Agha Zaki, Muhammad Zhafir, dan Zhafar Fathon siap menjadi petugas sholat Jumat di auditorium AR Fachrudin Smamda Sidoarjo, Jumat (6/9/2024). (Muhammad Rijal/smamda.sch.id) Agha Zaki, Muhammad Zhafir, dan Zhafar Fathon siap menjadi petugas sholat Jumat di auditorium AR Fachrudin Smamda Sidoarjo, Jumat (6/9/2024). (Muhammad Rijal/smamda.sch.id)

Siswa Smamda Boarding School Jadi Petugas Shalat Jumat: Wujudkan Pembelajaran Nyata

Muhammad Rijal | 11 September 2024

Detail Berita:

SMAMDA.SCH.ID – Pelaksanaan shalat Jumat menjadi momen istimewa bagi siswa SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo program Boarding School. Tiga siswa terpilih sebagai petugas pada sholat Jumat, Jumat (6/9/2024). Mereka adalah Agha Zaki sebagai khatib, Muhammad Zhafir sebagai Imam, dan Zhafar Fathon sebagai Muadzin. Ketiga siswa tersebut diberi kepercayaan untuk menjadi petugas shalat Jumat di Auditorium AR Fachrudin Smamda Sidoarjo.

Menurut Wakil Kepala Sekolah bidang Ismuba, Misbach, program ini merupakan bagian dari pembelajaran berbasis praktik yang diterapkan di Smamda Boarding School. Tujuannya untuk membekali siswa agar siap berkontribusi di masyarakat. "Siswa boarding dituntut untuk bisa khutbah di depan jamaah umum. Ini sebagai bagian dari persiapan mereka sebelum terjun langsung ke masyarakat," ujar Misbach.

Pada kesempatan ini, Agha menyampaikan khutbah bertema, “pentingnya menjaga shalat lima waktu”. Agha menggunakan analogi bahwa Islam ibarat tumpukan batu yang disusun ke atas. “Tumpukan pertama adalah syahadat, dilanjutkan dengan shalat, puasa, zakat, dan haji,” ujar Agha.

Agha menekankan pentingnya menjaga pondasi utama dalam Islam, yakni syahadat dan shalat. “Jika tumpukan di atas diambil, tumpukan tidak akan roboh. Namun, jika pondasi dan tumpukan kedua (shalat) hilang, maka seluruhnya akan jatuh,” kata Agha.

Agha juga menutup khutbahnya dengan mengingatkan tentang fungsi shalat sebagai tameng dari perbuatan buruk. Sholat mencegah manusia dari perbuatan keji dan mungkar. “Seperti firman Allah, sesungguhnya sholat itu mampu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar,” tambah Agha.

Pelaksanaan sholat Jumat berjalan lancar. Namun, persiapan untuk menjadi petugas shalat Jumat ini tidak instan. Ketiga siswa menjalani pembelajaran khitobah atau pidato di asrama. Serta melalui gladi bersih pada Selasa. Gladi bersih ini disaksikan langsung oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Ismuba, Misbach dan guru Ismuba Fuad Syukri Zein. Hal ini untuk memastikan para siswa siap menjalankan peran mereka dengan baik.

Melalui program ini, Smamda Boarding School terus berupaya membentuk siswa yang berilmu, siap memimpin, dan menjadi teladan di lingkungan masyarakat. 

Penulis    : Muhammad Rijal
Editor    : Moh. Ernam

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo