraan ini yaitu, juara 1 team beregu senjata epee, juara 2 team beregu senjata foil, juara 2 individu kategori junior senjata epee, dan  juara 3 individu kategori kadet senjata epee. “Melalui medali tersebut insaallah saya bisa mengikuti  pelatihan nasional (Pelatnas) di Jakarta,”  ungkap Rio.

Persiapan yang dilakukan Rio untuk mendapatkan 4 medali di kejuaraan tersebut terbilang singkat. Yakni selama 2 bulan sebelum lomba digelar. Latihan tersebut dilakukannya pada malam hari dan hari libur setelah kesibukan sekolahnya yang mengharuskan dia pulang sore hari. Ketika malam hari dilakukan di daerah Krian dari pukul 19.00-23.00. Sedangkan latihan untuk hari Sabtu dan Ahad dilakukan di GOR Kodam pagi hingga sore hari dari pukul 10.00-16.00.  “Sungguh pelatihan yang keras dan menyita waktu, tapi saya harus tetap semangat,” urai Rio.

Sungguh prestasi luar biasa yang didapatkan oleh Rio. Hal tersebut tidak lepas dari latihan-latihan yang dilakukan sebelum lomba di gelar. Lomba kejurnas tersebut merupakan bagian dari rencana agar dapat mengikuti kejuaraan selanjutnya. “Yaitu lomba kejuaraan Asia Cup International di Bali dan persiapan SEA Games tahun 2025,” terang Rio.

Anak ke-2 dari 2 bersaudara ini sangat bersyukur, senang, dan bahagia karena dapat membuat bangga orang tua, keluarga besar, dan sekolahnya. “Semoga bisa mewujudkan harapan untuk mengikuti kejuaraan internasional,” pungkas Rio.


Editor    : Moh. Ernam

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo