Dosen Umsida, Ika Ratna I.A., menjelaskan pemrograman website HTML kepada siswa Coding Class Program (CCP) Smamda di laboratorium informatika Umsida, Rabu (11/09/2024). (Elok Kartika Sari/smamda.sch.id) Dosen Umsida, Ika Ratna I.A., menjelaskan pemrograman website HTML kepada siswa Coding Class Program (CCP) Smamda di laboratorium informatika Umsida, Rabu (11/09/2024). (Elok Kartika Sari/smamda.sch.id)

Siswa Coding Class Smamda Sidoarjo Belajar di Laboratorium Informatika Umsida

Elok Kartika Sari | 12 September 2024

Detail Berita:

SMAMDA.SCH.ID - Coding Class Program (CCP) SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo melaksanakan pembelajaran di laboratorium prodi informatika Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Rabu, 11/09/2024. Kegiatan belajar mengajar ini dipimpin langsung oleh dosen informatika Umsida, Ika Ratna I.A. Juga didampingi guru informatika Smamda, Elok Kartika Sari.

Pada pembelajaran kali ini, Ika, sapaan akrabnya, menjelaskan dan mempraktIkkan tentang pemrograman website menggunakan Hipertext Markup Language (HTML) dengan sub topik hiperlink. “HTML adalah bahasa pemrograman untuk membuat struktur halaman suatu website yang menarik, saling terhubung satu dengan yang lainnya, dan pasti dapat diakses melalui internet,” terang Ika.

Sedangkan hiperlink merupakan suatu metode yang digunakan dalam HTML untuk membuat hubungan antar halaman yang terdapat dalam satu situs web. Sehingga memudahkan pengunjung web dalam menelusuri informasi yang tersimpan dalam situs web bersangkutan. “Ini konten materi untuk jenjang kelas X, pemrograman website yang dimulai dari HTML, CSS, Javascript, dan lain-lain,” lanjut Ika.

 

Melalui pembelajaran pemrograman website ini, siswa dapat belajar informatika lebih luas. Selain itu bisa mendapatkan ilmu baru untuk digunakan dalam studi lanjut maupun karir mereka ke depan. "Semoga anak-anak termotivasi untuk belajar informatika di jenjang studi berikutnya dan menjadi generasi pencipta teknologi dan informatika di masa depan," tambah Ika.

Sebagai penutup, Ika berpesan ke siswa untuk mengikuti perjalanan yang menantang tetapi juga sangat menyenangkan. Melalui koding, siswa tidak hanya akan belajar membuat situs web yang menarik, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir logis dan kreativitasnya. “Semangat terus, tetap fokus, nikmati setiap proses belajar dan jangan takut untuk mencoba hal-hal baru," pungkas Ika.

 

Siswa kelas koding sangat senang dengan pembelajaran ini. Salah satunya, M. Sohibun Naja mengaku sangat senang. "Kami merasa sangat senang dengan suasana baru. Juga pembelajaran yang sangat menyenangkan karena gurunya mendampingi teman-teman dengan ramah," ujar Sohibun.

 

Naja mewakili teman-teman lainnya juga ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada Smamda. Pihak sekolah telah memberikan kesempatan untuk merasakan suasana baru dan menikmati fasilitas komputer maupun jaringan internet di Umsida. “Fasilitas di Smamda sangat bagus. Apalagi ada pembelajaran di luar sekolah, seperti hari ini di Umsida,” tutup Sohibun.

 

Penulis: Elok Kartika Sari

Editor : Moh. Ernam

Berita Lain Semua Berita

Literasi GTK Semua Literasi

Copyright © 2023 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo